CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
6 Strategi Marketing yang Efektif Meningkatkan Penjualan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb205d8d9b1745f1195600/6-strategi-marketing-yang-efektif-meningkatkan-penjualan

6 Strategi Marketing yang Efektif Meningkatkan Penjualan

6 Strategi Marketing yang Efektif Meningkatkan Penjualan

Seringkali, para pelaku usaha menganggap bahwa yang terpenting adalah menjual, entah itu barang atau jasa yang mereka tawarkan ke pasar, padahal butuh adanya 6 strategi pemasaran produk yang tepat untuk meningkatkan pendapatan dan melipatgandakan keuntungan.

Para pebisnis juga sering salah fokus dan menganggap modal ataupun kualitas barang dan jasa yang dimiliki adalah faktor utama. Namun terungkap bahwa sebesar apapun modal, setinggi apapun kualitas produk Anda, tak akan cukup untuk memaksimalkan penjualan tanpa adanya 6 strategi pemasaran produk yang efektif.

6 strategi marketing bisa dikatakan merupakan kunci keberhasilan penjualan suatu produk, apalagi bila didukung oleh modal dan kualitas produk yang baik. Dalam memasarkan sebuah barang atau jasa, teknik dan strategi marketing akan sangat berpengaruh pada jumlah penjualan.

Di tahap pemasaran, seorang pebisnis punya kesempatan mendapat konsumen baru dan membuat mereka menjadi pelanggan setia.

Meski begitu, masih banyak pemilik usaha yang belum mempraktekkan 6 strategi pemasaran produk secara tepat. Akibatnya malah membuang uang percuma tanpa membawa hasil yang diharapkan. Lakukan 6 strategi marketing berikut untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

1. Media Sosial
Menurut data Kominfo, pengguna aktif internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 100 juta orang dan 95% di antaranya menggunakan internet untuk terhubung dengan media sosial. Dari sini saja dapat dibayangkan betapa besar kesempatan yang ada bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan pembeli produk mereka.

Facebook, Twitter, Instagram, Youtube adalah contoh dari platfrom media sosial yang bisa dimaksimalkan untuk mendukung marketing Anda. Jika Anda memiliki anggaran tersendiri, tak ada salahnya untuk memperkerjakan orang yang ahli agar hasilnya bisa lebih optimal. Bila tidak, Anda masih bisa me-managenya sendiri.

Bikin konten yang berhubungan dengan bisnis Anda, dan manfaatkan fitu pesan pribadi dan kolom komentar untuk berinteraksi dengan konsumen. Gunakan pula fitur iklan di media sosial itu, agar Anda bisa menargetkan calon pembeli secara spesifik berdasar lokasi, usia, jenis kelamin, dan sebagainya.

2. Optimasi Website
Langkah kedua dari 6 strategi marketing erat berhubungan dengan dunia online/digital. Selain memaksimalkan media sosial seperti strategi di atas, menyediakan sebuah website atau blog khusus untuk bisnis Anda dapat pula dilakukan.

Hal ini bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan modal, mengingat saat ini banyak platform yang menawarkan layanan pembuatan website gratis. Isi website Anda dengan artikel yang berhubungan dengan bisnis. Misal Anda menjalankan bisnis berjualan alat kecantikan/kosmetik, muat artikel seperti tip untuk membersihkan sisa make up dan sebagainya.

Jangan lupa untuk menggunakan teknik SEO untuk meningkatkan pengunjung dari website/blog Anda, yang merupakan keahlian dari tim kami. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran yang menarik!

3. Influencer
Bekerjasama dengan influencer dapat membuat bisnis Anda dikenal banyak orang dengan cepat. Anda tinggal menyeleksi influencer seperti apa yang Anda anggap cocok dengan profil usaha Anda. Apakah aktor film, penyanyi, blogger, Youtuber ataupun selebgram.

Mereka memiliki pengaruh  dalam menentukan keputusan banyak orang untuk membeli suatu produk barang/jasa tertentu. Seusaikan juga sosok influencer yang Anda pilih. Misal Anda ingin memperkenalkan produk kuliner, tentunya memilih food blogger atau celebrity chef adalah keputusan yang tepat.

4. Mengadakan Kontes yang Menarik
Anda mungkin menemui kenyataan bahwa di awal, pengikut media sosial Anda masih sedikit. Untuk menjaring lebih banyak audience, Anda dapat mengadakan kontes. Beri persyaratan kepada peserta kontes untuk menyebarkan media sosial Anda kepada lingkaran pergaulan mereka di media sosial.

Hadiah yang menarik tentu menjadi keuntungan. Tetap sesuaikan dengan bujet usaha Anda. Bisa juga dengan memberikan produk Anda secara cuma-cuma bila masih belum punya bujet tersendiri.

5. Sponsor Acara
Strategi yang berikutnya dari 6 strategi pemasaran produk tergolong taktik pemasaran secara offline. Caranya yaitu menjadi sponsor dari sebuah acara yang berhubungan dengan bisnis Anda. Misal menjadi sponsor acara demo masak jika Anda seorang penjual alat-alat masak.

Keuntungannya, logo/merk Anda akan dikenal. Anda dapat pula membagikan sampel produk kita pada acara itu dan meminta testimoni atau review dari yang hadir. Dokumentasikan hal ini untuk menjadi portfolio promosi Anda.

6. Bergabung dengan Situs Pemberi Diskon
Situs penawaran diskon biasanya sudah memiliki cukup banyak anggota. Jika kita memberi diskon tinggi untuk produk atau jasa yang ditawarkan, maka semakin populer juga penawaran kita di situs tersebut. Dengan demikian, semakin besar kesempatan untuk produk kita dicoba dan digunakan oleh banyak orang.

Sebagai bonus, calon pelanggan potensial yang tertarik dengan penawaran kita akan menjelajah situs kita untuk mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan.


Sponsor artikel: https://www.KonsultanMarketingSurabaya.com/
Diubah oleh AdiProfitMaker


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di