CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
5 Strategi Pemasaran Hotel yang bisa Anda Lakukan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efaa17b9a972e2d406e9393/5-strategi-pemasaran-hotel-yang-bisa-anda-lakukan

5 Strategi Pemasaran Hotel yang bisa Anda Lakukan

5 Strategi Pemasaran Hotel yang bisa Anda Lakukan

Anda adalah pengusaha hotel? Sedang bingung memikirkan cara meningkatkan tingkat okupansi hotel Anda? Nah 5 strategi pemasaran hotel yang akan kami bagikan ini dapat membantu Anda mengatasi hal itu!

Memang mengelola bisnis hotel tak segampang yang dipikirkan. Persaingan di dalam usaha ini memang sangat dinamis, mengingat selain banyak pemain besar dari jaringan hotel internasional, masih ada pula jaringan bisnis hotel seperti AirBnb, Airy, Oyo, RedDoorz dan lain sebagainya.

Nah berikut kami bagikan 5 strategi pemasaran hotel yang dapat Anda praktekkan untuk mengembangkan bisnis hotel Anda. Let’s start!

1. Gandeng Vendor Terkenal
Anda dapat menggandeng vendor yang sudah popular dan memiliki brand yang kuat, seperti Starbuck untuk membuka gerai mereka di hotel Anda. Atau mungkin karaoke Happy Puppy ataupun Inul Vista. Bisa juga restoran lokal ataupun jaringan resto fast food seperti McDonalds atau KFC.

Selain menambah fasilitas di tempat usaha Anda, adanya vendor terkenal di sana merupakan daya tarik tersendiri bagi konsumen yang ingin tinggal di hotel Anda.

2. Promosi yang Menarik dan Spesifik

Promosi merupakan salah satu 5 strategi pemasaran hotel yang sudah jamak dilakukan. Namun perlu diingat bahwa promosi Anda sebaiknya spesifik dan terarah agar bisa tepat sasaran.

Satu hal yang bisa direncanakan adalah dengan melakukan promosi pada setiap hari-hari libur besar nasional dan hari-hari ‘kejepit’. Promosi juga dapat dilakukan pada setiap weekend jika tingkat okupansi hotel Anda masih belum sesuai harapan.

Atau misalkan sedang musim pernikahan, Anda dapat berfokus pada promosi ballroom hotel Anda yang dipaketkan dengan sekian kamar dengan harga khusus. Momen-momen seperti periode ibadah puasa dapat juga dijdikan promo dengan paket buka puasa dan rate khusus bagi yang mau menginap.

3. Membership
Membuat sistem keanggotaan/membership juga merupakan salah satu 5 strategi pemasaran hotel yang cukup efektif. Anda dapat merancang periode membership mulai 3 bulan, 6 bulan, satu tahun atau bahkan lebih.

Berikan keuntungan yang menarik agar konsumen mau untuk meng-apply membership hotel Anda. Rate kamar yang lebih murah, upgrade kamar gratis, jasa laundry service gratis adalah beberapa contoh benefit yang dapat Anda sertakan dalam program membership tersebut.

Keuntungan lainnya, Anda akan mendapatkan pembayaran di muka. Dan semakin banyar member yang dapat Anda dapatkan, tingkat hunian hotel Anda akan dapat dipastikan selalu terisi.

4. Bekerja sama dengan Travel Agen
Bekerja sama dengan travel agen merupakan strategi berikut dari 5 strategi pemasaran hotel yang ampuh. Anda dapat meghubungi travel agen terkemuka, baik di kota Anda maupun kota-kota lain di Indonesia melalui e-mail.
Sebab biasanya selain mencari tiket, orang yang menghubungi travel agen sering pula mencari hotel di destinasi tujuan mereka. Perhatikan untuk selalu mengupdate promo Anda seperti pada poin kedua di atas secara berkala kepada para travel agen tersebut.
Berikan pula insentif yang menarik agar travel agen tersebut gencar merekomendasikan hotel Anda.

5. Bekerja sama dengan Maskapai Penerbangan
Anda dapat pula mengajukan hotel Anda sebagai tempat istirahat para crew dari maskapai penerbangan yang mendarat di kota Anda. Sediakan fasilitas antar-jemput gratis dari dan ke bandara, serta rate kamar yang khusus.
Bisa juga dengan membeli tiket maskapai tertentu, dapat mendapatkan diskon spesial bila menginap di hotel Anda, hanya dengan cukup menunjukkan boarding pass maskapai tersebut.

Demikian 5 strategi pemasaran hotel yang kami bagikan kali ini. Terus lakukan strategi di atas secara konsisten agar usaha hotel Anda semakin maju dan berkembang.


Sponsor artikel: https://www.KonsultanMarketingSurabaya.com/
Diubah oleh AdiProfitMaker


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di