CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Harus Tau! Pengendara Motor dan Mobil Kudu Prioritasin Keselamatan Pesepeda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb2f46a2d1957633571d42/harus-tau-pengendara-motor-dan-mobil-kudu-prioritasin-keselamatan-pesepeda

Harus Tau! Pengendara Motor dan Mobil Kudu Prioritasin Keselamatan Pesepeda


Belakangan ini sepedaan menjadi aktivitas olahraga yang lagi digandrungi banyak orang. Mulai dari anak – anak hingga dewasa sekarang lagi doyan – doyannya sepedaan. Hampir tiap pagi dan sore ada aja yang sepedaan bareng teman dan saudara. Karena makin banyaknya yang make sepeda, pemerintah DKI Jakarta pun memberikan fasilitas berupa jalan khusus untuk pesepeda. 

Harus Tau! Pengendara Motor dan Mobil Kudu Prioritasin Keselamatan Pesepeda

Nah, karena makin ramenya yang sepedaan di jalanan, para pengguna kendaraan bermotor juga wajib kalau pengguna sepeda ternyata dilindungi undang – undang. Pengendara motor dan mobil harus memprioritaskan atau mengutamakan keselamatan pesepeda. Hal ini sama dengan keselamatan pejalan kaki yang juga harus diutamakan pengendara kendaraan bermotor. Semua ini tertuang dalam Undang – undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pada Pasal 106 ayat 2 Undang – undang No. 22 Tahun 2009, pengguna kendaraan bermotor wajib mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda. Adanya ketentuan ini bukan tanpa alasan GanSis, menurut pakar, pesepeda dan pejalan kaki diutamakan keselamatannya karena mereka itu rentan. Dari kategori level resiko, resiko pesepeda dan pejalan kaki itu resikonya nomor satu atau paling besar GanSis. Oleh karena itu pengendara motor dan mobil harus memberikan prioritas keselamatan untuk mereka.

Akan, tetapi meskipun udah dilindungi undang – undang, pengedara sepeda juga harus sadar diri nih. Jangan sampe kalian sepedaan bergerombol di jalanan ampe menutup badan jalan. Tindakan seperti ini juga salah GanSis, karena kalian menghalangi pengguna jalan lainnya. Selain menghalangin pengguna jalan yang lain, tindakan seperti ini juga bisa membahayakan keselamatan pesepeda itu sendiri. Kalau ada jalan khusus pesepeda, lebih baik melajunya di jalan khusus itu aja.


profile-picture
turkusuma memberi reputasi
bener emang harus mengutamakan pesepeda dan pajalan kaki. tapi maaf maaf aja ni yaaa mungkin gara2 ada aturan ini pesepeda jadi terlampau arogan, bersepeda ditengah jalan dan begerombol sampe bikin kendaraan yg dibelakangnya terhambat jadi ya kalo mau bersepeda sesuai jalur yaitu di kiri jalan.

berattitude juga dalam bersepeda yaaa gan sist
Diubah oleh aquarian95
Lihat 3 balasan
harga sepeda nya lebih mahal dari pada harga motor, jadi mungkin itu faktor yang membuat mereka berpikir pake nya boleh sama dengan jalur motor (tengah jalan) emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
boleh asal di jalurnya, kalau masuk jalur mobil apalagi jalur cepat ya maaf banget, kebebasan tidak serta merta mengganggu kebebasan orang lain.
Hati hati ya pas belok
Kasih aba aba belok,
pake tangan
klo kluar malam jangan lupa pake mata kucing emoticon-Big Grin
Lihat 4 balasan
bner bnget dan wajib, speda motor dan mobil hrus ngalah dr sepeda
ane udah tau dari judulnya.

Tapi mereka yang kurang pendidikan kadang cari penyakit sendiri. dan kita para pemotor dan supir yang menerima pahitnya.
ane sendiri sebagai pesepeda dan pemotor. ane tau rasanya.

bagi pesepeda, kalo kesenggol sedikit aja udah oleng, malah bisa lebih parah saat kecelakaannya, karena ga ada keamanan dan perlindungan. beda dengan mobil, kalo ditabrak sepeda, mobilnya doang penyok. lah, pesepeda ditabrak orangnya yang penyok, sepedanya masih utuh. hargailah diri kalian, jangan sepedanya doang dimahalin.

intinya sesama pengguna jalan, saling menghargai dan menghormati.
profile-picture
oji24 memberi reputasi
Diubah oleh AirFie
bener banget gan!! suka rese kalau nyeberang tuh, di persimpangan langsung bablas aja ngga liat2 kanan-kiri dulu
Apakah berlaku untuk anak pejabat, pengguna mobil sport mahal??? emoticon-Wakaka
pernah dgr kalau motor / sepeda d tabraK mobiL / truK.. itu mobiL / truK iso d keroyoK masa
itukan peraturan berlaku untuk manusia, bukan untuk "binatang"


emoticon-Leh Uga
oke. sekarang gini, kalo ternyata pesepedanya yang jadi bajingan jalanan gimana?

pengen tak hantem wae rasane cok.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di