CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Nahdlatul Ulama: RUU HIP Hilangkan Ruh Ketuhanan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef995bd0577a97a7d192a12/nahdlatul-ulama-ruu-hip-hilangkan-ruh-ketuhanan

Nahdlatul Ulama: RUU HIP Hilangkan Ruh Ketuhanan

JAKARTA – Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) menggelar diskusi Panel Ahli Ikatan Sarjana NU melalui virtual zoom meeting. Dalam diskusi tersebut, banyak menyoroti kesalahan-kesalahan pandangan kenegaraan dan keagamaan dalam Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Ketua Umum ISNU, Ali Masykur Musa (Cak Ali), berpendapat bahwa RUU HIP itu jika di tetapkan menjadi UU jelas akan menghilangkan Ruh Ketuhanan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

“Cak Ali mengatakan Pancasila tidak bisa di peras menjadi Trisila, apalagi Eka Sila, sebagaimana di rumuskan dalam RUU HIP Pasal 6 (1) dan Pasal 7. Itu sungguh menghilangkan makna Sila Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai esensi ruh agama dan nilai Ketuhanan,” ujar Cak Ali dalam diskusi tersebut.

Menurutnya, bagi bangsa ini, Pancasila sebagai perjanjian agung (ميثاقا غليظا) tersusun dari lima sila yang memuat nilai-nilai luhur yang saling menjiwai, di mana sila Ketuhanan menjiwai Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan Sosial. Kesatuan nilai-nilai Pancasila yang saling menjiwai itu tidak bisa diperas lagi menjadi trisila atau ekasila.

“Upaya memeras Pancasila menjadi trisila atau ekasila akan merusak kedudukan Pancasila, baik sebagai Philosophische Grondslag (falsafah dasar) maupun Staats fundamental norm (hukum dasar) yang telah ditetapkan pada 18 Agustus 1945,” ujarnya.

Mantan Katua Umum PB PMII, mengatakan, Pancasila sebagai staats fundamental norm adalah hukum tertinggi atau sumber dari segala sumber hukum yang termaktub di dalam Pembukaan UUD 1945. Sebagai hukum tertinggi yang lahir dari konsensus kebangsaan (معاهدة وطنية), Pancasila tidak bisa diatur oleh peraturan perundang-undangan yang lebih rendah.

Pengaturan Pancasila ke dalam sebuah undang-undang akan menimbulkan anarki dan kekacauan sistem ketatanegaraan. Biarkan Pancasila dan sudah sangat tepat jika maqomnya tetap pada Pembukaan UUD NRI 1945, yang semua komponen bangsa ini bersepakat tidak akan merubahnya, karena jika bisa diartikan :" merubah Pembukaan UUD NRI 1945 sama saja membubarkan NKRI".

Cak Ali mengambil pendapat KH. Ahmad Shidiq pada Munas Alim Ulama di Situbondo, 1983 : Sila Ketuhanan Yang Maha Esa mencerminkan pandangan Islam akan Keesaan Allah, yang dikenal pula dengan sebutan Tauhid. Karena itu NKRI adalah sah dilihat dari pandangan Islam, sehingga harus dipertahankan dan dilestarikan eksistensinya.

https://nasional.okezone.com/read/20...-ruh-ketuhanan

Hmm ada yg aneh, mengapa ada fraksi yg ngotot supaya RUU ini disahkan..
padahal masalah bangsa ini masih banyak yg lebih penting, kurang dana riset, utang luar negeri, impor pangan, birokrat korup, KPK tak bertaji, dll..
Mengapa HIP ini jadi yg utama? Ada isu besar apa dibaliknya?
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Ga setuju? Kadrun berarti emoticon-Leh Uga
profile-picture
harunmasiku memberi reputasi
Lihat 1 balasan
u sindir2 gitu orangnya juga masih di rsj jadi ga merasa.
knp nga lgs telepon aja kalo kangen sih. emoticon-Stick Out Tongue
Tuhan itu sebenarnya Dzat apa Ruh sih bre ?
ISNU kadrun nih
Jangan rubah Pancasila, tetapi diperkuat dengan Pancasila adalah satu satunya dasar negara, musnahkan ideologi lain selain Pancasila, termasuk komunis dan khilafah.

Sudah direvisi seperti itu saja dilihat siapa yg setuju dan menolak
Diubah oleh basshits
lah kalo diskusinya sesama kelompok sendiri itu jatohnya konsolidasi
emoticon-Cool
tapi entah semangat HIP ini sebenenrnya buat melindungi kebudayaan luhur indo, tapi dalam perjalanannya malah jadi melebar kemana-mana
emoticon-Malu
padahal NU dulu getol islam nusantara
RUU baru diajukan di DPR, ditunda pemerintah karena ada point yg tidak disetujui pemerintah dan menunggu hasil penilaian masyarakat.

Ga ada yg aneh, namanya juga demokrasi...

masa esensi agama ama tuhan bisa kalah ama regulasi? emoticon-Ngacir

kan katanya maha kuasa emoticon-Big Grin

masa pas pisahin agama ama politik tiba tiba kita / tuhan ternista?

emoticon-Leh Uga











ironis

dulu teriak teriak indonesia nggak pernah ada politik sara, giliran salah satu faktor politik sara mau dihilangkan pada mewek emoticon-Ngakak (S)
Post ini telah dihapus oleh KS06


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di