CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Women’s Health /
Benarkah Banyak Konsumsi Manis Bikin Wajah Berjerawat Dan Meradang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef9a274337f935e277016de/benarkah-banyak-konsumsi-manis-bikin-wajah-berjerawat-dan-meradang

Benarkah Banyak Konsumsi Manis Bikin Wajah Berjerawat Dan Meradang


Benarkah Banyak Konsumsi Manis Bikin Wajah Berjerawat Dan Meradang

Benarkah Banyak Konsumsi Manis Bikin Wajah Berjerawat Dan Meradang

Iya Benar,jerawat diwajah akan tumbuh subur bukan hanya karena faktor tersumbatnya kotoran di pori-pori kulit akan tetapi bisa juga karena faktor makanan yang kamu konsumsi.Kemunculan jerawat di wajah bisa jadi tanda bahwa ada masalah penyakit gula darah tinggi pada tubuh kamu.


Gula memiliki sifat oksidatif dengan mengonsumsi makanan yang tinggi glikemik dapat menyebabkan gula darah dan insulin dalam darah meningkat dan berdampak menyebabkan peradangan diseluruh tubuh dan dapat memicu timbulnya jerawat.


Menurut penelitian yang dikutip dari boldsky.com mengatakan,makanan yang tinggi gula dapat merangsang kelenjar sebasea lebih over produktif menghasilkan lebih banyak sebum kekulit sehingga dapat menyumbat pori-pori.Pori-pori yang tersumbat dapat memgikat kotoran dan bakteri, jika kondisi ini juga tidak kamu barengi dengan menjaga kebersihan wajah dengan benar dan ditambah kondisi hormon yang tidak stabil ,maka resiko jerawat dapat bermunculan kepermukaan kulit wajah kamu lebih tinggi lagi.


Roti putih,permen,makanan yang digoreng,es krim,soda adalah contoh makanan tinggi gula dan lemak jenuh yang dapat menyebabkan lonjakan insulin sehingga memperburuk peradangan.Lonjakan insulin dapat meningkatkan produksi minyak kulit (sebum) yang berkontribusi pada penyumbatan folikel serta dapat menyebabkan kulit menjadi cepat tua.

(baca juga: Makanan Penyebab Kulit Berminyak)
https://wp.me/p9SfWB-EE

Ketika tubuh bereaksi memproduksi insulin karena melonjaknya kadar glukosa,enzim yang menempel pada kolagen akan mengalami proses oksidatif.Kolagen dan elastin adalah dua senyawa yang berfungsi menjadikan kulit elastis dan kencang,ketika kedua senyawa ini rusak maka yang akan terjadi adalah kulit wajah kamu akan tampak lebih tua dan kendur.

Semakin banyak gula yang kamu konsumsi maka semakin besar pula tubuh mengembangkan resistensi insulin sehingga Ucapan “Selamat”, karena kulit wajah kamu akan mengalami banyak permasalahan dikemudian hari ,seperti : jerawat,penuaan dini dan cepat keriput.


BEBERAPA MASALAH KULIT WAJAH YANG DISEBABKAN MENGONSUMSI GULA


Berikut ini beberapa gejala dan efek buruk pada kulit wajah yang bisa kamu ketahui yang diakibatkan oleh makanan manis atau makanan yang banyak mengandung gula :

Muncul peradangan.

Tubuh kita sangat membutuhkan anti-oksidan dari serangan radikal bebas yang sifatnya merusak,mengonsumsi banyak gula kedalam tubuh maka kamu dengan sengaja memerintahkan senyawa ini untuk merusak dan menghilangkan anti-oksidan didalam tubuh,padahal kita tahu anti-oksidan merupakan sahabat terbaik dalam menjaga dan melindungi kulit kamu.

(baca juga: Radikal Bebas vs Anti-oksidan)
https://bit.ly/3hZzUdN
Hilangnya atau rusaknya anti-oksidan dikulit lebih memudahkan kulit wajah rentang terserang infeksi bakteri.Keberadaan bakteri yang tidak segera diatasi maka akan membuat kulit gampang meradang sehingga akan mudah muncul jerawat.

Hormon Androgen Mudah Tersimulasi

Fungsi kelenjar minyak (sebum ) pada kulit diperlukan untuk mempertahankan kulit dari kelembabannya,yang jadi permasalahannya ketika produksi kelenjar minyak mengalami over produksi.Mengonsumsi makanan gula dapat memicu produksi hormon androgen untuk menstimulasi kelenjar minyak melakukan over produksi.

Sebum yang banyak diproduksi di lapisan kulit luar membuat kotoran,debu dan bahan asing mudah menempel dan menyumbat pori-pori kulit.Salah satu fungsi hormon androgen adalah mempercepat produksi regenerasi sel-sel kulit baru,jika sel-sel kulit baru telah beregenerasi tetapi sel kulit lama masih belum terangkat maka ini yang menyebabkan penumpukan sel kulit pada lapisan terluar,inilah yang menyebabkan kulit berjerawat dan kulit tampak kusam.

