CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Apakah Gaya Minimalis Marie Kondo Cocok Diterapkan di Indonesia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efab98d68cc9553225637ff/apakah-gaya-minimalis-marie-kondo-cocok-diterapkan-di-indonesia

Apakah Gaya Minimalis Marie Kondo Cocok Diterapkan di Indonesia?

Apakah Gaya Minimalis Marie Kondo Cocok Diterapkan di Indonesia?

Agan & agan wati sudah tahu, apa itu KonMari? emoticon-Cool

Itu loh gan, metode berbenah asal negeri sakura Jepang yang diciptakan Marie Kondo. Metode ini dimulai dari melipat baju, celana, seprai, sampai dengan mengatur segala macam barang hingga tertata secara rapi dan teratur. Hampir sama dengan gaya hidup minimalis, gaya hidup KonMari mengajarkan kita memiliki kebahagiaan dengan cara mengurangi barang-barang yang tidak lagi agan & agan wati perlukan (declutter).

 

Quote:

 

Kutipan di atas diambil daribuku The Life-Changing Magic of Tidyng Up yang ditulis langsung oleh Marie Kondo. Ia mengajarkan bahwa jika agan & agan wati mau berbenah secara continue, tentunya, itu akan dapat mengubah hidup agan & agan wati menjadi lebih baik.

 

Lantas, pertanyaannya adalah, apakah gaya minimalis Marie Kondo cocok untuk diterapkan di Indonesia? emoticon-cystg Berikut beberapa riset yang berhasil kami rangkum dari beberapa sumber. 



1. Apakah Agan & Agan Wati Memiliki Komitmen Kuat terhadap Sesuatu?

Apakah Gaya Minimalis Marie Kondo Cocok Diterapkan di Indonesia?

Agan & agan wati adalah orang yang suka komitmen? Jika benar demikian, maka gaya hidup Marie Kondo ini sangat bisa untuk agan & agan wati terapkan. Hal ini karena metode beberes rumah harus dimulai dari komitmen diri sendiri. 
 
Jikan agan & agan wati adalah tipikal orang yang suka menunda-nunda pekerjaan, maka sebaiknya hindari mengikuti konsep KonMarie ini. Pasalnya, saat agan & agan wati menunda-nunda pekerjaan, bukannya rumah beres, malah segalanya menjadi berantakan. emoticon-Cape d...
 
Lalu bagaimana jika agan & agan wati ingin mencicil kegiatan membereskan rumah?
 
Wuah, sebaiknya jangan. Kebiasaan membereskan rumah dengan tidak tuntas, tidak pernah disarankan dalam KonMari. Sebaiknya, sebelum agan & agan wati memulai menerapkan metode ini, tanyakan dulu pada diri agan & agan wati masing-masing, benarkah agan & agan wati beserta memiliki komitmen untuk hidup sehat dengan menerapkan gaya hidup minimalis Marie Kondo?

2. Apakah Gaya Hidup Impian Agan & Agan Wati adalah Gaya Hidup Ideal?

Apakah Gaya Minimalis Marie Kondo Cocok Diterapkan di Indonesia?

Jika agan & agan wati ingin membereskan rumah, apakah kalian sudah tahu, apa yang membuat keluarga kalian tetap merasa nyaman? Penerapan metode KonMari yang kedua ini penting untuk memotivasi agan & agan wati memiliki rumah yang selalu dalam keadaan rapi dan bersih. emoticon-Angel

 
Kalau agan & agan wati belum memahami, apa yang membuat keluarga kalian nyaman, tetapi ingin tetap mempraktekkan metode ini, mungkin bisa diawali dengan saling berdiskusi atau mengadakan musyawarah yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Jangan lupa untuk tanyakan setiap anggota keluarga agan & agan wati ya, apa sih sebenarnya yang membuat mereka nyaman dan betah untuk berlama-lama di rumah?


3. Apakah Agan & Agan Wati Suka Menyortir Barang?

Apakah Gaya Minimalis Marie Kondo Cocok Diterapkan di Indonesia?



Suka menyortir barang?

 

Wuah cocok! emoticon-2 JempolAgan & agan wati yang punya kebiasaan suka menyortir barang akan sangat merasa klop dengan metode beberes rumah dengan konsep minimalis yang satu ini. Lakukan hal ini terutama pada sekitar sudut rumah, di bawah tangga, di dapur, kamar tidur, ruang keluarga, bahkan di perpustakaan mini di rumah agan & agan wati. Pusatkan pada barang-barang yang tidak diperlukan yang berada di sana, dan segera buang, ganti hanya dengan barang-barang yang hanya diperlukan.

 

Kalau agan & agan wati masih saying untuk melakukan hal ini, hmm… mungkin metode KonMari tidak akan berjalan secara optimal.


4. Memilah Sesuatu Berdasarkan Kategori, Bisakah?

Apakah Gaya Minimalis Marie Kondo Cocok Diterapkan di Indonesia?

Metode selanjutnya yang berhubungan dengan KonMari adalah memilah sesuatu berdasarkan kategori. Kalau orang-orang di Indonesia, umumnya menata segala sesuatu berdasarkan lokasi, coba sekarang, ubah mindset agan & agan wati dengan mengubah segala sesuatu berdasarkan kategori. Mulailah dengan hal-hal sederhana seperti baju, dokumen, kertas, sentimental item, dan komono.
 
