CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Lo Penulis? Tapi Blom Tentu Penulis Sukses!!🤪
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efa2f2f10d29537211ac862/lo-penulis-tapi-blom-tentu-penulis-sukses

Lo Penulis? Tapi Blom Tentu Penulis Sukses!!🤪

emoticon-I Love KaskusEmang bakat itu bisa diasah dari hobi. Jadi kalo lo gak berbakat jadi penulis tapi punya hobi nulis maka bisa banget kelak lo jadi penulis. Hehe tapi blom tentu penulis yang sukses yaaa...😃😃 loh kok gitu? Oke gini kalo karya tulis agan aganwati sekalian udah sering ht ( ada api berkobarnyah... ) atau minimal sering kirim dan banyak pembacanya walaupun blom tentu lolos review. Jadilah agan penulis. Tapi yah cuma seorang penulis. Blom penulis yang sukses yaa. Nah kalo contohnya begini : agan udah sering nulis jadi ht truz udah sering banget tukar koin dari kaskuskreator. Trus lagi garap penulisan artikel untuk produk.... yang bayarannya lumayanlah 500 per kata sedangkan artikelnya kira kira ada 5 artikel dlm proyek tersebut. Tiap artikel kurleb 2500 kata.. ajib ini baru penulis sukses blom lagi dapat dari web lain pojok.kok ( sorry disamarin ya gan ). Yang kalo dimuat sekali muat 200rb. Kata kata yang dia tulis bisa buat membiayai hidupnya. Tulisannya bisa jadi duit itu gan yang ane maksud sebagai penulis sukses. Sepakat gan ?... Lo Penulis? Tapi Blom Tentu Penulis Sukses!!🤪
Gambar diambil dari medium.com

Inget gan bakat itu 10% pemberian Tuhan sisanya minat kegigihan fokus serta ketekunan = sukses. Gitu kata guru ane, jadi modal hobi aja bisa banget lo jadi sukses.loh jadi jadi gw si penulis beken dengan rank tinggi di kaskus belum lo anggap sukses? Sabar gan emang sukses itu beda beda buat sebagian orang bukan melulu uang atau nilai. Ada orang yang sukses mewujudkan impiannya tinggal dikutub utara. Lah kan bukan uang. Tapi sukses yang ane maksud itu ketika kita seorang penulis bukan hanya menulis berbagi ilmu namun dapat menafkahi diri sendiri dan orang orang yang kita sayang. Lah tolak ukur duniawi untuk menafkahi adalah duit, hepeng, fulus, money. Jadi sepakat kan sama opini ane tersebut. La elah daripada gundah dimari dibilang blom sukses, hayok dah kita bahas satu persatu jalan yang mungkin bisa kita tempuh untuk jadi penulis sukses. Monggo gan, pilihan apa aja yang bisa bikin Kita sukses. Cekidot neh!emoticon-Hansipemoticon-Hansip

✍pertama gan, lo harus tetap produktif. Jadikan nulis di kaskus atau web langganan agan yang lain adalah kawah candra dimuka atawa sanggar ( istilahnya buat seniman )or sasana ( buat para petinju ) Tempat agan aganwati sekalian nemuin ide, melebur ide bahkan menemukan gaya kepenulisan agan. Tulisan resmi, Semi resmi, gaul atau tulisan nakal yang nyerempet bahaya bahaya dikit. Hajar aja. Cobain semua sampai ketemu klik jiwa kita model apa. Syukur banget kaskus luwes banget nata ruang gerak penulis biar gak mati tema atawa gaya.

emoticon-Ngamukemoticon-Ngamuk

✍kedua gan, jangan nyaman di posisi atas kaskus doang. Keluar gan dari zona nyaman agan. Mulai cari ring ( ibarat petinju ) buat adu pena, gan. Bukan buat berantem adu pendapat, menjatuhkan lewat tulisan bukan gitu gan. Tapi buat mulai menuhin celengan ayam agan. Mo jadi apa yak? Pasti deh gitu nanyanya. Lengkap gan monggo liat listnya. Enaknya mo jadi penulis model apa :

1.[B] Penulis buku.

Bikin karya spektakuler agan untuk buku. Lengkapi biografi, nara sumber atau sumber, narasi. Kirim ke penerbit. Google gak pernah pelit untuk ditanya. Kita akan jatuh bangun belajar lagi tapi jangan khawatir. Kaskus udah ngelatih kita. Apalagi yang harus disiapin selain kerja keras n pantang menyerah...

