CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Sepeda Akan Dikenakan Pajak? Fakta Atau Hoax?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efaf7f610d2952c8e60c351/sepeda-akan-dikenakan-pajak-fakta-atau-hoax

Sepeda Akan Dikenakan Pajak? Fakta Atau Hoax?

Sejak masa pandemi, bersepeda seperti menjadi trend baru. Tidak hanya di kota-kota besar, tapi di kabupaten kecil seperti Banjarnegara, tempat ane tinggal. Sekarang sepeda sedang tren sekali sebagai alat untuk berolahraga, mulai dari anak-anak, dewasa bahkan sampai yang kakek-kakek pun mulai gemar menhayuh sepeda lagi.

Sepeda Akan Dikenakan Pajak? Fakta Atau Hoax?


Nah untuk kalian yang gemar atau hobi bersepeda, sudah dengar belum kalau ada isu bahwa sepeda akan di kenakan pajak? Isu ini sedang hangat-hangat nya dibahas. Banyak media berita yang mulai membahas isu pengenaan pajak pada sepeda ini. Nah pengenaan pajak pada sepeda ini fakta atau hanya sekedar hoax? maklum sepeda sekarang sedang jadi incaran, makanya banyak pihak yang mulai memanfaatkan situasi.

Wacana Pengenaan Pajak Sepeda Sempat Dibahas Oleh Dirjen Kementrian Perhubungan. 
Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan menyampaikan dalam diskusi virtual akhir pekan lalu di Jakarta sempat dibahas wacana pengenaan pajak sepeda. "Kalau waktu saya kecil, saya mengalami sepeda disuruh bayar pajak dan sebagainya. Mungkin bisa kesana. Tapi ini sejalan dengan revisi UU 22/2009, sudah diskusi dengan korlantas Polri" Budi Setiyadi.

Sempat muncul beberapa spekulasi bahwa, kemungkinan kedepannya benar akan terjadi pungutan pajak untuk sepeda melihat respon Bapak Budi Setiyadi. Namun setelah banyak media berita yang menulis berita seperti ini, akhirnya pihak dari Kementrian Perhubungan melalui keterangan tertulis menyampaikan bahwa, pihak Kementrian Perhubungan membantah informasi tersebut.

Kementrian Perhubungan Membantah Informasi Pengenaan Pajak Sepeda.

Berikut kuripan keterangan tertulis Kemenhub nomor 75/SP/VI/HMS/2020 : "Sehubungan dengan pemberitaan di beberapa media online yang menyebutkan bahwa Kementrian Perhubungan (Kemenhub) sedang menyiapkan regulasi terkait pajak sepeda, maka dengan ini disampaikan bahwa hal tersebut *TIDAK BENAR*"
Sepeda Akan Dikenakan Pajak? Fakta Atau Hoax?


Yang Sedang Disiapkan Bukan Pajak Sepedanya, Melainkan Regulasi Keselamatan Para Pesepeda.
"Yang benar adalah kami sedang menyiapkan regulasi untuk mendukung keselamatan para pesepeda"  kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati. Disampaikan juga bahwa pengaturan alat yang diatur berupa pemantulan cahaya bagi pesepda, jalur sepeda, serta penggunaan alat keselamatan lainnya.

"Pada prinsipnya, kami sangat setuju adanya aturan penggunaan sepeda mengingat animo masyarakat yang tinggi harus dibarengi dengan perlindungan terhadap keselamatan pesepeda. Kami akan mendorong pemerintah daerah untuk mengatur penggunaan sepeda minimal dengan menyiapkan insfrastruktur jalan maupun ketentuan lain yang mengatur khusus para pesepeda di wilayah masing-masing" Adita Irawan
Sepeda Akan Dikenakan Pajak? Fakta Atau Hoax?