Jamur Tumbuh Lebih Subur Di Kulit

Adahal yang tidak kalah menarik lagi bagi kamu yang hobby mengonsumsi makanan manis,bukan hanya bakteri yang hadir di kulit akan tetapi kehadiran jamur atau candida akan meningkat berlipat ganda di kulit wajah kamu,so girls,jadi nggak usah heran jika jerawat kamu kemungkinan isinya seperti nanah yang dibarengi dengan peradangan ( Inflamasi )

CARA MENCEGAH KEMUNCULAN JERAWAT
Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kondisi kulit wajah kamu senantiasa sehat dan terhindar dari permasalahan jerawat,keriput dan faktor penuaan dini :

( 1 ). Mulailah dengan pola makan sehat.

Apabila kamu sudah tahu kalau jerawat itu bisa muncul salah satunya karena faktor makanan manis,maka dari itu mulailah untuk beralih ke pola makanan sehat,makanan yang kaya omega -3 banyak disarankan untuk mencegah munculnya jerawat dan mengobati peradangan pada kelenjar minyak.Rajin mengonsumsi Ikan laut dan kacang sangat baik dijadikan menu harian karena mereka kaya akan omega-3.

Jika kamu bisa mongontrol dan meminimalisir produksi minyak agar tidak berlebihan (over oily ) dikulit,maka kamu dapat juga meminimalisir jerawat datang kekulit wajah kamu.

( 2 ). Mensiasati Stres

Tinggal di mega metropolitan kita tidak akan bisa terlepas dengan kondisi stres,dari masalah kemacetan,biaya hidup yang tinggi,keadaan ditempat kerja dll.Stres tidak bisa dihilangkan karena selagi manusia hidup keadaan itu pasti ada,yang bisa kamu lakukan hanya mensiasati atau menghindari.

Stres bisa memicu hormon glukokorticoid yang dapat merusak struktur dan fungsi kulit.Glukokorticoid adalah hormon yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal dalam merespon terhadap kondisi kamu yang mengalami perasaan stres.

Caranya mensiasati ketika kamu mengalami kondisi stres adalah dengan melakukan pengalihan otak atau aktivitas kearah yang positif,bisa dilakukan dengan perkerjaan yang menjadi hobby kamu,atau bisa melakukan aktivitas olah raga atau cara yang paling efektif adalah segera beristirahat atau tidur agar energi yang sedang bergolak di tubuh bisa segera menurun.

Stres oksidatif merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kesulitan dalam menetralkan jumlah radikal bebas yang terlalu banyak dan mengakibatkan kerusakan sel-sel kulit dan berubah kearah oksidatif yang mengakibatkan kerusakan pada kulit. Pemicunya bisa dari berbagai sumber seperti polusi,sinar matahari,merokok atau minuman beralkohol.Untuk Stres oksidatif kamu bisa lakukan dengan menghindari rokok atau minuman beralkohol atau menggunakan perlindungan terhadap sinar matahari.

( 3 ). Selalu Menjaga Kebersihan Kulit.

Tidak boleh memiliki rasa malas dalam membersihkan wajah.Wajib menjaga kebersihan kulit jika kulit kamu ingin sehat dan tetap cantik.Rajin bersihkan wajah sehari dua kali pagi dan malam dengan menggunakan pembersih non-parfume dan alkoho.Kenapa penting ?,Karena menghindari menempelnya kotoran,keringat dan kosmetik dari aktivitas seharian yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga dapat menyebabkan jerawat,komedo dan kulit yang kusam.

Jangan terfokus hanya ingin memiliki penampilan kulit yang putih dan glowing,dahulukan terlebih dahulu untuk memiliki kulit yang sehat dan terawat,caranyanya adalah dengan menjaga kesehatan tubuh.Jika tubuh kamu sehat maka akan berdampak dengan kulit wajah yang sehat sehingga untuk mendapatkan kulit yang putih dan glowing sangat dengan mudah.Jangan lupa untuk selalu mengkombinasikan pola makanan yang sehat dan makanan yang rendah gula agar kulit kamu selalu sehat dan cantik sepanjang masa.

Khusus kamu yang sedang mencari produk skincare yang aman dan terpecaya untuk Perawatan Kulit wajah ,Rinna Diazella Skincare memiliki banyak pilihan paket perawat kulit yang terbaik,Kamu Bisa KLIK creamrinnadiazellaskincare.wordpress.com atau Konsultasi (Wa) 0812 8463 6109 ,Produk Rinna Diazella Skincare aman digunakan karena telah memiliki ijin resmi dari BPOM dan telah memiliki sertifikat HALAL dari MUI.



#jerawat #gula #kulit berjerawat #kecantikan #makanan manis
nah kalo temen ane tuh kalo konsumsi yg dairy berlebihan langsung timbul2 jerawat
kata dokter ane sih beneran gula itu bkin kulit ga bagus salah satunya bs jd jerawatan
makanan emg berpengaruh banget sih buat kulit


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di