CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
3 Festival yang Berkaitan dengan Api di Asia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef9a76110d2954e4b70682e/3-festival-yang-berkaitan-dengan-api-di-asia

3 Festival yang Berkaitan dengan Api di Asia

Bisa dibilang api merupakan tonggak penting dalam peradaban manusia. Manusia sendiri memanfaat atau mengaitkan api dalam banyak hal, tak terkecuali dalam hal budaya. Berikut ini adalah beberapa festival budaya atau keagamaan di Asia yang berkaitan dengana api.
_______

Agni Keli
Mangalore, India

3 Festival yang Berkaitan dengan Api di Asia
Sumber gambar: Merahputih

Bisa dibilang Agni Keli merupakan salah satu festival ekstrem yang ada di Asia. Bagaimana tidak? Di festival ini para umat hindu pemuja Durga saling melemparkan obor ke peserta lainnya.

Festival Agni Keli diadakan setiap tahun pada saat bulan April dan bertempat di kuil Kateel Durga Parameshwari, Mangalore, India. Festival ini berlangsung selama 8 hari lamanya. Tujuan dari festival ini adalah menenangkan atau memuaskan sang dewi Durga, dewi perang dalam kepercayaan agama Hindu.

Di festival ini. hampir semua partisipannya adalah laki-laki. Para partisipan dibagi menjadi 2 grup yang berbeda dengan jarak antara kedua grup 20 meter. Mereka lalu melemparkan obor yang terbakar ke grup lainnya.

Untuk mencegah luka bakar yang serius, para partisipan hanya berpakaian kain sarung. Sedangkan air suci langsung disiramkan ke partisipan yang mengalami luka bakar yang cukup serius.

3 Festival yang Berkaitan dengan Api di Asia

Festival Bola Api Naga
Thailand

3 Festival yang Berkaitan dengan Api di Asia
Sumber gambar: JA Forbes, Wikipedia

Festival Bola Api Naga yang ada di Thailand merupakan salah satu festival yang menyimpan fenomena aneh. Di festival ini, bola api dengan sendirinya menyembul ke atas (seperti ditembakan) dari dalam sungai. Jumlah bola api yang terlihatpun dapat berkisar antara ratusan hingga ribuan.
_____

3 Festival yang Berkaitan dengan Api di Asia
Sumber gambar: Holidify

Penduduk setempat menghubungkan fenomena unik ini dengan mitos Phaya Nak, yaitu adanya seekor ular raksasa yang mereka yakini tinggal di sungai Mekong. Setiap bulan purnama, ular tersebut akan terbangun dan menyemburkan bola api sebagai bentuk penghormatan kepada sang budha.
______

3 Festival yang Berkaitan dengan Api di Asia
Sumber gambar: Thaitravelblogs

Di festival ini, para penduduk berkumpul di sepanjang bentangan sungai Mekong untuk menyaksikan bola-bola api tersebut. Sebelum “sajian utama”-nya dimulai, para penduduk biasanya menyalakan kembang api, lampion terbang dan sejenisnya.

3 Festival yang Berkaitan dengan Api di Asia

Chaharshanbe Suri
Iran

3 Festival yang Berkaitan dengan Api di Asia
Sumber gambar: HI Tehran Hostel

Chaharshanbe Suri merupakan festival api unggun yang berada di Iran. Festival ini diadakan setahun sekali, tepatnya pada hari Rabu sebelum Nowruz (Tahun baru Iran). Chaharshanbe sendiri berarti api, dan Suri berarti “merah” dan “perayaan”.

Sebelum perayaan dimulai, para penduduk akan mengumpulkan semak belukar untuk dibuat api unggun. Mereka akan menaruh semak belukar itu di depan rumah, atau di tempat umum. Lalu ketika malam menjelang, api unggun pun dinyalakan.

Uniknya, ketika festival berlangsung, para penduduk akan mengitari dan melompati api unggun tersebut sembari bernyanyi “sorxi-ye to az man, zardi-ye man az to”, atau jika diterjemahkan secara kasar berarti "Biarkan kekeruhanmu menjadi milikku, dan kepucataanku menjadi milikmu” sampai pagi menjelang.

Festival ini diyakini dapat menolak bala atau hal buruk yang akan menimpa. Para penduduk juga berharap akan hidup yang lebih baik setelah pergantian tahun.

3 Festival yang Berkaitan dengan Api di Asia


Itulah 3 festival budaya yang ekstrim, aneh, dan unik yang berkatian dengan api. Di Indonesia sendiri, tepatnya di daerah ane dulu ada yang namanya sepak bola api. Tapi sayangnya entah kenapa sekarang seperti hilang begitu saja. Padahal itu tradisi atau hiburan rakyat yang cukup seru lho!

Nah bagaimana di daerah agan? Apakah masih ada festival sejenis? Yuk Share!

Sumber: 1,  2, 3 
Diubah oleh AnggaNavie
Kalo di Indonesia festival kembang api kalo lagi taun baru wkwk
profile-picture
AnggaNavie memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di