CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hasta Brata Di Negara Basa-Basi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efaa2cc337f932ae57e4d63/hasta-brata-di-negara-basa-basi

Hasta Brata Di Negara Basa-Basi



Hasta Brata Di Negara Basa-Basi

Hasta Brata Di Negara Basa-Basi

Hasta Brata Di Negara Basa-BasiHasta Brata Di Negara Basa-Basi

Hasta Brata Di Negara Basa-Basi

Ketika orang asing singgah di nusantara merekapun menjadi jatuh cinta, bukan rahasia lagi kau negara ini disukai kaum ekspatriat. Negara indah dengan alamnya yang terkembang dari Sabang hingga Merauke. Namun yang disuka oleh mereka disebabkan negara ini penuh dengan basa-basi.

Tapi sayang keadilan belum datang di tanah ini, entah sampai kapan! Adakah karena para pemimpin menjauhi tuntunan dari Hasta Brata?



Sebelum membahas lebih jauh apa itu Hasta Brata, mengapa nusantara identik dengan negara basa-basi. Kita dengarkan sesaat lagu dari musisi legenda tanah air bung Iwan Fals.


Hasta Brata Di Negara Basa-Basi

Oke langsung saja kita bahas masalah basa-basi terlebih dahulu, di negara ini masyarakatnya sangat ramah dan santun. Dengan orang lain yang baru kenal pun mudah akrab, masyarakatnya hidup penuh basa-basi baik itu dengan tetangga, kerabat, teman di sekolah, kantor bahkan di dalam gedung istana sekalipun basa-basi tetap ada.

Quote:


Hasta Brata Di Negara Basa-Basi

Ketika zaman serba digital basa-basi masyarakat negara ini tetap dipertahankan. Maka negara ini sangat berbanding terbalik dengan negara Finlandia, yang tak banyak basa-basi.

Ada sebuah kutipan yang bermakna ketika ada negara yang menghindari basa-basi.

Quote:


Berbanding terbalik dengan negara kepulauan ini dimana basa-basi menjadi hal yang umum. Bisa dibilang basa-basi sudah menjadi kearifan lokal, lantas apa hubungannya dengan Hasta Brata?

Ada yang sudah tahu dengan apa yang dimaksud Hasta Brata? Hmmm... nampak aneh dan tidak umum ya ditelinga, sebenarnya Hasta Brata itu sebuah pedoman kearifan lokal dimasa lalu.

Hasta Brata Di Negara Basa-Basi

Bisa dibilang Hasta Brata adalah wejangan turun temurun dari leluhur hingga ke generasi millenial saat ini. Kenapa kata-kata itu tidak familiar di telinga? Karena bahasa yang digunakan adalah bahasa Sansekerta yang diambil dari kitab Hindu Manawa Dharma Sastra. Hasta sendiri artinya delapan dan Brata yaitu perilaku kita dalam bersosialisasi. Wejangan dari leluhur tentang delapan unsur alam yang ada di semesta raya diawali dari unsur bumi, lalu matahari, api, samudra, langit, angin, bulan, dan bintang. Semua unsur tadi mempunyai filosofi sendiri untuk menjalani kehidupan.

Saya kutip filosofi delapan unsur tadi agar kita dapat merenung dan menjadi sosok yang ideal seperti itu. Apalagi untuk menjadi seorang pemimpin.

Quote:


Hasta Brata Di Negara Basa-Basi

Tergambar dimana dari Hasta Brata ini yang menjadikan nenek moyang kita mengagungkan sopan santun, kerendahan hati, tepa selira, ramah tamah, saling menolong, peduli dengan orang lain yang bisa kita bilang kesopanan ini dinilai dengan tata cara kita bicara hingga menjadikan negara kita sebagai negara basa-basi. Namun sayang unsur api dengan sifat yang tegas dan keras seakan sering terbungkam dengan uang.

Hasta Brata Di Negara Basa-Basi


Pertanyaannya apakah negara kita akan tetap seperti ini? Atau dimasa depan nanti akan berubah haluan, karena dengan banyaknya basa-basi nilai point yang penting terutama untuk para pemimpin sering sekali ingkar janji dengan selimut basa-basi agar terlihat suci, sopan dan menyejukkan?

