CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PNS Tengah Merana: THR Kemarin Tak Full, Gaji 13 Belum Jelas!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb17ea68cc957d0e422702/pns-tengah-merana-thr-kemarin-tak-full-gaji-13-belum-jelas

PNS Tengah Merana: THR Kemarin Tak Full, Gaji 13 Belum Jelas!

PNS Tengah Merana: THR Kemarin Tak Full, Gaji 13 Belum Jelas!

Jakarta, CNBC Indonesia - Di masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah berusaha menghemat anggaran untuk bisa dialokasikan membantu masyarakat yang paling terdampak. Salah satunya melalui program bantuan sosial dan bantuan langsung tunai.

Penghematan anggaran ini tentunya berdampak pada penghasilan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terutama tunjangan kinerja (tukin) hingga hilangnya uang perjalanan dinas.

Dimana, PNS harus rela mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) tidak secara penuh seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebab, tahun ini THR PNS hanya menghitung satu kali gaji pokok dan tunjangan yang melekat di dalamnya, tidak termasuk tunjangan kinerja.

Selain itu, selama masa pandemi ini kebijakan kerja dari rumah (Work From Home/WFH) membuat tambahan pemasukan PNS dari perjalanan dinas karena pembatasan sosial dan lembur menjadi nihil. Sebab, selama WFH, meski PNS lembur tidak masuk hitungan.

"Realisasi belanja pegawai alami penurunan karena THR dibayarkan tidak sebesar tahun lalu. THR hanya gaji pokok dan di bawah eselon 2 (yang dapat). Juga berbagai tunjangan dan kinerja lembur meski pegawai WFH dan mungkin banyak lembur tapi tidak dapat tunjangan lembur. Ini gambarkan realokasi dan refocusing dalam belanja K/L," ujar Sri Mulyani saat konferensi pers hasil kinerja APBN hingga Mei 2020.

Tak hanya itu, gaji ke-13 yang biasanya diterima PNS setelah THR setiap tahunnya, justru saat ini masih belum jelas. Pandemi Covid-19 membuat fokus pemerintah berubah dengan mengutamakan pemulihan ekonomi dengan memberikan bantuan kepada pelaku usaha hingga masyarakat yang paling terdampak.

Dengan perubahan fokus di masa sekarang, artinya PNS tidak akan mendapatkan gaji ke-13 nya dalam waktu dekat. Bahkan, sebelumnya dikatakan bahwa pembahasan gaji ke-13 akan dilakukan paling cepat di Oktober dan pencairan di akhir tahun ini.

Namun, pembahasan gaji ke-13 tersebut belum jelas hingga saat ini. Kementerian Keuangan pun belum bisa memastikan kapan akan dilakukan pembahasan gaji ke-13.

"Hilal (gaji ke-13) belum kelihatan karena masih fokus mengurus Covid dan dampaknya," kata Dirjen Anggaran Askolani kepada CNBC Indonesia.

(dru)

link


Namun, pembahasan gaji ke-13 tersebut belum jelas hingga saat ini. Kementerian Keuangan pun belum bisa memastikan kapan akan dilakukan pembahasan gaji ke-13.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
unknownnymous dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
sabar ya
kalian adalah kloter terakhir yg kena prank
Seenggaknya lo masih punya kerjaan Kampret, jutaan org di Indonesia pada kehilangan pendapatannya krn COVID. kayak abang gw yg kerja di bidang pariwisata, biasanya abis lebaran banyak yg jln2, skrg udah 3 bln lebih nganggur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldean1605 dan 12 lainnya memberi reputasi
merana apanya woiii . liat di bali , berapa orang kena PHK berapa orang yg dirumahkan . 90 % an woiii . cuman ngak dapat thr aja . gaji bulanan masih dapar kan .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ART7
boro boro 13...masi bagus itu

banyak yang kolaps, mampunya gaji cuma 1/2, thr ga cair... masi untung ngga nganggur juga

emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 3 lainnya memberi reputasi
sabar ya anak emas pmerintah, ibu sm lagi kumpulin utang buat bayar gaji 13 kalianemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
DoDoLanDoDoL memberi reputasi
Sabar ya, lagi dicariin utangan nih nak...
Halah gaji ga seberapa kalo buat mereka emoticon-Leh Uga

profile-picture
aceng.fani memberi reputasi
Diubah oleh boringman2
dah dapet gaji harusnya bersyukur
daripada nggak gajian
profile-picture
profile-picture
chisaa dan ATR42 memberi reputasi
lagak lu kayak kerja udah bener aje wahai PNS!
profile-picture
profile-picture
chisaa dan ATR42 memberi reputasi
dibanding yang udah kena phk dan usahanya gulung tikar , nasib asn itu ga ada apa2nya...cuma ga dapet gaji lebih...cih emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garren007 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kasihan PNS, lebih merana ketimbang mereka² yang kena PHK
profile-picture
profile-picture
eyibrigif dan putrateratai.7 memberi reputasi
Kualitas sampah
Otaknya cm gaji
Prestasi nol

emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
batakolonjong dan 3 lainnya memberi reputasi
coba ngomong kek gini didepan orang yang abis kena phk udah nganggur 3 bulan
gak lama langsung dibantai kek 98 lu pada emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
chisaa dan kaiserwalzer memberi reputasi
Ini yg mungkin bisa dilakukan sama pns...

{thread_title}
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan riansantoso4776 memberi reputasi
Gawe lu aja kaga jelas
Kk gw aja ga jadi2 emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 2 lainnya memberi reputasi
Udh bagus anti pecat, kerja juga kayak bener aja
profile-picture
chisaa memberi reputasi
rakyat udah gada yg mao bayar ape?emoticon-Marah
profile-picture
batakolonjong memberi reputasi
status PNS msh ngeluh juga?
Masih bersyukur dapet THR bos. Ga dirumahkan, kena potongan atau dipecat. Kerja santai dapat duit.
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Kasihan .....emoticon-Big Grin

Cr sambilan dr uang tip pelayanan surat sdh rada susah ...

Masyarakat yg ngurus surat jarang kasih tip ..

Blm lg ada banner segede gaban team saber yg melarang pungli ..
profile-picture
profile-picture
chisaa dan chevelle16 memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di