CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Makam di Madiun Dicat Warna-warni, PWNU Jatim Ingatkan Mati Bukan Selfie
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb2003f0bdb22f8325b152/makam-di-madiun-dicat-warna-warni-pwnu-jatim-ingatkan-mati-bukan-selfie

Makam di Madiun Dicat Warna-warni, PWNU Jatim Ingatkan Mati Bukan Selfie

Makam di Madiun Dicat Warna-warni, PWNU Jatim Ingatkan Mati Bukan Selfie

Makam di Madiun Dicat Warna-warni, PWNU Jatim Ingatkan Mati Bukan Selfie

Surabaya - Pemakaman di Dukuh Nguwot, Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun dicat warna-warni untuk menghilangkan kesan seram. PWNU Jatim menegaskan, hal itu tidak dibenarkan dalam agama.

"Itu jangan. Bisa menyebabkan tujuan untuk mengingat mati hilang," terang Katib Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Safruddin Syarif kepada detikcom, Selasa (30/6/2020).

"Makam itu adalah tempat kita mengingat kepada kematian. Makanya Kanjeng Nabi menganjurkan ziarah kubur. Jadi ziarah kuburlah kamu untuk mengingat mati. Kan kita akan mati juga," sambungnya.

Meski dilarang, Safruddin tak mempermasalahkan jika makam dibersihkan. Namun ia kembali menegaskan bahwa fungsi awal makam adalah tempat mengingat mati.

"Ya kalau dibersihkan itu bagus. Tetapi kalau kemudian fungsinya berubah menjadi taman dengan dicat dan macam-macam ya ini yang melanggar tujuan utama," tegasnya.

"Jangan lah. Karena itu bisa menyebabkan tujuan untuk mengingat mati hilang. Orang ke sana malah maksiat. Mojok, berpacaran, berciuman, selfie. Nah, itu jangan. Wong ini ke sana tujuannya untuk ingat mati kok malah selfie," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, ada makam warna-warni di Kota Madiun. Kesan seram dari makam itu hilang seketika dan kini malah menjadi tempat berfoto ria.

Makam itu berada di Dukuh Nguwot, Kelurahan Tawangrejo Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Warga menyulap pemakaman itu sehingga lebih sedap dipandang.
sumber

********

Menghilangkan kesan seram katanya. Padahal warna, justru bagi sebagian orang bisa menimbulkan kesan seram, marah, takut, terhina, bahkan jijik.

Ada sebagian orang yang merasa marah jika secarik kain warna-warni berkibar.
Ada sebagian orang yang bangga dengan hanya dua warna dalam secarik kain.
Ada yang marah ketika warna hijau porak poranda pada sebuah balon.
Ada yang takut dengan warna hitam.
Ada yang jijik dengan warna kuning, sebagian lagi justru memuliakan warna kuning.
Bahkan ada Kepala Daerah yang menganggap dengan mewarnai kotanya artinya kota tersebut bisa terlihat maju, melambangkan kemajemukan, meskipun menyalahi aturan lalu-lintas.

Semua bebas mengintepretasikan pikirannya dalam memaknai sebuah warna.

Tapi bagi sebuah makam, bisa jadi membuat marah yang dimakamkan. Iya kalau saat hidup, yang mati dan menempati makam suka dengan sebuah warna yang dicat itu. Lha kalau tidak suka? Seumur-umur menempati makam itu ya jengkel juga. Dia suka warna putih, eh dicat merah. Sementara yang disampingnya justru suka warna merah, eh dicat putih. Masa iya tukeran makam? Ini cuma bercanda ya kaskuser.

Pemakaman umum itu tempat untuk mengingat kematian sebenarnya. Akan tetapi sekarang ini banyak berubah fungsi. Ada yang menggelar dangdutan ditengah makam. Ada yang wikwik diarea makam. Ada yang jemur pakaian di makam. Ada yang mancing. Bahkan ada yang suka mencari nafkah dadakan di pemakaman jika datangnya waktu ziarah kubur saat hari raya ummat Islam.

Ternyata pemakaman umum itu multi fungsi.

Nah, melihat fenomena adanya pemakaman umum yang dicat warna-warni dengan alasan untuk menghilangkan kesan seram, kenapa tidak sekalian dibuat taman bermain, dengan perlengkapan hiburan ala pasar malam, atau bahkan seperti Dufan? Dijamin hilang seramnya.

Atau mungkin orang-orang yang mempunyai ide mengecat makam ini memang ingin membuat pemakaman umum ini terlihat maju dengan slogan : Maju Makamnya, Bahagia Mayatnya.

