CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
KKN Banjarejo, Kab. Malang Gagaskan PRO-Active:Upaya Lansia Sehat Aktif dan Produktif
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef9f35afacb954e49358c9b/kkn-banjarejo-kab-malang-gagaskan-pro-activeupaya-lansia-sehat-aktif-dan-produktif

KKN Banjarejo, Kab. Malang Gagaskan PRO-Active:Upaya Lansia Sehat Aktif dan Produktif

Maraknya pandemi kini, merupakan peristiwa penyebaran penyakit corona virus disease 2019 yang disebabkan oleh virus jenis baru yang dinamakan SARS-Cov-2. Upaya masyarakat Indonesia dalam mencegah penyebaran virus dengan menerapkan social distancing. Social distancing dimaknai masyarakat dengan menjaga jarak minimal 1 meter,dimana masyarakat menurunkan durasi kontak sosial dari berbagai usia yang bertujuan mengurangi transmisi virus. Efek dari penerapan social distancing adalah pembatasan pelayanan rumah sakit khususnya untuk para lansia dimana lansia dipercaya rawan terhadap Covid-19.

Melihat hal ini, KKN Desa Banjarejo, kecamatan Pakis, Kabupaten Malang menggagas dalam pembuatan video senam untuk para lansia di desa Banjarejo. Tujuan dari pembuatan video senam lansia ini, sebagai upaya mempertahankan kesehatan dan peningkatan kebugaran serta imunitas lansia dalam masa pandemi Covid-19. Semakin bertambahnya usia, akan mengalami penurunan fungsi tubuh seperti menurunnya produksi hormon, masa otot, kepadatan tulang, kekuatan gigi hingga fungsi organ tubuh. Sistem imun sebagai pelindung tubuh pun akan menurun sehingga rentan terserang penyakit seperti Covid-19salah satunya.

Gerakan senam lansia ini dibagi dalam 3 fase yaitu pemanasan, inti dan pendinginan. Gerakan pemanasan ini ditujukan untuk meregangkan otot dan sendi. Pada gerakan inti bertujuan untuk penguatan dan pengencangan otot serta meningkatkan keseimbangan. Sedangkan pada gerakan pendinginan bertujuan untuk  menurunkan suhu tubuh, denyut jantung, dan tekanan darah.

Dampak positif dari PRO-Active ini, untuk meningkatkan imunitas masyarakat lansia desa Banjarejo yang sebagian besar mansyarakatnya sebagai petani. Produk dari Pro-Active ini adalah berupa videokreatif dan inovatif yang diserahkan ke desa dan dapat disebarluaskan untuk masyarakat lansia desa Banjarejo melalui lembaga PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) dan karang taruna. Dengan adanya video ini, masyarakat lansia dapat melakukan senam secara rutin dan mandiri di rumah masing-masing walaupun dalam kondisi pandemi saat ini.

Gagasan video kreatif ini, disuguhkan dengan kolaborasi lagu “Sepanjang Jalan Kenangan” yang notabenenya lagu zaman lawas yang masih kerap disukai oleh banyak orang lansia khususnya, sehingga selain peregangan seluruh otot, siapapun yang menikmati senam PRO-Active ini merasa hati senang dan beban pun hilang. Hal ini penting dirasa, utamanya pada masa pandemi ini, karena perasaan yang senang akan menghindarkan hal-hal prasangka buruk atau kekhawatiran akan maraknya virus ini. Sehingga sistem imun tubuh akan semakin meningkat. Tetap rutin berolahraga pun juga mematuhi protokol kesehatan yang ada.

 



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di