Dalam metode KonMari, sentimental item adalah benda-benda yang agan & agan wati rasa memiliki memori atau kenangan indah dalam hidup. Sebut saja album foto, rekaman video pernikahan,  jejak kaki putra/putri kesayangan agan & agan wati yang didokumentasikan dalam pigura, dan lain-lain. Sedangkan komono adalah benda-benda kecil selain pakaian, dokumen, kertas, dokumen, dan sentimental item. Sebut saja kosmetik, jarum peniti, cutton but, obat-obatan.
 
Pastikan, saat agan & agan wati merapikan satu kategori, tuntaskan hingga selesai, kemudian taruh di tempat penyimpanan tersendiri sehingga mudah ketika mengembalikan ke tempat asalnya. Kemudian, sesudah satu kategori selesai, baru beralih ke kategori selanjutnya.
 
Mungkin, karakter ini agak susah jika menilik orang-orang Indonesia terutama buat ibu-ibu rumah tangga yang masih disibukkan dengan rutinitas keseharian yang selalu menumpuk. Akan tetapi, jika agan & agan wati bisa berkomitmen dari awal, mungkin agan & agan wati juga bisa melibatkan si kecil ketika melakukan metode KonMari.emoticon-excited

5. Punya Spark Joy terhadap Barang-barang Tertentu?

Apakah Gaya Minimalis Marie Kondo Cocok Diterapkan di Indonesia?

Apa itu spark joy?

Maksudnya adalah agan & agan wati hanya menyimpan benda-benda yang bermanfaat saja & pastikan bahwa benda-benda tersebut memberikan energi yang positif bagi seluruh anggota keluarga. Simpan hanya hal-hal yang memiliki ikatan tertentu dengan hati agan & agan wati, lalu buang sisanya, dan mulailah kehidupan baru yang lebih minimalis.

 

Terakhir, agar kegiatan beberes rumah ala Marie Kondo ini menjadi kebiasaan yang continue dan memberikan kebahagiaan, pastikan untuk menyisihkan waktu agan & agan wati di setiap akhir pekan dengan menuliskan wish listyang ingin dicapai setiap membereskan rumah. So, kegiatan membereskan rumah menjadi lebih menyenangkan dan bukan lagi menjadi beban.

 

Yuk, mulai beberes rumah ala KonMari dari sekarang! Selamat mencoba! emoticon-Angel





Sumur:
1. konmari.com
2. minimalis.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mentarisfr dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh eliana634
keren, salah satu cara menghadapi covid-19 ini ya emoticon-Cool
ane suka minimalis kalo kayak begini lebih enak naruhnya dan kelihatan rapiemoticon-Kiss
beuh,kita ga setipe berarti
mantap nih. beres beres barang lama dulu ahh
Males gan..,
Di rapiin juga bakal di obrak-abrik ama si Bocil tuh
profile-picture
profile-picture
gogorancak dan 666lucifer89 memberi reputasi
enak sih simpel tapi bosenin
kalo masih single ya bisa aje gan, kalo udeh merid & punya anak... eehhhmmm... (bentar ngabayangin) 🍻👊🏽
fujiko f. fujio malah pengennya berantakan ya
sangat cocok diterapkan, tapi akan butuh penyesuaian.

btw gue suka banget nyortir nyortiran.

apalagi nyortir film jav berdasarkan genre.
emoticon-Ngakak
less is more
Sesuaikan aj dgn gaya kita, ane sih ikutin cara ngelipet baju dia, beneran jd muat lho. Sama simpen tas sesuai bentuknya, it jg jd hemat tempat. Yg ga cocok it ngerapihin baju dgn ngeluarin semuanya dulu, ngapain ye? Ga perlulah, ntar dimasuk2in lg. Ga praktis emoticon-Big Grin
perfecto emoticon-Mewek
ini ane yang kurang jauh mainnya atau gimana ya, selama hidup di Indo, kalo main kerumah orang, pasti ada aja tumpukan barang. Mau rumah minimalis, tipe tudor, mewah, rumah artis, tetep aja ada tumpukan. Gak pernah liat yang serapi atau mirip Marie Kondo ini. emoticon-Bingung
minimalisss bangett gann ini
Nice info gan, saya termasuk yg mencoba menganut minimalism hehe emoticon-Stick Out Tongue
nah ini. ane kadang tuh barang numpuk di kamar karena barang2nya ada nilai historisnya. makanya jadi agak bingung buat nyortir barang
profile-picture
kaitokid94 memberi reputasi
gaya hidup minimalis sekarang sudah banyak yg mulai,
bukan sekedar rumahnya yg minimalis, bukan sekedar baju dg warna monokrom, tp jg pola hidupnya...
beli barang yg benar2 dibutuhkan, jika sudah tak terpakai buang atau sumbangin kalo masih layak, semua serba minimal pokoknya..
emoticon-Toast
sepertinya ane gabakal bisa hidup seperti marie kondo deh wkwk. barang numpuk tapi perlu semuaa emoticon-Big Grin
profile-picture
kaitokid94 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
udah mulai banyak nih yang nerapin. pengennya juga gitu sih gan. bisa gak yah. terutama kebanyakan cewe kan suka nyimpen printilan gitu
lagi jman nihh hidup dengan gaya minimalisss! salut deh sm org2 yg bisa. ane lagi mau coba2 tp jujur susah banget, dr mulai decluttering aja udh susahhh


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di