CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Pengakuan Mantan Manajer Aktor Lee Soon Jae, Kerap Diperlakukan Seperti Pembantu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efa8ac068cc9568cf4a4f62/pengakuan-mantan-manajer-aktor-lee-soon-jae-kerap-diperlakukan-seperti-pembantu

Pengakuan Mantan Manajer Aktor Lee Soon Jae, Kerap Diperlakukan Seperti Pembantu

Pengakuan Mantan Manajer Aktor Lee Soon Jae, Kerap Diperlakukan Seperti Pembantu
sumber : Soompi

Aktor veteran asal Korea Selatan, Lee Soon Jae dikenal sebagai legenda dan idola di industri hiburan Korea. Ia memiliki karier yang produktif baik di televisi maupun film layar lebar. Namun, aktor yang dikenal sebagai legenda itu kini justru tersandung skandal dengan mantan manajernya. Mantan manajer Lee Soon Jae, sebut saja Mr.Kim mengaku tidak diperlakukan dengan benar dan dipecat tanpa alasan jelas selama bekerja dua bulan untuk Lee Soon Jae.

Awalnya, Mr.Kim mengaku mendapatkan pekerjaan itu usai melamar secara online lewat sebuah website. Ketika ia diterima, ia sangat antusias karena akan bekerja dengan aktor top. Namun, pada akhirnya ia sadar jika pekerjaannya tak lebih dari seorang pembantu daripada seorang manajer. Di samping mengerjakan pekerjaan seorang manajer, Kim mengklaim jika dia harus membereskan urusan-urusan keluarga Lee Soon Jae. Istri Lee Soon Jae pernah memintanya untuk mengatur sampah daur ulang, datang ke apartemen untuk mengangkat barang berat hingga mengantarkan pakaian ke laundry, dll.

"Kami masih jet lag, jadi kami tidak bisa mengeluarkan sampah daur ulang saat keluar, kami mengantuk dan lelah."

"Kapan kamu datang? pengantar air datang dan kamu harus membawanya masuk jadi masuklah ketika kamu sampai.

"Kamu tidak mengambil sendalku kan? jika mereka meminta uang, jangan berikan pada mereka, aku sudah membayarnya," begitulah deretan perkataan istri Lee Soon Jae yang diungkapkan oleh Mr.Kim.

Hal pahit lainnya, adalah ketika Kim gagal menyelesaikan tugas-tugas tersebut, istri Lee Soon Jae akan berteriak padanya dan mengatakan jika apa yang dia bilang adalah sebuah hukum. Istri aktor veteran itu juga dengan terang-terangan menyebut Mr.Kim bodoh dan idiot. Mr.Kim semakin geram saat mengetahui jika mereka tak meminta cucunya yang sudah besar untuk melakukan tugas-tugas rumahan itu dan malah seolah menjadikan Mr.Kim seperti pembantu.

"Mereka memiliki cucu. Dia memiliki tubuh yang besar tapi tidak pernah menyuruhnya melakukan hal-hal itu, aku yang harus melakukannya bahkan untuk tugas terkecil. Mereka tidak menganggapku sebagai manajer. Mereka menganggapku sebgaai seorang pembantu," cerita Mr.Kim.

Setelah dua bulan bekerja untuk Lee Soon Jae, Kim mengaku hanya memiliki 5 hari untuk istirahat. Rata-rata dia bekerja selama 55 jam seminggu, termasuk akhir pekan. Tapi, dibanding  jam kerja yang panjang, dia merasa tidak mendapatkan bayaran yang benar. Ia dibayar sekitar 1.500 dollar AS atau sekitar Rp 21,3 juta sebulan.

"Itu sangat sulit, aku bahkan menghentikan mobil dan menangis beberapa kali. Aku heran apa aku telah melakukan kesalahan," tuturnya.