Opini Ane :
Kalo emang bener pemerintah mau mendukung prasarana untuk para pesepeda sih ane mendukung banget, mengingat akhir-akhir ini banyak sekali terjadi kecelakaan antara pesepeda dengan pengendara motor. Entah siapa yang salah, yang jelas jika pemerintah memberikan infrastruktur khusus untuk sepeda tentu akan sangat positif, karena dapat mengurangi resiko kecelakaan pesepeda. Yang penting pemerintah harus mampu bertanggung jawab atas regulasi yang telah dikeluarkan. Jangan kaya di ibukota, udah dibikinin jalur sepeda eh ujung-ujungnya dibongkar lagi, sayang dong jadi buang-buang dana negara aja.

sumber : 1 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 46 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
ternyata hoax gaes.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
levr dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jadi ga perlu gusar para pesepeda.
profile-picture
nduttt98 memberi reputasi
hello apa2 dikenain pajak, duitnya kemane? buat dikorupsi juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
luluvi dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
pajak lagi pajak lagi. panas kuping
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bageuusss...sekalian Kursi roda, gerobak ketoprak dan teman teman...jangan lupa... mobil2 an di kenain Pajak jugak emoticon-Coblos
Sepeda Akan Dikenakan Pajak? Fakta Atau Hoax?
profile-picture
profile-picture
ijah18 dan adamyvon memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bodo amat, mau dipajakin kek. mau ga kek. ane ga punya sepeda, dan ga bisa naik sepeda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kinsi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
padahal q nembe arep tuku sepeda? dipajaki ?
profile-picture
profile-picture
aditya0892aldy dan sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Tidak benar kan?
Bukan apa.. Kesian yg mata pencarian nya pake sepeda. Udah dengkul lemes, kena pajak pula emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
indrainiesta28 dan sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hoax sist.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
untung aja ga bener. kalo bener sih bisa di demo
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sepeda dipajakin? ga sekalian gerobak juga dipajakin?
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jaman orba aja tv, radio, sepeda, bahkan sapi dan anjing dikenakan pajak nggak ada yg teriak2. lha skrng baru wacana pajak sepeda aja udah geger.
motor aja dipajakin terima2 aja, masa' kl sepeda yg bisa seharga motor bahkan mobil nggak mau dipajakin?
profile-picture
profile-picture
rickybuhari27 dan sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Kl di pajakin pasti banyak yg protes apalagi yg buat pergi kerja kesawah, kang jual pentol siomay, anak sekolah, bocil latian sepeda dll

Sedangkan sepeda mewah impor kl dipajakin jg bakal pd marah karena bea nya juga sudah lumayan mahal

Kemudian jalur kusus sepeda juga pasti ada anggaran nya kan emoticon-Big Grin

Sebenarnya yg mulia ini pengen pajakin kan emoticon-Big Grin
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ketika sedang ramai sekali orang yang menggunakan sepeda langsung ada wacana atau isu pajak dari sepeda, justru dukunglah gerakan warga untuk hidup sehat seperti ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
teeblackswit dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Gk sekalian otopet juga dipajakin emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Kalau misalkan beneran dipajak, kebayang apa yg mau dipajakin?
ya kali sepeda kudu dipasang nopol?
profile-picture
profile-picture
adamyvon dan sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
ternayata tidak benar gaes! malah dese sedang menyiapkan regulasi untuk mendukung keselamatan para pesepeda mantap lah.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Maaf gan, kecelakaan antara sepeda mostly karena kelakuan pengendara sepeda yg asal belok gan.
Ane sering liat pengendara sepeda main langsung belok aja, gak peduli padahal lagi di jalan besar.
Perilaku nya mirip kayak emak emak yang belok tanpa wesel wkwkk.
Apalagi kalau sdh rombongan bersepedanya... Miris sama kayak moge lagi turing aja hahahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Chloe.Grace dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
kalo kena pajak, jadi kaya jaman 90 dulu ya..plombir
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
buset, tak ada mesin masih aja di pajakin. semoga boong lah. ntar punya bini banyak dipalakin pula. hahaha
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
harus berdasarkan harga dong masak iya pedah murah kenak jugak
profile-picture
profile-picture
siapika dan sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di