CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
5 Strategi Pemasaran yang Dipengaruhi Budaya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efaa7fa65b24d13c35f0c33/5-strategi-pemasaran-yang-dipengaruhi-budaya

5 Strategi Pemasaran yang Dipengaruhi Budaya

5 Strategi Pemasaran yang Dipengaruhi Budaya

Dalam pemasaran, perusahaan kadang harus mempertimbangkan unsur budaya dalam melakukan penjualan barang/jasa yang ingin ditawarkan kepada konsumen di suatu wilayah. Apalagi di Indonesia yang memiliki beraneka ragam budaya. Kadang pula kebudayaan di suatu daerah erat berkaitan dengan bahasa dan agama mayoritas di sana.

Kali ini kami ingin mencoba membagikan 5 strategi pemasaran yang dipengaruhi budaya sebagai panduan bagi Anda dalam memasarkan produk Anda agar tak bertentangan dengan budaya setempat. Jangan sampai produk Anda malah ditolak dan tak menghasilkan penjualan yang ditargetkan.

Strategi pertama yang harus Anda perhatikan dari 5 strategi pemasaran yang dipengaruhi budaya, adalah menyangkut bahasa setempat. Memasarkan produk Anda dengan menggunakan bahasa setempat akan lebih gampang diterima.

Apalagi bila Anda berkeinginan memasarkan produk Anda ke berbagai negara. Jangan hanya berpatokan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, namun lebih baik agar Anda dapat menggunakan bahasa setempat, baik yang digunakan oleh tenaga pemasaran Anda saat mendekati pelanggan maupun tulisan yang tercantum dalam packing produk Anda.

Strategi berikut dari 5 strategi pemasaran yang dipengaruhi budaya, adalah dengan mempertimbangkan agama mayoritas di wilayah tersebut. Misalnya: mendandani tenaga penjualan Anda dengan pakaian yang terbuka saat memasarkan produk di daerah yang menganut syariat Islam yang ketat tentunya bukan merupakan hal yang bijaksana.

Lebih baik bila tenaga penjualan Anda berkostum syariah dengan menggunakan jilbab dan sebagainya, agar tak mendapatkan penolakan saat memasarkan produk Anda. Perhatikan juga unsur yang berkaitan, misalnya faktor kehalalan produk Anda. Memasarkan makanan non-halal di Aceh, tentunya tak akan membawa omset sama sekali.

Strategi ketiga dari 5 strategi pemasaran yang dipengaruhi budaya, adalah dengan menganalisa interaksi sosial setempat. Misalnya di Bali, dimana kehidupan sosialnya cenderung bebas dan terbuka.

Anda dapat memasarkan produk Anda dengan menyesuaikan kehidupan sosial disana. Dalam hal ini, menggunakan tenaga penjualan setempat dapat dijadikan pertimbangan, agar dapat lebih gampang menyesuaikan diri. Sudah banyak yang menyediakan tenaga penjualan profesional seperti Sales Promotion Girl (SPG) dalam lingkup wilayah tertentu.

Faktor berikut yang menjadi strategi dari 5 strategi pemasaran yang dipengaruhi budaya, adalah dengan memperhatikan nilai-nilai estetika yang dijunjung oleh budaya setempat. Misal memasarkan produk Anda di kawasan Asia, seperti China, menggunakan warna merah akan lebih menarik bila dibandingkan dengan warna ungu misalnya. Hal ini didasarakan budaya China yang menganggap warna merah adalah warna perayaan.

Yang tak kalah pentingnya, adalah faktor materi hidup dari suatu wilayah. Strategi terakhir dari 5 strategi pemasaran yang dipengaruhi budaya ini perlu juga mendapat perhatian, agar Anda dapat efektif dalam memasarkan produk Anda.

Kita ambil contoh lemari es. Di Amerika, masyarakat disana terbiasa dengan kemasan minuman 2 liter, sedangkan di negara-negara lain, kemasan 2 liter dianggap terlalu besar. Bila Anda ingin memasarkan produk minuman Anda di Amerika, sangatlah tepat bila menggunakan kemasan 2 liter.

Sedang bila Anda ingin memasarkan di Indonesia, kemasan lebih kecil mungkin akan lebih digemari. Seperti kemasan 300ml sampai 1 liter saja. Bila Anda memaksa memasarkan kemasan 2 liter, mungkin penjualannya tidak akan begitu bagus.

Demikianlah 5 strategi pemasaran yang dipengaruhi budaya yang dapat kami bagikan kali ini. Jangan lupa untuk selalu menganalisa terlebih dahulu pasar yang ingin Anda masuki, agar pemasaran produk Anda baik barang/jasa tidak menemui hambatan dan dapat mencapai hasil yang diinginkan.


Sponsor artikel: https://www.KonsultanMarketingSurabaya.com/
Diubah oleh AdiProfitMaker


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di