CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fenomena Kuburan WarnaWarni, Sebuah Pergeseran Budaya Lokal?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efa0a0a28c9915727473e66/fenomena-kuburan-warnawarni-sebuah-pergeseran-budaya-lokal

Fenomena Kuburan WarnaWarni, Sebuah Pergeseran Budaya Lokal?

Mendengar nama kuburan atau makam, setiap orang pasti berkonotasi menyeramkan. Tentu saja karena komplek perkuburan yang selalu bersuasana sepi, kotor, cenderung gelap membuat setiap orang enggan singgah berlama-lama disana.

[ HT# 621 ]

Fenomena Kuburan WarnaWarni, Sebuah Pergeseran Budaya Lokal?

Sejauh mata memandang batu-batu nisan yang rata-rata kurang terurus membuat suasana semakin tidak sedap di pandang mata. Tapi kabar dari Karanganyar, Jawa Tengah dan baru-baru ini ada di Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur cukup mengejutkan karena banyak batu nisan di cat warna-warni seolah-olah ingin ikut pawai tujuh belasan.


Ternyata, di komplek perkuburan di sana bukan hanya batu nisan saja yang berubah warna, tapi beberapa sudut, lantai, hingga pagar ikut di cat warna-warni. Sebuah fenomena yang tidak biasa tentunya.

Padahal kalau kita menoleh sejarah ke belakang, bagi orang tua kita dulu kuburan terlebih sebuah komplek perkuburan adalah lokasi yang di keramatkan, dan menyeramkan!

Tapi sepertinya zaman telah berubah, ya meski trend mewarnai batu nisan tidak seluruh negeri ini melakukannya tapi tetap saja ini menjadi fenomena yang tidak biasa, bahkan saya yakin teman disini cenderung tidak setuju terlebih komplek pemakaman dijadikan lokasi wisata.

Fenomena Kuburan WarnaWarni, Sebuah Pergeseran Budaya Lokal?
kompas

Hm..., saya kok nggak habis fikir ya, kemana akal sehat mereka sampai-sampai lokasi tersebut dijadikan lokasi wisata, ujung-ujungnya akan jadi tempat maksiat terselubung, di jadikan swa foto dimana akibatnya batu-batu nisan akan terinjak-ijak dan rusak. Nggak lama akan ada pedagang cilok dan kawan-kawan bukak lapak disana. Astaghfirullah!

Kawan, dunia ini tidak sesempit yang di bayangkan, masih banyak lokasi yang lebih layak untuk di jadikan lokasi wisata, kenapa harus komplek perkuburan?

Fenomena Kuburan WarnaWarni, Sebuah Pergeseran Budaya Lokal?
bisnis

Kalau alasannya di cat warna-warni biar tidak menyeramkan tentu harus yang di benahi pertamakali adalah meningkatkan kadar iman kita, diusahakan dilakukan pembersihan, perawatan, dan pengelolaan yang lebih baik lagi agar tidak lagi menyeramkan.

Biarlah perkuburan menjadi sebuah identitas atau ikon sediakala, agar kita selalu ingat bahwa kematian itu begitu dekat dengan kita seperti membalikkan telapak tangan, agar kita selalu ingat melakukan kebaikan di dunia, agar kita selalu menghormati orang tua yang lebih dahulu meninggalkan kita, poro sepuh, dan pendahulu kita yang sudah tenang di sana. Jangan kau usik mereka, jika tidak maka jin qorin akan mendatangimu. Bagaimana menurutmu, kawan?


Fenomena Kuburan WarnaWarni, Sebuah Pergeseran Budaya Lokal?


Sebuah opini
Sumur. suara
Img.header. gugel

Fenomena Kuburan WarnaWarni, Sebuah Pergeseran Budaya Lokal?
Fenomena Kuburan WarnaWarni, Sebuah Pergeseran Budaya Lokal?
Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS


profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 7

Fenomena Kuburan WarnaWarni, Sebuah Pergeseran Budaya Lokal?

pertamax cuma untuk TS



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:





...
profile-picture
black_robo memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Kesannya jadi kurang menghargai sih.

Lebih bagus dipugar dan dijadikan warna selaras kalau dilihat dalam konteks seni (kebetulan ane bekerja di bidang itu)


========


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MyWildSide9 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
malem malem tetep aja serem
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Lebih ekstrim ini..
Fenomena Kuburan WarnaWarni, Sebuah Pergeseran Budaya Lokal?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MyWildSide9 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
positive thinking aja.
mungkin dipakai bwt tempat wisata ke alam barzah.
bisa selpi2, makan2, liat pemandangan.

nanti tiket masuknya gratis, cuman ga ada pintu keluarnya aja... emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MyWildSide9 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
padahal mah klo sesuai anjuran Nabi....
ah sudah lah emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 3 lainnya memberi reputasi
Gimana kalo Pager tembok tiap kuburan kita kasih mural bergambar tengkorak, pocong atau wewe dengan background warna hitam & merah. Pasti lebih greget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kreatif yang tidak pada tempatnya.



BATA ane gan. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
saptalan60 dan 4 lainnya memberi reputasi
Fenomena Kuburan WarnaWarni, Sebuah Pergeseran Budaya Lokal?
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan nlc.168 memberi reputasi
tinggal kasih prosotan, ayunan, jungkat jungkit, jadi deh taman bermainemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
gak apa2..cm dicat doang ,santai aja cuy emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan iskrim memberi reputasi
Quote:

Itung2 buat pemanasan y gan emoticon-Wakaka

Quote:

Iya gan emoticon-Mewek
Diubah oleh iskrim
Sudah bergeser kalau demikian itu, karena memang kuburan seharusnya tidak dibangun warna warni. Cukup diberikan tanda dengan baik seperti kotak atau tanda batu saja. Bukan yang bangunan seperti rumah.
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan iskrim memberi reputasi
Quote:

Hahaha, sekalian gelar tenda :P


Quote:


Ini pasti pelakunya emoticon-Leh Uga
profile-picture
lapar.bang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ane Pengen yang warna pink emoticon-Leh Uga
profile-picture
nlc.168 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kuburan warna warni ini viral di twitter waktu itu,dan banyak orang yang pengen kesana jugaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
hilangkan kesan seramemoticon-Recommended Seller
Quote:

Skrg ada lagi

Quote:

Proyek baru niih
Quote:


Perasaan kuburan yang sepi malah sering jadi tempat maksiat emoticon-Malu (S)
Lihat 1 balasan
biar ga nyeremib
profile-picture
nlc.168 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di