CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Kisruh Kesultanan Keraton Kasepuhan Cirebon Terus Bergulir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef9a70126377244ff5fe116/kisruh-kesultanan-keraton-kasepuhan-cirebon-terus-bergulir

Kisruh Kesultanan Keraton Kasepuhan Cirebon Terus Bergulir

Kisruh Kesultanan Keraton Kasepuhan Cirebon Terus Bergulir

CIREBON - Setelah sebelumnya pintu masuk area keraton disegel dengan cara digembok, kini Sultan Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Adipati Aarief Natadiningrat dianggap bukan keturunan resmi sultan sebelumnya.

Statemen tersebut muncul dari pria yang mengklaim sebagai Raden Raharjo Djali, yang merupakan cucu keturunan langsung dari Sultan Sepuh ke-XI, Tajul Arifin Muhammad Samsudin Saja Nata Diningrat. (Baca juga: Objek Wisata Kembali Dibuka, Warga Kota Cirebon Tidak Antusias)

Menurut dia, Pangeran Arif Natadiningrat yang saat ini menjabat sebagai Sultan Sepuh ke XIV, bukanlah keturunan langsung sultan sebelumnya karena Pangeran Arif masih memiliki keturunan darah dari Belanda. Sehingga idealnya tidak bisa menjabat dan bertahta sebagai Sultan Sepuh XIV.

Baca Juga:

Dirinya juga siap menantang Pangeran Arief untuk uji DNA agar masyarakat tahu sejauh mana kebenarannya. Serta akan membuktikan di depan hukum jika Pangeran Arif menempuh jalur ini.

"Tindakan menyegel pintu keraton didasari atas keperihatinan tehadap kondisi keraton yang terkesan tidak terurus. Sehingga peninggalan sunan gunung jati ini terlihat kotor," kata Raden Raharjo Djali.

Apalagi dan pengelolaan anggaran keraton dianggap kurang transparan. Banyak cagar budaya dan pusaka sakral yang rusak.

Raden Raharjo Djali berharap Pangeran Arief bisa duduk bersama dan komunikasi dengan Raharjo Djali, sehingga bisa mengambil langkah dan menyelamatkan keraton kasepuhan yang merupakan aset budaya.

Sementara itu, Pangeran Arief, sejauh ini belum bisa ditemui untuk diklarifikasi lantaran sedang menjalani perawatan di rumah sakit di Bandung.

Namun melalui pesan singkat yang ditujukan ke sejumlah awak media, Pangeran Arief menjelaskan, saat ini kendali Keraton Kasepuhan masih di bawah dirinya.

Keraton juga masih terbuka untuk umum. Sedangkan menanggapi adanya upaya pengambil alihan tanta dan penyegelan pintu pihaknya akan menempuh jalur hukum.


Sumber : https://daerah.sindonews.com/read/84...lir-1593417963

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kisruh Kesultanan Keraton Kasepuhan Cirebon Terus Bergulir Gara-gara Motor, Anak Laporkan Ibu Kandung ke Polres Lombok Tengah

- Kisruh Kesultanan Keraton Kasepuhan Cirebon Terus Bergulir Kisruh Kesultanan Keraton Kasepuhan Cirebon Terus Bergulir

- Kisruh Kesultanan Keraton Kasepuhan Cirebon Terus Bergulir Sumut Peringkat Pertama Pecandu dan Peredaran Narkoba



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di