CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Studi Kasus 3x3=9 Sebagai 5 Strategi Pemasaran Disertai Penjelasannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efa9f7a9a972e3d906366b3/studi-kasus-3x39-sebagai-5-strategi-pemasaran-disertai-penjelasannya

Studi Kasus 3x3=9 Sebagai 5 Strategi Pemasaran Disertai Penjelasannya

Studi Kasus 3x3=9 Sebagai 5 Strategi Pemasaran Disertai Penjelasannya
Selamat berjumpa kembali! Dalam kesempatan ini, kami ingin membagikan tentang 5 strategi pemasaran disertai penjelasannya, bagi Anda para pelaku usaha/pebisnis yang mungkin mengalami kesulitan meningkatkan baik konsumen, omset maupun profir bisnisnya!

Dalam sebuah entitas bisnis, baik itu perusahaan kelas multinasional, ataupun usaha yang baru dirintis seperti UMKM, biasanya para pengusaha menaruh fokus mereka kepada COP. COP sendiri merupakan kependekan dari *C*ustomer, *O*mset dan *P*rofit.

Sayangnya, tanpa disadari, seluruh waktu, energi maupun biaya mereka hanya terpusat pada COP tadi. Padahal, bila kita pelajari lebih lanjut, COP hanyalah merupakan suatu hasil akhir. Untuk sederhananya dapat dilihat seperti ini:

3 x 3 = 9

9 disini bisa diartikan sebagai 9 konsumen, omset yang berada di angka 9, entah sembilan ratus ribu, sembilan juta, sembilan puluh juta, sembilan ratus juta dan seterusnya.9 bisa juga mewakili profit, sembilan persen atau nominal omset yang Anda inginkan.

Angka 9 itu sendiri, kalau dilihat merupakan hasil dari angka 3 dikalikan 3. Nah inilah yang sering tak disadari oleh pelaku usaha. Mari kita lihat 5 strategi pemasaran disertai penjelasannya berikut ini berdasarkan kasus 3x3=9 di atas.

1. Menambah Jumlah Pelanggan

Misal kita ambil contoh dalam hal jumlah pelanggan. Anggap saja Anda mempunyai 3 cabang, dan masing-masing cabang bisa mendapatkan 3 customer. Maka total konsumen Anda adalah 9 orang.

Tetapi, seandainya Anda mempunyai EMPAT buah cabang, dengan tiga konsumen per cabang, maka Anda sudah memiliki 12 konsumen. Sama juga ceritanya bila dengan 3 cabang yang Anda miliki sekarang, bisa meningkatkan jumlah konsumen menjadi 6 orang per cabang, maka Anda akan memiliki 18 pelanggan.

Sekali lagi perlu kami tekankan, 3x3=9, namun ketika angka ‘3’ itu Anda rubah menjadi lebih besar, otomatis hasil akhirnya akan menjadi lebih besar pula. Kalau berdasar contoh yang kami sebutkan di atas, adalah jumlah cabang usaha dan konsumen per cabangnya.

Entah Anda ingin meningkatkan jumlah cabang usaha Anda, atau jumlah konsumen per cabangnya, disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan bisnis Anda sendiri.

2. Meningkatkan Konversi

Apa itu konversi? Bagi Anda yang belum memahami, konversi adalah merubah CALON konsumen, menjadi pelanggan Anda. Analoginya seperti ini. Jika ada 100 orang yang melintasi toko Anda per hari, berapa banyak yang bisa Anda konversikan menjadi pelanggan yang membeli di toko Anda?

Sepuluh persen, berarti Anda punya 10 pelanggan. Dua puluh persen, maka Anda akan memiliki 20 konsumen. Bagaimana kalau lebih? Tentunya jumlah pelanggan Anda akan meningkat secara sendirinya.

Dari sini Anda mungkin bisa mengetahui, bahwa semakin banyak calon konsumen yang dapat Anda konversikan menjadi pembeli, merupakan salah satu dari 5 strategi pemasaran yang akan meningkatkan jumlah COP dalam bisnis Anda.

3. Meningkatkan Jumlah Belanja per Konsumen
Strategi berikut dari 5 strategi pemasaran, adalah dengan menaikkan nominal jumlah belanja konsumen Anda. Kembali kepada contoh 3x3=9 di atas. Bila kali ini kita menjadikan angka 3 pertama sebagai jumlah konsumen, sedang angka 3 berikutnya adalah jumlah barang yang dibeli oleh mereka, kita dapat dengan mudah menaikan omset dan profit dengan cara menaikkan jumlah pembelajaan per pelanggan.

Bila jumlah barang yang dibeli menjadi 4 item, maka hasil akhirnya adalah 12. Jumlah belanjaan 5 item, maka omset akan meningkat menjadi 15 dan seterusnya.

4. Meningkatkan Repeat Order Pelanggan
Kembali lagi kepada 3x3=9. Kali ini kita akan menganalisa, jika angka 3 yang pertama adalah jumlah pelanggan, dan angka 3 berikutnya adalah seringnya mereka berbelanja di tempat Anda dalam satu periode buku.

Jika Anda dapat membuat mereka belanja satu kali lebih banyak saja, Anda telah menaikkan jumlah omset dari 9, menjadi 12, yang artinya kenaikan sebanyak 30 persen lebih. Dahsyat bukan?

Untuk mengetahui bagaimana cara terbaik meningkatkan repeat order pelanggan, Anda dapat menghubungi kami. Kami siap untuk membantu Anda mempraktekan 5 strategi pemasaran di atas!

5. Promosi
Langkah terakhir dari 5 strategi pemasaran yang berikut, adalah dengan promosi. Tujuan dari promosi ini adalah untuk meningkatkan jumlah calon pembeli. Cara paling ampuh adalah dengan berpromosi di tempat yang tepat.

Dengan memilih segmentasi, ataupun lokasi promosi yang tepat, Anda telah secara spesifik memilih para calon konsumen yang membutuhkan produk/jasa Anda. Conothnya, menjual rantang makanan di area bazar makanan, akan lebih mendatangkan omset dibanding menjual peralatan teknik di tempat yang sama.

Demikianlah artikel mengenai  5 strategi pemasaran disertai penjelasannya yang telah kami berikan. Semoga bisa berguna untuk Anda pelajari! 


Sponsor artikel: https://www.KonsultanMarketingSurabaya.com/
Diubah oleh AdiProfitMaker


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di