CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efa068e10d295024e7dc970/pajak-sepeda-bakal-dipungut-kemenhub-buka-wacana-pesepeda-bayar-pajak

Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak

Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak


JAKARTA - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan membuka wacana pengenaan pajak sepeda.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengungkapkan hal itu dalam diskusi virtual akhir pekan lalu di Jakarta.

“Kalau waktu saya kecil, saya mengalami sepeda disuruh bayar pajak dan sebagainya. Mungkin bisa ke sana. Tapi ini sejalan revisi UU 22/2009, sudah diskusi dengan Korlantas Polri,” kata Budi Setiyadi dalam diskusi virtual di Jakarta.

Dia juga menilai penggunaan sepeda perlu diatur mengingat kegiatan bersepeda semakin marak akibat pandemi Covid-19.

“Saya terus terang, sepeda harus diatur. Apakah dengan peraturan menteri atau peraturan pemda, bupati atau gubernur,” kata Dirjen Budi Setiyadi.

Budi menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, sepeda termasuk dalam kategori kendaraan tidak digerakkan oleh mesin.

Karena masuk dalam kelompok bukan kendaraan bermotor, lanjut dia, pengaturannya berada di pemerintah daerah.

“Kami akan mendorong aturan ini di daerah, minimal dengan mulai menyiapkan infrastruktur jalan, DKI, Solo, Bandung, sudah menyiapkan juga, tinggal sekarang gimana aturannya,” kata Budi Setiyadi.

Selain itu, menurut dia, pengelompokan angkutan harus direvisi dalam UU Nomor 22/2009 karena semakin beragamnya jenis angkutan, termasuk angkutan listrik, seperti sepeda listrik, skuter, hoverboard, dan lainnya.

Budi mengaku pihaknya juga sudah melakukan kajian di negara-negara yang kecenderungan penggunaan sepeda meningkat guna menghindari kontak fisik di kereta atau angkutan massal lainnya akibat pandemi COVID-19, salah satunya Jepang.

Namun, dia menjelaskan terdapat perbedaan tujuan penggunaan moda ramah lingkungan tersebut. Di Jepang terutama Tokyo, masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dari rumah ke kantor atau tempat perbelanjaan.

“Di Indonesia sekarang ini sepeda lebih untuk kegiatan olahraga dan jalan ramai-ramai, kemudian foto-foto. Sebenarnya, diharapkan sepeda ini dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari,” katanya.

Sebelumnya Pengamat Transportasi Universitas Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno menilai sepeda menjadi salah satu moda transportasi yang direkomendasikan dalam kondisi normal baru.

“Bersepeda menjadi pilihan, karena selain menghindari kerumunan dalam ruang tertutup dan menghindari antre, bersepeda membuat kesehatan tubuh terjaga,” katanya.

Moda tanpa bahan bakar tersebut juga mulai digunakan secara masif oleh negara Kolombia sebagai dampak pandemi COVID-19.

Negara Kolombia setara dengan Indonesia yang masih sebagai negara berkembang.

Walikota Bogota (Kolombia) Claudia Lopez, punya kebijakan selama masa karantina menutup jalan sepanjang 117 km setiap hari agar pejalan kaki dan pesepeda dapat lebih leluasa bergerak.

• Pelanggaran PSBB, Puluhan Sepeda Motor Warga di Danau Sunter Dikempesi

Ia menuturkan di era kenormalan baru, banyak kota di mancanegara mengurangi kapasitas transportasi umum dan mengalihkan ke perjalanan menggunakan sepeda.

“Untuk perjalanan jarak pendek, moda sepeda dan berjalan kaki benar-benar dikembangkan sedemikian rupa (aman, nyaman dan selamat), supaya tidak beralih ke penggunaan kendaraan pribadi secara berlebihan,” katanya

https://wartakota.tribunnews.com/amp...pajak?page=all

Siap siap ya emoticon-I Love Indonesia
apa daya saya hanya pelari keong emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Halaman 1 dari 15
Haaaaaaaaaa?


========


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 5 lainnya memberi reputasi
Kadrun mampu bayar ga nih? Eh lupa, kadrun kan ga punya sepeda, untuk demo aja numpang. Hahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thezaidrizqulla dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
pajakin aja tuh pak sepeda yang 10 jt ++

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SoupAyam dan 15 lainnya memberi reputasi
Becak pak
Delman juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
harus bayar pajak barang mewah & kena pajak sepeda karena memakai jalan umum.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
pake stnk gak nie pak emoticon-Matabelo
sama bpkb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Kalau menurut g, jangan semua jenis sepeda dipajakin. Kasihan para pesepeda yang makai sepeda butut buat nyari makan.

Kalau mau, pajakin sepeda2 mahal aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
taun 80-an sepeda jg dipajak coy
tv juga, tv dulu cuma ada tvri sinyal vhf
tanya aja ortu ente kalo gak caya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
packyu dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 40 balasan
Kalo pengen jalanan banyak make sepeda buat kerja malah buat sepeda tertentu bisa dikasi subsidi. Kendaraan bermotor yang bisa naikin pajaknya. Yang pribadi ye. Angkutan jangan.

Kalo sepeda dipajakin ya orang mau beli dan pake buat kerja jadi males.

Balik lagi mau kek mana kebijakannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panglala dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
lama lama skateboard ama sepeda roda 3 buat bocah dipajakin juga emoticon-Ngakak (S)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
snovian dan 12 lainnya memberi reputasi
Hrg somay bisa naik nih......pake sepeda abangnye....
emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iddamo2 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
jadi nanti ada sim sepeda.....dan tilang juga....oh? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
djawi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lama - lama jalan kaki dan bernafas juga harus dipajak ni. (eh bernafas di negeri Indonesia memang dipajak emoticon-Kagets buktinya pada kena punya itu NPWP)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berakalbaik dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Ya boleh aja tapi buat yang punya sepeda harga di atas 10 juta.
emoticon-Betty
Kalau sepeda harga dibawah 10 juta gak perlu bayar.
emoticon-Leh Uga
Masak ponakan ane bocah umur 7 pakai sepeda bocah harga ratus ribuan harus bayar pajak?
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soviettrotskis dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ora.w4r45
Lihat 1 balasan
buat pesepeda dadakan, udah puaskan update insta storynya?? emoticon-Traveller
udah boleh dijual sepedanya dari sekarang emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucingemon dan 21 lainnya memberi reputasi
Kayak jaman orde baru dulu yah sepeda kenapajak, TV juga jaman dulu kena pajak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
buseett.... sepeda pun dikenai pajak.

kalian sudah gila

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
seingat ane jaman SD, sepeda jengki phoenix warna biru/hijau, pake ban swallow kuning, ada stiker (peneng nyebutnya) di besi bawahnya sadel 😃.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Jadi mundur lagi ke zaman baheula seharusnya yang dikenai pajak itu orang yang berpoligami jadi dari istri kedua sampai keempat dikenai pajak progresif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fuckinghandsome dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Inikah hasil pemikiran extraordinary yang muncul setelah “diomeli” oleh majikan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 15


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di