CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Curhat Bos Pertamina: Tidak Nyaman Diserang Turunkan Harga BBM
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efa92d78d9b175b9848dd74/curhat-bos-pertamina-tidak-nyaman-diserang-turunkan-harga-bbm

Curhat Bos Pertamina: Tidak Nyaman Diserang Turunkan Harga BBM

Curhat Bos Pertamina: Tidak Nyaman Diserang Turunkan Harga BBM Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Curhat Bos Pertamina: Tidak Nyaman Diserang Turunkan Harga BBM
Jakarta -Desakan untuk menurunkan harga BBM rupanya membuat Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati tidak nyaman. Terlebih, banyak orang meminta BBM turun.
Hal itu diungkapkan Nicke saat rapat dengan Komisi VII DPR, Jakarta, Senin kemarin (29/6/2020).

"Pak tidak nyaman pak diserang-serang oleh semua orang kenapa BBM tidak turun, terus terang bu, tadi kan ada mempertanyakan masa memproduksi BBM sendiri lebih mahal dibanding beli, faktanya demikian bu," kata Nicke.

Dia mengatakan, harga BBM impor beberapa waktu lalu harganya lebih murah dibanding impor minyak mentah. Padahal, impor minyak mentah juga mesti ada tambahan ongkos untuk produksi.

"BBM impor itu harganya bisa lebih murah dibanding impor crude padahal kita harus ada production cost. Faktanya begitu. Kemarin-kemarin, sekarang sudah mulai normal," ujarnya.

Menurutnya, Pertamina bisa saja untung hanya dengan berdagang atau trading. Tapi, itu tidak dilakukan karena Pertamina ialah BUMN.

"Kalau sebelumnya ada spread, ini boro-boro, spread negatif. Jadi sebetulnya bagi Pertamina tutup kilang, tutup sumur itu beli aja jadi trading company lebih menguntungkan. Tapi kan kita BUMN," ungkapnya.

Menurutnya, jika menutup kilang hingga sumur maka akan memberikan dampak besar. Ia mengungkapkan, dampak di antaranya matinya industri turunan hingga dampak ke pekerja.

"Kalau itu kita tutup itu kan seperti bangunan runtuh, industri turunannya ikut mati, 80 ribu pekerja langsung, kalau tidak langsung 800 ribu, malah juta. Itu juga akan ikut mati. Tapi memang pemahaman ini tidak semua orang memahami," ungkapnya.


Tahun depan BBM masih subsidi?

Sementara, Komisi VII dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif menyetujui asumsi energi makro dalam RAPBN 2021. Asumsi tersebut terdiri dari harga minyak Indonesia (Indonesia Crude Price), lifting migas, volume BBM dan elpiji subisidi, subsidi solar, dan subsidi listrik.

Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto menyatakan bahwa asumsi makro yang telah dibahas DPR dan pemerintah sejak Jumat lalu telah disetujui untuk ditetapkan.

"Komisi VII setujui asumsi makro energi dalam RAPBN 2021, sesuai dengan tabel berikut. Apakah asumsi dasar dapat disetujui? Disetujui," ungkap Sugeng di ruang rapat Komisi VII DPR, Senin (29/6/2020).

Asumsi yang diterapkan antara lain, untuk harga ICP ditetapkan di rentang US$ 42-45 per barel. Kemudian secara total lifting migas ditargetkan mencapai 1,68-1,72 juta BOEPD per hari, dengan rinci untuk target lifting minyak sebesar 690-710 BOPD per hari dan lifting gas sebesar 990-1,01 juta BOEPD.

Kemudian, volume BBM bersubsidi sebanyak 15,79-18,30 juta KL. Rinciannya, untuk subsidi minyak tanah volumenya sebesar 480-500 ribu KL dan subsidi minyak solar sebesar 15,3-15,80 juta KL. Sementara untuk volume subsidi elpiji 3 kg ditetapkan sebesar 7,5-7,8 juta metrik ton.

Lalu subsidi listrik ditetapkan sebesar Rp 50,47-54,55 triliun. Terakhir untuk subsidi BBM jenis solar ditetapkan sebanyak Rp 500 per liter.

Angka asumsi ini masih belum final, nantinya hasil kesepakatan antara Kementerian ESDM dengan Komisi VII akan dibahas di Badan Anggaran DPR RI.

SUMBER


Tuh drun.. udah d jelasin.. emoticon-Malu (S)

Kalo nanti pertamina hulu ada lay-off demi harga BBM turun ujung2nya kadrun nyalahin jokowi dan ahok juga.. emoticon-Ngakak (S)

Dasar kadrun.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
Halaman 1 dari 2
"Kalau itu kita tutup itu kan seperti bangunan runtuh, industri turunannya ikut mati, 80 ribu pekerja langsung, kalau tidak langsung 800 ribu, malah juta. Itu juga akan ikut mati. Tapi memang pemahaman ini tidak semua orang memahami," ungkapnya.



masalahnya kan takut nanti banyak pgw pertamina yg dipecat

lah yg udah dipecatin dr swasta brp banyak ? kenapa ga kasian sekalian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daroi
Lihat 16 balasan
makanya ahok tuh di pertamina cuman magabut.. kerja ngawasin doank.. yg penting digaji sebulan.. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
gakl yakin pabrik jalan dan ada karyawannya.
paling karyawan cuma 1/10 dari kenyataan.

