CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 Profesi Pada Zaman Dulu Yang Buat Kalian Bersyukur Hidup Dizaman Sekarang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efa9f21365c4f7084178ad4/5-profesi-pada-zaman-dulu-yang-buat-kalian-bersyukur-hidup-dizaman-sekarang

5 Profesi Pada Zaman Dulu Yang Buat Kalian Bersyukur Hidup Dizaman Sekarang

Semakin majunya zaman membuat segala hal menjadi lebih mudah, aman dan cepat. Perlahan-lahan kegiatan manusia mulai tergantikan. Meski begitu sebelum ditemukannya alat bantu tersebut, manusia sangat menderita dalam menjalani profesinya dan akan membuat kita bersyukur hidup dizaman sekarang. Berikut 5 profesi dimasa lalu yang akan membuat kalian bersyukur hidup di masa sekarang :



5. Pengumpul Pipis Kuda

5 Profesi Pada Zaman Dulu Yang Buat Kalian Bersyukur Hidup Dizaman Sekarang

Pada zaman dahulu tenaga medis Canada membutuhkan pipis kuda untuk diambil estrogennya. Pada zaman itu estrogen digunakan untuk dijadikan obat menopause. Sehingga muncullah profesi pengumpul pipis kuda. Namun tidak semua kuda bisa dimanfaatkan urinnya, hanya kuda betina yang sedang hamil saja yang bisa digunakan.

Jadi para pengumpul pipis kuda ini akan berada di sekitar kuda-kuda betina sambil menunggu kuda mana yang akan pipis. Menjalani hal ini sebagai profesi membuat mereka sudah hafal terhadap kuda mana yang ingin pipis. Jadi begitu kuda itu ingin pipis, mereka berlari ke arah kuda itu dan meletakkan ember di dekat kelaminnya. Meski terdengar ane dan cukup menjijikan, profesi ini hanya mendapatkan upah yang kecil. Selain itu dibutuhkan banyak kuda untuk mengisi satu ember. 

4. Pemilah Batu Bara

5 Profesi Pada Zaman Dulu Yang Buat Kalian Bersyukur Hidup Dizaman Sekarang

Di zaman sekarang tentu kalian sering melihat anak kecil sudah menggunakan telepon genggam untuk bermain bersama temannya. Di zaman dulu ada sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh anak usia 8 hingga 12 tahun. Mereka bekerja disebuah tambang untuk memilah batu bara selama 12 hingga 14 jam.

Pekerjaan tak manusiawi ini membuat tubuh mereka berlapis debu batu bara. Bahkan saat mereka menghembuskan nafas, debu berwarna hitam sering keluar dari dalam hidungnya. Tak hanya itu, kecelakaan seperti tangan tergores mesin, terpotong atau patah tulang sering terjadi di tempat itu. Ada pula yang harus meninggal di tempat karena terjatuh ke mesin giling. Mayoritas bagi pekerja yang bertahan hingga tua akan mengalami cacat permanen pada punggungnya karena membungkuk dalam waktu yang lama.

3. Penjahit Buku

5 Profesi Pada Zaman Dulu Yang Buat Kalian Bersyukur Hidup Dizaman Sekarang

Pada zaman dahulu, perusahaan buku memperkerjakan orang untuk menjahit bukunya. Pekerjaan ini dilakukan oleh para perempuan dengan menggunakan mesin. Sebenarnya mesin ini digunakan untuk menggantikan cara penjahitan buku yang dulu dilakukan secara manual. Akan tetapi mesin penjahit buku ini juga memberi dampak buruk bagi operatornya. Banyak yang telah menjadi korban dari mesin jahit tersebut akibat operatornya lengah sehingga membuat jari mereka ikut terjahit. Efeknya mereka harus merelakan jari-jemarinya itu untuk diamputasi.

2. Penggali Kanal

5 Profesi Pada Zaman Dulu Yang Buat Kalian Bersyukur Hidup Dizaman Sekarang

neh.gov

Dulu saat Perancis membuat Terusan Panama (Panama Canal), dari 20.000 pekerja terdapat 5.600 pekerja meninggal dunia. Selain karena alat yang kurang memumpuni, penyebab kematian orang-orang itu dikarenakan penyakit kuning yang mereka derita. Bekerja dalam waktu yang lama ditambah kondisi udara yang kurang baik membuat mereka banyak yang terserang penyakit dan akhirnya meninggal dunia.

1. Fire Knocker

5 Profesi Pada Zaman Dulu Yang Buat Kalian Bersyukur Hidup Dizaman Sekarang

Pada zaman dulu saat kereta api masih menggunakan tenaga batu bara ada sebuah profesi yang dikenal sebagai Fire Knocker. Tugasnya bisa terbilang simple tapi berat. Mereka bertugas untuk mendinginkan mesin kereta yang baru tiba di stasiun, kemudian mengisi bahan bakar kereta itu dengan batu bara. Namun sayangnya pada zaman itu keselamatan kerja belum begitu penting sehingga banyak pekerja yang tidak menggunakan alat pelindung diri. Akibatnya sering terjadi kecelakaan kerja yang dialami oleh para fire knocker. Bahkan ada yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja disana.

Itulah 5 profesi yang ada dizaman dahulu dan bisa membuat kita lebih bersyukur tinggal dizaman sekarang. Seandainya kalian hidup dizaman itu, profesi mana yang akan kalian pilih?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kuerangi dan 2 lainnya memberi reputasi
reserved
pekerjaan yang bener bener menguras fisik....
pekerjaannya menguras fisik banget ya,makanya zaman sekarang harus disyukuri dengan apa yang ada
Pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus
emoticon-Matabelo
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
Jaman dulu keras bre emoticon-Smilie
Quote:


Quote:


iya gan
menguras tenaga banget
ga bisa ngebayangin capeknya kayak gimana
Lihat 2 balasan
pipis kuda jaman dulu dikumpulin? mantabbb, sampek sekarang masih?
emoticon-Bingung emoticon-Bingung
Quote:

dan tenaga ekstra

Quote:

jaman sekarang juga keras gan
Jaman dulu kerjaannya ngeri2 yak. Pipis kuda juga ngapain dikumpulin sih. Suruh pipis di botol akua aja kek emoticon-Matabelo
Quote:

capek dan menderita pastinya

Quote:

gatau emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di