CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
7 Strategi Pemasaran Bisnis Retail yang Penting untuk Anda Ketahui!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb29a2b840885c230617f3/7-strategi-pemasaran-bisnis-retail-yang-penting-untuk-anda-ketahui

7 Strategi Pemasaran Bisnis Retail yang Penting untuk Anda Ketahui!

7 Strategi Pemasaran Bisnis Retail yang Penting untuk Anda Ketahui!

Ada dua jenis orang yang dapat kita bedakan: mereka yang suka belanja, dan mereka yang tidak. Bagaimana dengan Anda? Namun apapun itu, akan ada suatu masa dimana semua orang akan melakukan pembelian barang yang mereka butuhkan.

Di saat sekarang, kehidupan kita seolah-olah dikelilingi oleh iklan. Nonton TV, lihat iklan. Buka media sosial, ada iklan di sana. Bahkan ketika kita berkendara di jalan raya, banyak iklan yang terpampang pada billboard di mana-mana.

Hal ini merupakan bukti betapa marketing retail sangat kompleks dan hal yang menantang untuk dilakukan. Banyak bisnis yang berebut pelanggan agar membeli di toko mereka, baik toko offline maupun online.

Oleh karena itu, berikut kami rangkumkan 7 strategi pemasaran, baik untuk toko offline maupun online Anda, dan mari mulai dengan strategi pertama yaitu...

1. Promosi via Google
Bisa ada hingga 3,5 milyar pencarian di Google setiap harinya, dan bukan hal yang aneh bila orang memanfaatkan Google untuk berbelanja. Biasanya mereka akan mencari review atas sebuah produk, ataupun mencari lokasi toko yang mereka cari.

Strategi pertama dari 7 strategi pemasaran bisnis retail adalah fokus pada promosi via Google. Ada dua jenis secara umum, yaitu promosi pada hasil pencarian (search ads) dan juga promosi pada iklan belanja (shopping ads). Dengan mengiklankan produk Anda melalui iklan belanja Google, akan membawa manfaat yang lainnya.

Ini akan mengorganisir produk Anda berdasarkan item terlaris. Selain itu, pastikan Anda memajang gambar yang beresolusi tinggi, agar gampang ditelusuri oleh algoritma Google. Jangan lupa untuk memuat promosi di toko offline dan sertakan pula ulasan produk Anda.

2. Beri Alasan untuk Konsumen Mengunjungi Toko Anda
Di masa marketing digital seperti sekarang, dimana pembeli lebih suka berbelanja secara online dibanding datang ke toko Anda, merupakan tantangan tersendiri untuk mendatangkan calon konsumen ke gerai Anda.

Tapi ada cara yang bisa Anda coba. Misal Anda mempunyai toko yang berjualan alat masak, Anda dapat membuat penawaran seperti ini: “Dapatkan paket alat masak merk “XYZ”, dan Anda bisa mengikuti kelas masak gratis bersama selebriti Chef Junta.” Ini akan lebih menarik konsumen untuk datang langsung ke toko Anda.

3. Toko Cabang yang Tersebar
Dengan tingkat kemacetan yang terjadi, orang kadang malas untuk berkendara ke toko Anda. Hal ini dapat diatasi dengan mempunyai banyak toko cabang yang tersebar, paling tidak di daerah utara, timur, barat dan selatan kota dimana Anda berdomisili.

Untuk kota-kota yang lain, Anda dapat mencari reseller, atau mencari yang ingin membeli franchise bisnis Anda.

4. Marketing Gerilya
Ini mungkin istilah yang baru bagi Anda. Marketing Gerilya bisa diartikan melakukan marketing dengan memanfaatkan tempat publik untuk mengenalkan produk Anda. Misal dengan mengecat halte bus dengan logo usaha Anda, atau membuat mural tentang bisnis Anda di taman kota.

Namun jangan lupa untuk meminta ijin ke otoritas setempat. Hitung dulu biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan strategi ke-4 dari 7 strategi pemasaran ini.

5. Podcast
Membuat sebuah podcast merupakan strategi berikut dari 7 strategi pemasaran bisnis retail yang dapat Anda coba. Podcast sendiri sekarang merupakan produk digital yang sudah banyak dipakai dan dinikmati orang, bahkan pendengarnya terus mengalami peningkatan.

Anda dapat membuat podcast mengenai hal yang berhubungan dengan bisnis Anda, misal manajemen SDM, atau membuat interview dengan salah satu vendor Anda dan membahas mengenai produknya.

6. Video Kreatif
Dengan banyaknya platform media sosial tempat Anda dapat memasang video untuk dinikmati secara gratis seperti Youtube dan Tiktok, membuat video kreatif dapat membantu Anda mempromosikan produk Anda dan mendapatkan penjualan.

Bisa saja video itu mengenai deskripsi produk yang Anda jual, atau testimoni dan review yang dilakukan pelanggan Anda. Selain menarik calon konsumen, salah satu dari 7 strategi pemasaran bisnis retail ini akan lebih meyakinkan mereka untuk membeli produk Anda.

7. Rencanakan Musim High Season Bisnis Anda
Biasanya sebuah usaha paling tidak memiliki satu periode, bahkan bisa lebih dalam setahun, dimana penjualan mereka akan mengalami peningkatan. Seperti produk ATK, sepatu dan tas sekolah, yang akan banyak dicari konsumen menjelang musim sekolah akan dimulai.

Persiapkan rencana yang baik untuk menyambut saat-saat seperti ini. Promo apa saja yang akan Anda buat, seberapa banyak stok barang yang perlu Anda persiapkan dan lain sebagainya. Semakin awal Anda merencanakan hal ini, akan semakin baik hasil yang bisa dicapai.


Sponsor artikel: https://www.KonsultanMarketingSurabaya.com/
Diubah oleh AdiProfitMaker


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di