Atau juga mungkin akan ada Event Perlombaan Makam Tingkat Asia, sehingga semua yang datang akan takjub karena semuanya terlihat indah karena berwarna. Itu bagi yang suka warna-warni. Bagi yang cuma suka warna putih dan hitam bisa saja hanya merutuk dalam hati. Atau yang selalu menyimpulkan apa-apa dengan lambang LGBT, bisa-bisa pemakaman ini diboikot.

Masyarakat Indonesia memang terkadang lucu. Kadang menyebalkan. Kadang menyedihkan. Tapi inilah bangsa kita.

Ngopi ah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh i.am.legend.
Halaman 1 dari 2
"Jangan lah. Karena itu bisa menyebabkan tujuan untuk mengingat mati hilang. Orang ke sana malah maksiat. Mojok, berpacaran, berciuman, selfie. Nah, itu jangan. Wong ini ke sana tujuannya untuk ingat mati kok malah selfie," lanjutnya.

Quote ini saja nak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 2 lainnya memberi reputasi
Makam penganut lgbt, warna warni?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikkeh2kimochi dan 2 lainnya memberi reputasi
maju makamnya, bahagia mayatnyaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 4 lainnya memberi reputasi
Jadi kaya taman kanak-kanak
profile-picture
profile-picture
siapika dan i.am.legend. memberi reputasi
Lihat 1 balasan
"Orang ke sana malah maksiat. Mojok, berpacaran, berciuman, selfie."

ulama kenapa negatif thinking melulu dan pikirannya selalu mesum sih?

entahlah siapa juga yg mood buat mesum di makam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 3 lainnya memberi reputasi
Napa kagak sekalian pasang cosplay di sono ...

Pemeran batnan superman spiderman

Bikin cosplay yg grmbira ... jgn cem pocong tuyul dkk
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
Pribadi kurang setuju juga makam kok dicat-cat emoticon-Big Grin mending bikin patung malaikat kek gargoyle kek.

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
kaum yang hidup cuman buat nunggu modar emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan galuhsuda memberi reputasi
maklum turunan ateis
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
Greget nih komennya "inget mati bukan selfie" emoticon-Ngakak
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
pernah ada yg terpikir enga, knp kok makam itu seperti kata TS menarik org2 untuk datang dangdutan, wikwik, jemur pakaian, mancing.

walau sama2 sepi, apakah yg membedakan makam dengan hutan.

apakah karena faktor itulah justru org2 tertarik secara mistis untuk datang dangdutan di makam ketimbang di hutan. emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 2 lainnya memberi reputasi
saya pernah baca di Eropa dolo kuburan pernah jadi taman bray. tempat piknik keluarga, tempat bermain anak - anak juga dan tak jarang jadi taman untuk berkebun sayur mayur.

Tapi kuburan di Indonesia khususnya Asia kesannya mitis banget ya. Ana pernah jam 3 pagi ke Kuburan malah lihat Bola api berkobar membara di atas pohon emoticon-Takut
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
Lihat 3 balasan
udah dikijing, makamnya dicat pula
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
bertahun tahun di buatkan cungkup santai saja, di buatkan kijing tembok diem, dipasang sanitair gak masalah. tata model makam elit di jakarta yo diem seribu bahasa, giliran di kota kecil kok pada ribut yo
coba lihat di kampung pasti banyak yang gak sragam, ada yg cuma nisan, di kijing, pake cungkup. fatwa kok telat
mestinya makam pahlawan itu di protes makam kok di kasih topi baja, ingat mati apa ingat baris berbaris
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan i.am.legend. memberi reputasi
Diubah oleh lutfa.04
emang kenapa sih ....ga bodoh kali yg ngelola...ada aturan ..gak ngijinin orang mesum disitu.....aneh2 saja nih PWNU...


lagipula itu bisa jadi orang ga takut pada makam....yg identik dengan hantu


padahal bisa nambah penghasilan warga setempat.....masa iya orang harusa jadi guru ngajii semua..... emoticon-Hammer2
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
Diubah oleh TheTenant
Kurang pantes aja sih. Itu kan udh kijing, kalo dicat gitu bukannya malah rusak dah ? Lebih baik lebih sering2 aja dibersihin aja area makamnya, naikin iuran makam buat biayain penjaganya. Potong2in pohon yg udh panjang rantingnya. Rumput2nya dipotong atau kalau dananta banyak sekalian dimodel karpet rumput2 gitu. Jgn dicat2 gitu, selain merusak nisan malah jadinya aneh. Mungkin niatnya baik, tpi budget pas pasan yak.
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
Inget makam harga jutaan sampe ratusan juta emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
pengalaman banget liat yang maksiat di kuburan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan i.am.legend. memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kuburan jadi kayak tempat sirkus
tetep aja walaupun udah dicat berwarna warni bwgini kalau malem ane tetep serem kalau lewar kuburam, kalau siang sih mungkin berani berani aja lewat kuburan mah
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di