CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
5 Strategi Pemasaran yang Efektif dan Efisien
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efaa8f226377235a91a0822/5-strategi-pemasaran-yang-efektif-dan-efisien

5 Strategi Pemasaran yang Efektif dan Efisien

5 Strategi Pemasaran yang Efektif dan Efisien

Pemasaran produk, baik itu barang maupun jasa, adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis. Dan di jaman yang serba canggih seperti sekarang, banyak sekali yang dapat Anda terapkan dalam usaha Anda, termasuk 5 strategi pemasaran yang efektif ini.

Ini bertujuan agar langkah-langkah yang diambil oleh perusahaan tepat sasaran dan tidak terbuang sia-sia, baik dalam segi biaya maupun waktu, dan dapat segera mencapai taget omset yang diinginkan.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih 5 strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Yang pertama, Anda haruslah mengenali siapa calon pelanggan Anda. Bagaimana cara untuk menentukan hal ini?

Mudah, Anda tinggal memikirkan siapa saja yang akan membeli produk anda nanti, dan kelompokkan, misal dari usia, gender, hobi, apapun itu yang akan tertarik dengan produk Anda. Ketika anda sudah tahu dari kalangan mana saja yang akan membeli produk Anda, fokus pada calon pelanggan tersebut.

Strategi yang kedua dari 5 strategi pemasaran yang efektif setelah Anda mengenali segmen konsumen Anda, adalah dengan memiliki produk yang berkualitas. Hal ini sangatlah krusial, karena akan membuat pemasaran Anda menjadi efisien dan tak membuang banyak biaya.

Dengan produk yang berkualitas, Anda tak akan banyak diganggu oleh kompalin para pelanggan. Demikian pula pihak ketiga seperti reseller, distributor maupun pemegang waralaba, tak akan menemui banyak kendala dalam memasarkan produk Anda.

Bila Anda masih belum memiliki produk sendiri atau masih menjual produk orang lain, paling tidak Anda dapat memikirkan bagaimana mengemas produk tersebut secara baik agar terlihat bagus dan berkualitas.

Lanjut dengan strategi ketiga dari 5 strategi pemasaran yang efektif dan efisien, yaitu dengan merancang sebuah penawaran yang menarik. Contohnya seperti ini: Mana yang lebih menarik, beli mobil BMW gratis payung, atau beli payung gratis mobil BMW?

Tentunya semua akan setuju bahwa penawaran beli payung gratis mobil BMW akan lebih menarik. Seperti itulah contoh strategi ketiga dari 5 strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Hal lain seperti voucher diskon, bundling produk, maupun penawaran seperti ‘buy one get one free’ juga perlu dilakukan secara efektif.

Strategi berikut dari 5 strategi pemasaran yang efektif dan efisien, adalah dengan memilih lokasi yang tepat. Lokasi ini bisa juga tempat di mana segmen konsumen Anda sering berkumpul. Contohnya: usaha minuman kekinian akan lebih memilih membuka gerai di pusat perbelanjaan dibandingkan di pasar tradisional. Ini dengan tujuan agar bisnis/usaha tersebut dapat langsung menjaring segmen konsumen yang mereka incar.

Seringkali lokasi yang strategis juga mempunyai tarif sewa ataupun harga jual yang mahal. Saat inilah Anda perlu menghitung dengan cermat apakah biaya besar yang dikeluarkan akan dapat memenuhi omset penjualan yang diharapkan.

Strategi terakhir dari 5 strategi pemasaran yang efektif dan efisien, adalah dengan memanfaatkan pelanggan Anda. Hal ini biasa dikenal dengan ‘member get member’. Bagi pelanggan yang sudah loyal, Anda dapat menawarkan sistem bagi hasil bagi pelanggan yang mau merekomendasikan produk Anda baik ke sahabat, kerabat maupun lingkungan mereka.

Anda dapat mempelajari skema penjualan ala bisnis MLM, atau bila Anda menemui kesulitan dalam hal ini, dapat menghubungi kami dan tim kami siap merancangkan sistem kompensasi yang dapat Anda pakai untuk strategi kelima dari 5 strategi pemasaran yang efektif.

Ingat, jangan hanya fokus pada 5 strategi pemasaran yang efektif dan efisien yang kami bagikan di atas saja, namun sisi lain dari bisnis Anda seyognya juga berlangsung secara efektif dan efisien, seperti di produksi dan keuangan.


Sponsor artikel: https://www.KonsultanMarketingSurabaya.com/
Diubah oleh AdiProfitMaker


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di