CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Profesor UPI : KKN Tematik 2020 Kesempatan Melahirkan Generasi Milenial Sociopreneur
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef9abde28c9912355645378/profesor-upi--kkn-tematik-2020--kesempatan-melahirkan-generasi-milenial-sociopreneur

Profesor UPI : KKN Tematik 2020 Kesempatan Melahirkan Generasi Milenial Sociopreneur

Profesor UPI : KKN Tematik 2020 Kesempatan Melahirkan Generasi Milenial Sociopreneur
Gambar : Prof. Elly Malihah saat memberi materi dalam kegiatan Webinar pemaparan hasil produk unggulan KKN


Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung laksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan Covid-19 Mewujudkan Merdeka Belajar (KKN Tematik Covid-19 MMB) 2020. Di masa pandemi Covid ini, seluruh pihak dituntut untuk terus melakukan inovasi agar kegiatan dapat terus berjalan. Tak terkecuali Universitas Pendidikan Indonesia. KKN Tematik Covid-19 MBB yang diusung ini merupakan salahsatu bentuk inovasi yang dilakukan pihak UPI melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Kegiatan KKN Tematik ini bertujuan untuk mempercepat penanggulangan Covid-19. Kegiatan KKN ini dilakukan dengan sistem daring secara penuh dan bersifat individual serta bertempat di lingkungan masing-masing tempat mahasiswa tinggal dari 17 Mei – 17 Juni 2020. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari tridharma perguruan tinggi.

Terdapat tiga program yang dapat dipilih oleh mahasiswa untuk dilakukan dalam kegiatan KKN ini, yaitu: Program edukasi pencegahan Covid-19 bagi anak Sekolah (TK/PAUD s/d SMA/SMK) secara daring, Program edukasi pencegahan Covid-19 bagi masyarakat secara daring, serta Program yang sesuai dengan kondisi lingkungan mahasiswa berada yang terkait dengan penanganan dan pencegahan Covid-19 secara daring. Selain itu, seluruh mahasiswa peserta wajib melakukan program pendataan penduduk yang terkait dengan upaya pencegahan Covid-19 secara daring.

Banyak sekali karya yang dihasilkan mahasiswa dari kegiatan KKN Tematik ini. Seperti membuat poster atau media edukasi untuk masyarakat yang diunggah di media sosial, melakukan penguatan pembelajaran daring yang dilakukan oleh sekolah ataupun guru dengan membuat media pembelajaran ataupun bahan ajar, bahkan mahasiswa juga membuat hand sanitizer, disinfektan, dan masker kain non medis yang dibagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma. Lebih dari itu, mahasiswa juga memberikan edukasi kepada anak sekolah atau masyarakat umum mengenai cara pembuatan hal-hal tersebut.

Guru Besar Sosiologi Pendidikan UPI, Prof. Dr. Elly Malihah, M.Si. juga berpendapat bahwa kegiatan KKN ini dapat dijadikan kesempatan untuk melahirkan generasi milenial sociopreneur. Sociopreneur merupakan usaha yang tidak hanya bertujuan untuk memperkaya diri sendiri tetapi juga untuk mensejahterakan banyak orang.

Beliau juga sangat mengapresiasi inovasi dan produk KKN yang dihasilkan oleh mahasiswa peserta KKN yang sudah sangat baik bahkan melebihi ekspektasi. Dari sini lah beliau menilai bahwa kegiatan KKN ini dapat membawa dampak lain, yaitu menghasilkan generasi milenial yang memiliki kompetensi sebagai sociopreneur.

"LPPM UPI sangat tepat menggulirkan program KKN Tematik Covid-19, hal ini dapat terus memacu mahasiswa untuk berinovasi dengan karya-karya nya, tidak terhalang oleh keadaan seperti pandemi sekarang" ujar Prof. Elly yang juga menjadi dosen pembimbing lapangan (DPL) kegiatan KKN Tematik Covid-19 pada Kamis (18/06/2020) dalam kegiatan Webinar pemaparan produk unggulan hasil KKN. Menurutnya, Sociopreneur merupakan suatu hybrid spectrum dari social sustainability dengan economic sustainability, dimana tujuannya yaitu social value creation dan economic value creation. Sociopreneur berada ditengah dari dua hal itu.

Beliau juga berharap jika inovasi yang dilakukan mahasiswa tidak hanya sebatas dilaksanakan pada masa KKN, tetapi bisa dilanjutkan di masa mendatang. "Harapannya, mahasiswa peserta KKN Tematik Covid-19 yang notabene nya adalah golongan millenial ini dapat terus melanjutkan karya-karya nya dimasa mendatang, tidak hanya berhenti disini saat kegiatan KKN".

Penulis : Reza Rahmat Djunaedi Junyar
Mahasiswa Peserta KKN Tematik Covid-19 MMB 2020 Universitas Pendidikan Indonesia.

Diubah oleh djreza


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di