CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Hentikan New Normal Jika Kasus Corona Naik Terus
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efacdfa28c991328c31d7c0/jokowi-hentikan-new-normal-jika-kasus-corona-naik-terus

Jokowi Hentikan New Normal Jika Kasus Corona Naik Terus

Jokowi Hentikan New Normal Jika Kasus Corona Naik Terus


Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menghentikan penerapan new normal jika jumlah kasus corona naik terus. Jokowi mengingatkan keputusan untuk membuka tatanan kehidupan normal baru (new normal) di setiap daerah harus didukung data-data keilmuan yang menunjukkan penurunan kasus COVID-19.

Jokowi menekankan pentingnya setiap kepala daerah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 berpegang pada data kelimuan (science).

“Jangan sampai kita berani membuka, masuk ‘new normal’ (normal baru) tapi keadaan datanya masih belum memungkinkan. Jangan dipaksa. Sehingga tahapan-tahapan harus betul-betul disiapkan,” ujar Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Posko Penanganan COVID-19 di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020).

Para kepala daerah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 juga harus selalu melibatkan praktisi seperti ahli epidemiologi, ilmuwan, dan para tenaga medis, dalam pengambilan keputusan.

“Jangan sampai membuka pada tatanan baru ‘new normal’, tapi tidak melalui tahapan-tahapan yang benar. Setiap kita buat kebijakan, tolong yang namanya data keilmuan itu dipakai,” ujar Jokowi.

Dalam membuka fase normal baru, kata Jokowi, ada tahapan prakondisi dengan menyosialisasikan kepada masyarakat soal pelaksanaan protokol kesehatan secara disiplin.

Setelah itu, kepala daerah dan Gugus Tugas setempat harus menentukan waktu yang tepat untuk benar-benar membuka era normal baru.

“Jangan sampai R-t (angka reproduksi virus) masih tinggi di atas 1, R-naught masih tinggi, kita berani buka. Hati-hati, jangan membuat kebijakan tanpa membuat data, ilmu, yang jelas,” ujarnya.

Setelah itu, kepala daerah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menentukan sektor yang menjadi prioritas untuk memasuki normal baru tergantung perkembangan data dan karakteristik daerah tersebut.

“Tidak langsung dibuka semuanya. Apakah sektor industrinya sudah memungkinkan silakan. Apakah sektor pariwisatanya sudah memungkinkan silakan. Tapi juga mungkin masih dibatasi (kapasitasnya),” ujarnya.

Presiden mencontohkan daerah pariwisata yang memiliki kapasitas 1.000 orang, pada tahap awal pembukaan normal baru, perlu ada pembatasan kunjungan menjadi 500 orang.

Setelah itu, keberlangsungan normal baru harus dievaluasi. Jika fase normal baru malah mendorong penambahan kasus COVID-19 di daerah, maka fase tersebut harus dihentikan.

“Setiap hari, setiap minggu, setiap dua minggu terus dievaluasi, dimonitor dan dievaluasi. Kalau keadaannya naik, ya tutup lagi. Harus berani seperti itu,” ujar dia. (Antara)


https://www.suara.com/news/2020/06/3...eadline_home_1



Jokowi Hentikan New Normal Jika Kasus Corona Naik Terus


Jokowi Hentikan New Normal Jika Kasus Corona Naik Terus



kapan lagi negeri sebesar ini dipimpin kepala negara dungu, cuma ada di rezim ini emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 15 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
terserah bapak aja rakyat mah ngikut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan 2 lainnya memberi reputasi
moga mba risma jadi presiden mba.......


rakyatlah yang patut disembah ketika anda menjadi pemimpin......
profile-picture
profile-picture
bintangfairing dan bhumbhazta memberi reputasi
biarin aja

tar orang kaya gak dapet duit donk

ya kaya elu elu
New normal ya pasti kasusnya bakalan naik emoticon-Traveller
profile-picture
buzzerp memberi reputasi
New normal taek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garren007 dan 5 lainnya memberi reputasi
Kalau gak mau new normal, terapin lockdown sebagai gantinya.

Eh lupa, kan pemerintah kagak sanggup kasih makan rakyatnya selama sebulan penuh emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Dr awal disuruh lockdown gak mau ..suruh nutul bandara biar orang asing aseng gk masuk gak mau ... Bilang indo gak bakal kena corona karna suka makan nasi kucing.. udah kena corona .. suruh isolasi jakarta biar gk nyebar gk mau juga ...ntah keputusan aneh2 yg dibuat bikin virus ni mangkin nyebar ke daerah2 dr awal nya cm jabotabek..cok la kau wik... Kebijakan yg gak jelas semua yg ente ambil ...kl gak bs kerja mending legowo mundur secara terhormat.. percuma kl panjang kl gak keras ..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daisy90 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
ane jual otak otak emoticon-Cool
ngeprank lagi nggak nih? emoticon-Big Grin
Maju kena mundur kena.ekonomi sudah mulai nyungsep llho.mau lockdown ekonomi anjlok.mo new normal resiko banyak yg terpapar covid-19 walaupun banyak yg otg.
emoticon-Leh Uga
asikk bisa lockdaun emoticon-Smilie
Kebijakan mancla-mencle dan test the water terus.

Udah tau kurva meningkat, malah maksa new normal, giliran udah dilakuin new normal, langsung marah dan bilang ga siap.

Pler emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
trus gimana nih? lockdown jd nya?

kenapa g dari awal emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan ernestodelasema memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mual gue liat drama ga henti" dari presiden prank ini emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garren007 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Waduh, jgn sampe lah jabodetabek psbb lg. Skrng aje omzet sektor umkm msh belum pulih klo kena psbb lg alamat bakal rontok lg nih sektor umkm
Ya bagus, buat keputusan harus berani bertanggung jawab. Jangan marah, jangan ngambek, jangan jengkel.
plin plan emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Presiden bingung, rakyatnya ikut bingung emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
buzzerp dan kaiserwalzer memberi reputasi
halahh mendingan buat drama lagi aja lah emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di