Cerita Mr.Kim semakin perih saat ia akhirnya dipecat setelah dua bulan bekerja hanya karena mengeluhkan soal asuransi kesehatan yang tak didapatnya dari perusahaan pada istri Lee Soon Jae. Ia ingin bertarung dengan pihak perusahaan tapi ia ada dalam posisi kurang menguntungkan. Pasalnya, ia tak pernah menandatangani kontrak secara resmi dengan perusahan itu. Ia pun mencoba mendekati Lee Soon Jae untuk menyelesaikan masalah ini. Tapi, ia malah mendapatkan jawaban yang menohok dan mengecewakan. Lee Soon Jae mengatakan jika semua pekerjanya dianggap sebagai keluarga. Para pekerja sebelum Kim bahkan tidak ada masalah untuk melakukan tugas rumah tangga dan tak mengeluhkan kebutuhan akan asuransi kesehatan.

"Sejujurnya orang-orang yang bekerja sebelum kamu melakukan semuanya juga. Meski itu diluar pembagian kerjanya, mereka menolon kami dengan (tugas rumah tangga) juga. Setiap orang yang pernah bekerja denganku sebelumnya, semua bekerja tanpa asuransi kesehatan yang kamu keluhkan. Dan mereka bekerja denganku selama lebih dari setahun. Seiring berjalannya waktu kami menjadi seperti keluarha, kadi kami memahami satu salam lain dai itu bukan sebuah masalah," ungkap Mr Kim terkait jawaban Lee Soon Jae padanya saat itu.

Sementara itu, perusahaan yang memberi pekerjaan pada Kim mengatakan jika mereka tidak bersalah kecuali dalam satu hal yakni tidak melakukan penandatanganan kontrak kerja resmi dengan Mr.Kim. Mereka juga beralasan jika asuransi kesehtan sangatlah sulit diberikan karena mereka hanya perusahaan kecil yang dijalankan oleh 5 pegawai.Meski begitu, hal yang dilakukan oleh Lee Soon Jae dan perusahaan yang menaunginya tersebut tidaklah benar secara hukum. Berdasarkan hukum yang ada, seseorang yang bekerja lebih dari 15 jam seminggu butuh diberikan asuransi kesehatan oleh perusahaan. Kementrian pekerja dan buruh pun kini dikabarkan tengah menyelidiki kasus Mr.Kim ini. Sementara itu, pihak Lee Soon Jae memberikan pernyataan jika Mr.Kim terlalu melebih-lebihkan cerita dari sisinya. Ia mengakui jika beberapa hal memang benar, tapi itu terlalu dilebih-lebihkan. Lee Soon Jae pun berniat melakukan sebuah konferensi press untuk meluruskan kesalahpahaman yang ada dari cerita tersebut pada 2 Juli mendatang.

"Selama 2 bulan dia bekerja, istri saya mengajukan permintaan pribadi sekitar 3 kali. Setelah mengetahui itu, saya menyuruhnya untuk berhenti. Saya juga telah meminta maaf kepada (Mr. Kim) tentang itu.

Dia menggunakan frasa, "kehidupan seorang pembantu", di berita, tetapi itu tidak benar. Saya berusia pertengahan era80-an dan sudah lebih dari 60 tahun sejak saya debut. Apakah itu berarti saya telah memperlakukan manajer saya sebagai pembantu selama ini?

Tuan Kim memang pernah berbicara dengan saya tentang asuransi kesehatan sebelumnya, tetapi semua perekrutan dan perawatan manajer ditangani oleh perusahaan, jadi saya mengatakan kepada perusahaan untuk mendengarkan apa yang dikatakan Tuan Kim.

Jika saya melakukan sesuatu yang salah, saya akan meminta maaf tetapi saya akan mengungkapkan semua kesalahpahaman yang berlebihan pada konferensi pers pada 2 Juli," jelas Lee Soon Jae.


Kalau apa yang dibilang Mr.Kim benar, ini sih udah melanggar hak pekerja sih, gimana menurut gan sis?

Sumber : Koreaboo
profile-picture
delia.adel memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di