Dapet duitnya gimana tuh? penulis dapat 10 % dari harga buku ( dikutip dari kompasiana oleh abu fathan ) eceran diberikan per 6 bulan sekali. Nah laku gak lakunya tuh buku tergantung tajam nggak pena kita di ring penjualan buku. Karena hoki juga bermain disini. Tapi yup itu tadi demi sukses kenapa ngga kita nyemplung sekalian. Setuju gan?

2. bloger.
Lewat tulisan bikin blog agan semenarik mungkin. Bagikan ilmu untuk sesama dengan intens dan sungguh - sungguh. Kalo pengunjung blog agan aganwati sekalian banyak nanti iklan bisa masuk disitulah kesuksesan agan akan tercetak.

3. Editor.
Sebagai penulis pasti udah tau dong ejaan baku yang disempurnakan ilmu EYD itu bisa kamu pakai untuk ngelamar kerja jadi tukang edit. Editor buku, majalah atau artikel. Minat? Cari hayuk banyak kok yang butuh... duit keluar kalo hasil editan rampung sesuai jadwal. Kencleng bunyi dah tuh kesuksesan kita.

4. Content writer.
Banyak perusahaan yang membutuhkan orang untuk mengisi dan promosi produk dalam web site nya. Nah tugas content writer kurang lebih bahas produk menjelaskan guna produk atau promo yang berlangsung. Biasanya sistemnya freelance. Mari di coba gan!

5. Penulis kontributor di media on line. Selain kaskus dengan kaskuskreator nya coba cari disebelah gan web lain yang mau majang karya kita dibayar pula. Ada kan? ketemu kan? Kalo sumbernya banyak sukses mungkin banget diraihkan 😀😀😀!

[/6.Ghost Writer😱😱
Jangan berpikir buruk dulu, ghost writer bukanlah penulis hantu atau penulis yang menjadi hantu. Lebih tepatnya, ghost writer merupakan seorang penulis yang menyediakan jasa menulis artikel, cerita atau berbagai jenis tulisan lain tanpa mencantumkan namanya dalam tulisan tersebut. 

Biasanya ghost writer menerima proyek menulis dari orang dengan tema yang telah ditentukan. Tugasnya disini adalah ghost writer membantu pemesan tulisan untuk membuat sebuah tulisan dengan gagasan dari kliennya atau si pemesan.  ( yang ini dikutip dari cermati.com )

7. Jurnalis
Posisi paling keren buat penulis menurut saya. Kombinasi antara sosialisasi, reportase, tulisan. Buat yang suka tantangan, suka jalan,enak dipandang minimal berat badan n tinggi ideal monggo gan lamar langsung ke portal berita. Kerjaan seru menantimu!...

Kalo kerjaan penulis, karya terpajang... ilmu di bagi, kantong terjajar uang biru merah. ATM selalu keisi setelah kerjaan rampung, bisa nraktir teman, beliin mainan anak, sedekah, bisa ngasih mamah hadiah. Kan mak nyus tuh jadi penulis. 😜😜 so gan, masih stuck diem aja di kaskus? Atau dikaskus dan mengasah pena ditempat lain? Pilihan ada di agan aganwati sekalian tapi sukses dan bermanfaat untuk sesama sayang banget dilewatkan kalo punya hobi nulis✍. Sukses buat all penulis kaskus!!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan 6 lainnya memberi reputasi
2 pembaca pertama tararengkyu nya...
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan Richy211 memberi reputasi
coba bisikin gua dong medianya apa?
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Ane tukang ketik ajaa lah wkkwkw
ane baca Gan

ane terarik sama web yang namanya Sampeyan samarin itu lho😀

suka sama poin untuk asah pena dan keluar dari zona nyaman buat berantem

eak😀
profile-picture
Ichaghozali879 memberi reputasi
Ane udah banget coba IDN sama Detik. Buset sulit banget buat nembus dan dilirik sama moderator gan wk
Di kaskus masih babak belur

emoticon-Turut Berduka
Masih sangat menarik profesi sebagai penulis ini, bersyukur saya bisa merasakan sebagai penulis di media online.
Lihat 1 balasan
@yuki26 coba jg di detk


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di