CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
BAGAIMANA PROSES PELAKSANAAN REMOTE AUDIT SELAMA PANDEMI COVID-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef9af90facb951a065b7fc3/bagaimana-proses-pelaksanaan-remote-audit-selama-pandemi-covid-19

BAGAIMANA PROSES PELAKSANAAN REMOTE AUDIT SELAMA PANDEMI COVID-19

BAGAIMANA PROSES PELAKSANAAN REMOTE AUDIT SELAMA PANDEMI COVID-19
Dini Anindya Agustin
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Sri Sulistyowati, SE., M.Si
Dosen FE Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Pandemi Covid-19 telah mengubah sedikit banyak kehidupan kita saat ini, mulai dari diterapkannya protokol kesehatan baru hingga pembatasan sosial yang dilakukan oleh masyarakat. Hal ini sangat berpengaruh bagi beberapa sektor, salah satunya ekonomi yakni profesi sebagai akuntan publik. Berlakunya pembatasan sosial berimbas pada keterbatasan akses dan perjalanan maupun ketersediaan personel dari auditor dan auditee. Dengan ini auditor perlu mengeksplorasi prosedur-prosedur audit alternatif, dengan memanfaatkan teknologi untuk pengembangan metode kerja baru. Inilah yang disebut dengan remote audit atau proses pelaksanaan audit jarak jauh.

Ada beberapa perubahan proses audit dengan metode pendekatan remote audit, mulai dari proses komunikasi dengan pihak manajemen, cara mengkaji dokumen, wawancara, dan pertemuan penutupan. Berikut penjelasan dari proses pelaksanaan remote audit yang dilakukan auditor selama terjadinya pandemi Covid-19 :
1. Perencanaan
Pada tahap ini tim audit dan klien melakukan perencanaan remote audit dan menyusun rencana komunikasi. Setelah diambil kesepakatan, mereka melakukan komunikasi dengan manajemen dan pihak yang bertanggung jawab atas tata kelola untuk mempertimbangkan keamanan jalur komunikasi alternatif yang digunakan, misal komunikasi daring dalam rangka proteksi terhadap kerahasiaan informasi yang disampaikan.
2. Kajian Dokumen
Dokumen yang digunakan dalam proses remote audit diunggah dalam bentuk soft copy ke platfrom berbagi file. Pengkajian data melalui remote audit juga memerlukan tambahan waktu selain karena penyiapan dokumen dalam bentuk soft copy, auditor juga perlu memastikan kebenaran data yang disampaikan tersebut.
3. Pemeriksaan Fisik Lapangan
Pemeriksaan fisik remote audit dilakukan secara daring/online, dengan mempertimbangkan beberapa keterbatasan seperti :
• Tidak semua tempat kerja memiliki fasilitas Wi-Fi walaupun terdapat tempat kerja yang memiliki fasilitas Wi-Fi namun seringkali tidak memiliki cakupan internet yang memadai pada lokasi daerah terpencil.
• Tempat kerja berada di tempat bangunan tua seperti bunker di mana kualitas sinyal buruk yang dapat menghambat kelancaran video daring.
• Keamanan data dan dokumen audit
• Terbatasnya ruang gerak karena video hanya memberikan fokus terbatas atas objek
4. Wawancara Jarak Jauh
Wawancara jarak jauh dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi yang tersedia misalnya, Skype, Zoom, atau Google Meet. Sebelum melakukan wawancara jarak jauh diutamakan mempersiapkan apa saja informasi atau data yang akan disampaikan. Setiap auditor harus siap dengan daftar pertanyaan dan hal-hal terkait informasi tambahan yang dibutuhkan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari kajian dokukmen.
5. Pertemuan Penutupan
Pertemuan penutupan remote audit sama halnya dengan pertemuan penutupan secara langsung. Pertemuan penutupan merupakan kesempatan untuk mempresentasikan rancangan hasil audit, menyelesaikan berbagai pertanyaan dan permasalahan, serta melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai finalisasi hasil audit kepada para pihak yang terkait. Ada baiknya jika pertemuan penutupan dijadwalkan satu atau dua hari setelah pelaksanaan wawancara jarak jauh, agar anggota tim audit dapat meninjau kembali catatan dan menyusun rancangan awal dari hasil audit.

Itulah tadi penjelasan dari proses pelaksanaan remote audit yang dilakukan oleh auditor selama terjadinya pandemi Covid-19. Dalam kondisi ini, auditor perlu memodifikasi cara penyajian audit untuk mengatasi masalah keterhambatan yang terjadi dalam mengolah audit dan tetap melakukannya secara profesional selama terjadi pandemi Covid-19.

Daftar Pustaka
http://setjen.kemenkeu.go.id/in/post...terhadap-audit
https://na.theiia.org/translations/P...Indonesian.pdf
profile-picture
gondezbersahaja memberi reputasi
Diubah oleh dinianindya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di