Hasta Brata Di Negara Basa-Basi

Monggo apa tanggapanmu dengan hal ini, semoga apa yang dilakukan negara ini adalah yang terbaik untuk rakyatnya. Salam, saya c4punk see u next thread.




emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Hasta Brata Di Negara Basa-Basi
Hasta Brata Di Negara Basa-Basi
Hasta Brata Di Negara Basa-Basi

GIF

Kunjungi blog grup kompak di kaskus, klik banner dibawah ini.


Hasta Brata Di Negara Basa-Basi











profile-picture
profile-picture
profile-picture
majorminor666 dan 40 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 2
Nice trid emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Mau merenung dulu biar bisa menghayati ajaran hasta brata enih yaakemoticon-Nyepi

Ajaran ini mengalahkan ilmu Avatar yang hanya menguasai 4 ilmu penjuru alam ; bumi, air api dan udara. Jika ada yang bisa menguasai ajaran hasta brata, maka dialah Avatar yang sesungguhnyaemoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
profile-picture
latsyrc dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


emoticon-Nyepi

Quote:


Yup lebih hebat dari avatar ini kalau jadi emoticon-Leh Uga
profile-picture
muyasy memberi reputasi
aku benci basabasi busuk emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Andai pemimpin negara ini menguasai hasta brata tersebut, maka nyatalah jika kita tinggal di dalam serpihan surga. Tapi, entah kapan? atau mungkin gak akan pernah?🥺🥺
Btw, aku paling gak bisa basa-basi
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Masalah utamanya walau kita tahu seharusnya mengikuti : 'Fathul Mekkah' kita masih selalu berharap pada 'Bratayuda Jayabinangun' sebagai pencapaian hidup tertinggi ....
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tenang bray hasta brata udah mulai ditinggalkan, kita menuju indonistan...
emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan latsyrc memberi reputasi
Diubah oleh apollion
Indonesia adalah negara yang penuh dengan basa-basi
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Diubah oleh rfebrian
ada saat nya berbasa basi
ada saatnya langsung to the point
semua punya moment masing2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 2 lainnya memberi reputasi
om capunk, ocil ingin jadi api yang melelehkan hatimu ekeekkesk
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pada akhirnya nanti juga banyak yang to the point tapi kapan akhirnya ? emoticon-Bingung

Demo and drama pengadilan berzilit2 aja pakai basa basi juga .. apa gunakan itu ato bijimana gak paham emoticon-Selamatemoticon-Traveller
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Diubah oleh suekethos
Apakah basa basi sama dengan banyak bacot ?
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
males baca cuma scroll2 aja
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Perasaan dulu udh ada trit mengenai hasta brata dehh, sempat HT juga. Tapi gakpapa lah biar yg lain tau juga. Kalo untuk pemimpin agak susah kalo harus full hasta brata, pasti ada beberapa brata yg gak terpenuhi
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan kaiharis memberi reputasi
Losta mastaaa emoticon-Belgia
Orang yang awalnya cuma chat "apa kabar?" pasti ga ane bales, soalnya ujung2nya cuma mau minjem duit emoticon-Gregetan
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
"p" kalo nge WA
basa basi banget setanemoticon-Leh Uga

gak suka banget basa basi, ujungnya juga banyak mojokin ornag
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Wahh dalem nih mbah emoticon-Matabelo
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
basa basi udah jadi ciri khas di mari gan, aneh aja kan kalo di jalan ketemu tetangga tapi pura" gak kenal. ane juga baru tau ada ada filosofinya yak
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ini nih ajaran kejawen atau ajaran hindu budha sih gan?heheheh tapi keren yak tentang hasta brata ini heheheh
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Wkwkwk orang sunda tuh terkenal dgn basa basi nya,,
Ada temen datang gw di ajak ngobrol dan wow serasa di ajak berkeling indonesia mendengar dia pergi kesana kesini kesitu,..setelah 2jam an dia ngomong sebenarnya gw kesini tuh mau.......







































MINJEM DUIT BRO...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di