CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Bukan Cuma Jamur Enoki yang Harus di Hindari Tapi Bakterinya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efa018eaf7e930c4e6ab76c/bukan-cuma-jamur-enoki-yang-harus-di-hindari-tapi-bakterinya

Bukan Cuma Jamur Enoki yang Harus di Hindari Tapi Bakterinya


Jagad internet kembali ramai setelah Kementrian Pertanian menarik peredaran jamur enoki dari Indonesia. Usut punya usut, jamur yang beredar mempunyai resiko tercemar bakteri Listeria monocytogenes.

 

Sebenarnya apa sih bakteri Listeria monocytogenes ? Bakteri Listeria monocytogenesadalah suatu bakteri berbahaya yang dapat menginfeksi lebih dari 37 jenis mamalia, termasuk manusia, burung peliharaan, ikan dan kerang. Bakteri ini bisa ditemukan pada tanah, pakan ternak, dan fases. Selain itu, bakteri tersebut kebal terhadap panas, garam, dan asam. Bahkan akan tetap hidup pada suhu 40 derajat Celcius.

Saat seseorang terinfeksi gejala umumnya adalah ruam merah pada kulit, demam, nyeri, mual dan muntah. Masa inkubasi bakteri sekitar 7-70 hari. Bagi yang memiliki kesehatan rendah, kematian menjadi ancaman utama.

 

Setelah mengetahui bahaya bakteri Listeria monocytogenes ada baiknya kita juga tau bakteri tersebut dapat berkembang dimana saja. Selain di jamur enoki ada lebih banyak makanan yang rentan menjadi tempat berkembang biak bakteri Listeria monocytogenes.

1. Kecambah

Makanan yang hampir kita temui dalam setiap masakan Indonesia ternyata memiliki potensi menjadi tempat berkembang biak bakteri Listeria monocytogenes. Hal ini di sebabkan karena kecambah hanya bisa tumbuh di tempat yang lembab, seperti yang kita tau bakteri dapat tumbuh dengan cepat di tempat yang lembab juga.

Mencuci bersih kecambah tidak cukup untuk membersihkannya dari bakteri. Harus melalui proses memasak sampai mendidih.

 

2. Susu

Susu mentah ataupun susu yang di olah dengan cara yang tidak benar memberi celah bagi bakteri Listeria monocytogenesuntuk berkembang biak. Selain itu, tahap pemerahan susu yang tidak steril juga dapat menyebankan susu terkontaminasi.

Maka dari itu, kita sebagai konsumen wajib memilih dengan cermat, susu mana saja yang layak untuk di konsumsi.

 

3. Es krim

Seperti yang kita pahami bakteri Listeria monocytogenesdapat berkembang biak pada kondisi apapun, termasuk di suhu 4 derajat Celcius. Padahal pada suhu tersebut, kita biasa menyimpan es krim.

Pada kondisi tertentu, seperti mesin yang terkontaminasi bakteri ataupun es krim yang di bekukan setelah mencair dapat membuat bakteri semakin cepat untuk berkembang biak.

 

4. Daging dan ikan mentah

Tidak di ragukan lagi penyebaran bakteri melalui daging atau ikan mentah sengat cepat. Ada baiknya kita mengkonsumsi makanan yang sudah matang sempurna dan di olah dengan cara yang baik.


Selain ke empat yang sudah di sebutkan, masih ada beberapa makanan yang bisa terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes, antara lain: buah yang kulitnya terkelupas dan tidak di simpan pada tempat bersih, daging / ikan yang di masak melalui pengasapan, segala jenis sayuran mentah yang di tanam pada media kotor dan masih banyak lagi.

 

Banyaknya faktor yang dapat menyebabkan seseorang terinfeksi bakteri Listeria monocytogenes dapat di cegah dengan mencuci tangah sebelum dan sesudah mengolah makanan, memilih produk dari tempat yang terpercaya kebersihannya, mencuci bahan makanan dan alat masak sampai bersih. Dan yang paling utama adalah menjaga daya tahan tubuh.

 

Selam sehat.


Penulis: 0wlcelepukkk

Quote:
Diubah oleh 0wlcelepukkk


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di