CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mau Klaim JHT? Dijamin Aman Deh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb260588b3cb3d79611a71/mau-klaim-jht-dijamin-aman-deh

Mau Klaim JHT? Dijamin Aman Deh

Mau Klaim JHT? Dijamin Aman Deh
[table][tr][td]
Heran deh..

Tiba-tiba, ada yang 'iseng' meragukan kesiapan pendanaan BPJAMSOSTEK untuk membayar klaim Jaminan Hari Tua (JHT).

 

Gara-gara kondisi pagebluk wabah virus Covid-19, banyak pekerja terpaksa harus mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

 

Pagebluk berdampak pada krisis kesehatan masyarakat dan ekonomi Indonesia.

 

Lalu, itu tadi, bagaimana kemampuan pendanaan BPJAMSOSTEK membayar klaim JHT pekerja terdampak PHK? Alibinya --yang meragukan itu-- data pekerja terdampak PHK saling berbeda antar lembaga --Kemenkeu, Kemnaker, Kadin, bahkan juga BPJAMSOSTEK.

 

Data mana yang bakal digunakan BPJAMSOSTEK sebagai acuan keuangannya membayar klaim JHT? Sehingga jangan sampai kerancuan data mengganggu keuangan BPJAMSOSTEK.

 

Begitu kata sosok yang meragukan kemampuan keuangan BPJAMSOSTEK tersebut.

 

Tentu saja: berdasarkan data dari peserta (pekerja) BPJAMSOSTEK dong!

 

BPJAMSOSTEK sebagai Badan Hukum Publik pasti memiliki data akurat berapa banyak peserta program JHT. Lalu, berapa besar yang terdampak PHK dan mengajukan klaim JHT.

 

Semua pasti terdeteksi.

 

Misalnya saja --sebagai contoh-- ada 1000 peserta program JHT. Kemudian dari 1000 peserta itu, ada 300 peserta yang terdampak PHK dan mengajukam klaim JHT. Nah, data itulah yang digunakan.

 

Sangat pasti tidak bisa ada 100.000 pekerja se-Indonesia di PHK, tapi tak ada 1 orang pun yang tercatat sebagai peserta program JHT, bakal dibolehkan mengajukan klaim JHT.

 

Kalau semua pekerja yang di PHK dibayarkan JHT, padahal bukan peserta BPJAMSOSTEK, itu barulah merusak skema keuangan atau pendanaannya.

 

Jadi: jangan dibolak-balik logika meragukannya.

 

Yang dibayarkan klaim JHT adalah peserta BPJAMSOSTEK. Meski: jumlah pekerja terdampak PHK --mungkin saja-- lebih besar dari jumlah peserta BPJAMSOSTEK yang mengajukan klaim JHT.

 

Data mana yang valid mengenai jumlah pekerja terdampak PHK, itu beda konteks lagi. Jangan dikaitkan dengan kesiapan maupun kemampuan pendanaan BPJAMSOSTEK membayar klaim JHT.

 

Toh, faktanya juga mengemuka bahwa dana kelolaan BPJAMSOSTEK ditempatkan ke investasi sesuai Peraturan OJK berlaku. Jadi aman dana peserta, terjamin pengembalian manfaatnya ke mereka juga.

 

Dari situ saja sebetulnya tidak perlu khawatir dengan kemampuan pendanaan BPJAMSOSTEK. Karena berada di tempat yang tepat. Artinya: terjamin menguntungkan.

 

Apalagi status saham BPJAMSOSTEK di bursa pasar modal adalah LQ45. Status saham yang memang dianjurkan oleh pakar investasi sebab jelas keuntungannya dan bukan 'gorengan'.

 

Sayangnya, masih ada saja orang-orang ragu. Karena minim informasi.

[/td]
[/tr]
[/table]

profile-picture
nomorelies memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di