CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Konsep 7P dalam Strategi Pemasaran yang Perlu Anda Kuasai!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb2772a2d1953d8b2b5660/konsep-7p-dalam-strategi-pemasaran-yang-perlu-anda-kuasai

Konsep 7P dalam Strategi Pemasaran yang Perlu Anda Kuasai!

Konsep 7P dalam Strategi Pemasaran yang Perlu Anda Kuasai!

Dalam marketing, ada dikenal sebuah konsep yang dinamakan 7P strategi pemasaran yang perlu dipelajari agar Anda dapat mengoptimalkan pemasaran produk Anda, baik itu berupa barang ataupun jasa.

7P dalam strategi pemasaran itu terdiri dari product, price, promotions, people, place, process dan physical evidence. Sebelumnya Anda mungkin lebih familiar dengan konsep 4p, yang terkesan lebih berfokus pada produk belaka.

Nah untuk mengetahui apa saja 7P strategi pemasaran yang dimaksud, simak baik-baik penjelasan dalam artikel berikut.

1. Product/ Produk yang Dipasarkan
Sebuah bisnis pada umumnya akan menawarkan sebuah barang, baik produksi sendiri maupun barang pihak ketiga, atau sebuah pelayanan berbentuk jasa. Fokus dari P pertama yang ada dalam 7P dalam strategi pemasaran, adalah bagaimana produk yang ditawarkan harus menarik minat bagi calon konsumen.

Sebuah produk yang merupakan terobosan atau yang menawarkan solusi bagi permasalahan yang dialami calon pembeli, bisa laris manis di pasaran. Misal produk penumbuh rambut, atau jasa perawatan untuk mengatasi kebotakan.

Selain itu ada beberapa hal yang dapat dimasukkan sebagai pendukung produk yang Anda pasarkan, antara lain: kualitas produk, foto produk, fitur-fitur pelengkap, ketersediaan, layanan purna jual.

2. Price/ Harga Jual
Tentunya faktor harga juga menjadi unsur penting dalam 7P strategi pemasaran. Harga jual yang bersaing kadang bisa menjadi senjata utama dalam menggaet pembeli. Harga diskon dan harga pembelian dalam paket pun perlu diperhitungkan secara cermat agar produk Anda bisa laku keras sesuai harapan.

Anda juga dapat mempertimbangkan faktor seperti segmentasi konsumen Anda, dan mempersiapkan berbagai sarana pembayaran yang fleksibel.

3. Promosi
Berpromosi tanpa rencana yang jelas hanya akan membuang-buang waktu, tenaga dan biaya secara percuma. Beberapa poin yang perlu diperhatikan, diantaranya apakah Anda sedang berpromosi untuk mengenalkan produk belaka, atau menjual produk, atau malah dua-duanya?

Perbanyak pula saluran promosi yang digunakkan, seperti banner, stiker dibanding hanya mencetak selebaran saja. Hitung baik-baik berapa anggaran yang tersedia untuk melakukan promosi.

4. People
P yang berikut dari 7P dalam strategi pemasaran, adalah mengenai people/ orang-orang yang bekerja sama dengan Anda di dalam berbisnis. Bahkan tak jarang, people alias SDM Anda bisa menjadi penguat brand Anda, dan sarana promosi terutama bagi mereka yang bergerak dalam bidang usaha jasa.

Anda dapat pula meningkatkan skill SDM Anda dengan cara mengikutkan mereka pada sebuah seminar pengembangan diri atau pelatihan yang lain secara rutin, untuk meningkatkan kemampuan mereka, baik dalam menjual maupun melayani pelanggan.

5. Place/ Lokasi Usaha
Seiring perkembangan teknologi, sebuah usaha tak melulu perlu sebuah landed-store dalam memulai bisnis. Sudah banyak marketplace yang tersedia sekarang ini, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.

Walaupun tak berarti bahwa Anda tak perlu lokasi usaha yang strategis. Hal ini selain untuk membantu pemasaran, juga kadang membuat calon pembeli semakin merasa yakin akan usaha Anda.

6. Proses Bisnis
Hal berikut dari 7P strategi pemasaran, adalah mengenai proses bisnis. Proses ini melputi mulai dari proses pembelian dan produksi, pengemasan, pengiriman hingga proses penagihan. Jika ada satu titik dari proses bisnis yang kurang berfungsi dengan baik, tentunya ini juga akan mempengaruhi bisnis secara keseluruhan.

7. Physical Evidence/ Bukti Fisik
P terakhir dari 7P dalam strategi pemasaran, adalah dengan keberadaan bukti fisik. Hal yang termasuk didalamnya misalnya produk yang diperjual-belikan, bangunan tempat berjualan atau kantor. Selain itu, sebuah website yang menarik di mata calon pembeli juga menjadi salah satu bukti fisik.

Kesaksian dari konsumen yang puas, atau review jujur atas kualitas produk Anda, bila didokumentasikan dapat juga masuk dalam faktor physical evendence ini.

Untuk tahu lebih banyak penjelasan mengenai marketing dan pemasaran, Anda dapat segera menghubungi kami untuk mendapatkan sesi konsultasi secara gratis!


Sponsor artikel: https://www.KonsultanMarketingSurabaya.com/
Diubah oleh AdiProfitMaker


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di