CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Programmer Forum /
Kisaran Gaji Produk Manager yang Cukup Tinggi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efac6c6facb9509c765320d/kisaran-gaji-produk-manager-yang-cukup-tinggi

Kisaran Gaji Produk Manager yang Cukup Tinggi

Gaji produk manager mempunyai rentang yang cukup besar sejalan dengan tugas dan tanggung jawabnya yang lumayan kompleks dan beragam. Gaji ini berbeda bagi setiap perusahaan tergantung pada kondisi keuangan kantor masing-masing.

Kisaran gaji produk manager adalah Rp8 juta hingga Rp15 juta, setidaknya itu yang ditawarkan oleh salah satu perusahaan rintisan bidang pendidikan, Quipper. Angka tersebut dapat menjadi panduan bagi Anda yang hendak melamar posisi ini untuk kali pertama. Bagi yang sudah berpengalaman pun, angka tersebut dapat menjadi referensi untuk melakukan negosiasi gaji, tergantung dari jenjang itu sendiri.

Angka terendah kemungkinan mengarah ke posisi yunior dari produk manager, yakni associate product manager. Level ini tergolong tingkat awal yang biasanya bertanggung jawab terhadap satu atau beberapa sub-produk, satu proyek dan banyak proyek dalam satu waktu.

Level menengah, product manager, merupakan posisi menengah yang memegang peran sepenuhnya atas suatu produk. Ia bekerja mulai dari fase perencanaan hingga proses produksinya. Gaji produk manager untuk jenjang menengah biasanya berada di antara jenjang yunior dan senior.

Gaji produk manager yang sudah senior atau bernama senior product manager biasanya menjadi yang tertinggi. Pada posisi ini, ia tidak lagi berfokus pada eksekusi proyek melainkan mengawasi tim produksi yang ada di bawahnya.

Dari ketiga jenjang profesi produk manager di atas, dapat kita bagi bahwa pekerjaan profesi ini meliputi pra produksi, proses produksi hingga paska produksi. Fase pra produksi mencakup kecakapan menerjemahkan nilai perusahaan ke dalam calon produk, diskusi dengan pemangku kepentingan hingga meneliti tren produk di masyarakat. Tak ketinggalan adalah bertukar pikiran dengan pihak klien itu sendiri.

Tahap produksi meliputi aktivitas, seperti mengecek persediaan bahan mentah, tenaga kerja, prosedur kerja hingga membuat jadwal produksi yang mengakomodir kebutuhan semua pihak. Kolaborasi dengan tim lain dan bawahan memainkan kunci penting agar produk sesuai harapan.

Apabila terjadi masalah, ia harus mencari solusi sembari terus mengembangkan produk ke depan. Setiap tahapan produksi akan ia catat dalam laporan produksi untuk mempermudah pelacakan kesalahan, jika ada, serta menyumbang poin penting untuk pengembangan produk jika memang dibutuhkan.

Seorang produk manager turut sigap menangkap keluhan bawahan, jika ada, dan tentu saja mencarikan solusi. Apabila seluruh produksi selesai, ia masih harus mengevaluasi keseluruhan proses produksi.

Beragam tanggung jawab di atas tak mengherankan mewajibkan pelakon profesi ini harus menguasai beragam keahlian. Contohnya adalah kemampuan komunikasi dan kolaborasi, riset dan analisa, manajemen bisnis dan produk, analisa data dan senantiasa mengikuti perkembangan dunia ekonomi.

Profesi ini biasanya diisi lulusan dari Manajemen Bisnis, Administrasi Niaga, Teknik Industri, Komunikasi, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual (DKV), Rekayasa Hayati, Produksi Ternak, Agroindustri, Agrobisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, dan lainnya.


Kerja di perusahaan startup itu lebih berat karena hrs ikut membangun sistem dsb. Makanya jangan mau logikanya dibalik bayarannya murah karena masih merintis. Mintalah gaji sesuai dengan pekerjaan & tanggung jawab yg akan dipegang & bukan pada level perusahaannya karena itu bukan urusan kita. Sekelas manajer hrs minimal 50jt kl di startup.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di