brg impor, ditaro dipabrik kayak Esemka

sisanya cuan lah
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan valkyr7 memberi reputasi
Diubah oleh marvelrt
Ahok mengamankan Direktur, omongannya ttg gaji, bukan ngomongin harga bbm turunemoticon-Wakaka
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
Owh jadi produksi sendiri lebih mahal dari pada beli di luar emoticon-Ngacir2emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ernestodelasema dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
maksudnya gimana ya? nyelamatin pegawai pertamina tapi ngorbanin rakyat se-indonesia?
serius nanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sebagai rakyat kita gak mau tahu.... Fungsi pemimpin yg dibayar rakyat adalah menciptakan rakyat sejahtera.....


Pemimpin yg ada skr banyak mengeluh jika dihadaokan hal susah.. Dan rakyat disuruh memahami.


Trs fungsi kita bayar i mereka itu apa??????

profile-picture
profile-picture
profile-picture
helladare dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kenapa dirut perusahaan tambang pertamina cewek mulu.
Emangnya dia pernah menambang minyak??

profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
kalo gitu dia pasti sensi sama puan

karna tuh orng paling vokal pas zaman pemerintahan sby.,.ampe nangis²..
sekarang mingkem..
web revolusi mental yg ratusan milyar juga gak ada ceritanya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
rugi terussss
ngakunya
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan valkyr7 memberi reputasi
Kadang gue ngeliatnya beneran gak fair.
Dikala harga tinggi konsumen disuruh maklum
Dikala harga jatuh, tapi gk mo nurunin, konsumen juga disuruh maklum

Efek dari keputusan yang salah juga harus ditanggung konsumen.

Padahal yang menjabat itu wong pinter semua. Bukan kelas tukang becak. Jadi ngapain ada yang ngurus kalau konsumen juga disuruh ikutan mikir.

Premium dan biosolar itu gak perlu turun. Tapi katanya pertamax dkk yang udah non subsidi mosok gak ikutan harga pasar? Piye?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Meskipun harga skrg lebih murah impor, tp ttp bumn harus bisa produksi sendiri, baru turun sebentar tapi udah mau tutup pabrik? mau negara Indonesia dimainin ky venezuela? bbm bentar naik bntr turun, ambruk itu negara krn pendapatan negara mayoritas dari bbm dan ga jelas naik turunnya dimainin negara lain emoticon-DP
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
Diubah oleh handratas
cuma indonesia yg ribet klo nurunin harga minyak alasannya ini itu. toh negara2 lain yg nurunin minyak aman2 aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh samudra6969
Lihat 4 balasan
mana gebrakanmu hok.....jgn mau kalah sama kadrun di prrtamina....
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
Intinya semua bumn rugi melulu.ga pernah untung.karena harus subsidi rakyatnya.
Kalau ga mau subsidi rakyat lagi.ya udah bubarin aja semua.
emoticon-Cool
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Tunggu aje minyak dunia naik, ga akan ragu pasti lgsg dinaikin jg dimari, artinya elu rakyat mati aja deh semua kita disuruh mikir sndiri usaha sndiri maklumin kegoblokan anjing2 yg kita gaji emoticon-Leh Uga

Dan jgn coba2 protes tar lu dibuly atau ditangkep silop emoticon-Leh Uga

Indahnya negeri ini semenjak dikuasai Merah, separo kominis separo kapitalis, sayangnya diambil yg ga enaknya aja emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anuku20cm dan 2 lainnya memberi reputasi
maaf
kami jg tidak nyaman karena tidak pernah ada transparan dari harga BBM
Setau gue nih, dalam aturan Keputusan Menteri ESDM 62K/12/MEM/2020, penetapan harga jual eceran BBM mengikuti acuan MOPS/ICP berdasarkan harga 2 bulan sebelum tanggal penetapan.

Oh iya, kalo ga salah Pak Rudi Rubiandini pernah mengeluarkan statement sih di bulan April.

Quote:


Kalo Keputusan Menteri ESDM 62K/12/MEM/2020 masih digunakan, mestinya sih harga ya sesuai apa yang dikatakan Pak Rudi, tapi ga ngerti deh Pertamina ngambil keputusan dan kebijakannya gimana emoticon-Leh Uga
Diubah oleh ernestodelasema
Lihat 1 balasan
"BBM impor itu harganya bisa lebih murah dibanding impor crude padahal kita harus ada production cost. Faktanya begitu. Kemarin-kemarin, sekarang sudah mulai normal,"

Yang ane tangkep, impor BBM siap pake lebih murah dibanding impor minyak mentah terus diolah jadi BBM di dalam negeri, impor BBM siap pake juga lebih murah dibanding ngolah minyak mentah hasil kilang sendiri. Terus pertamina tetep pertahanin ngolah crude oil demi keberlangsungan industri. Bener ga?

ane jadi bingung kenapa negara luar bisa ngolah crude oil jadi BBM dengan biaya lebih murah dibanding disini?
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Bos pertamina, tapi gak glowing2 +1 dari ane emoticon-Leh Uga
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di