CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Negara Yang Membuang Sampah Ke Gunung Berapi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef9931baf7e930c0544c883/ini-dia-penjelasannya-mengapa-tidak-ada-negara-yang-membuang-sampah-ke-gunung-berapi

Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Negara Yang Membuang Sampah Ke Gunung Berapi

Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Negara Yang Membuang Sampah Ke Gunung Berapi

Quote:


Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Negara Yang Membuang Sampah Ke Gunung Berapi

Berdasarkan data dari United Nations seluruh dunia menimbun sampah di muka bumi mencapai 2,12 Milyar ton pertahunnya. Sedangkan yang jadi masalah bila konsep membuang sampah di gunung berapi di realisasikan, tidak semua gunung berapi di dunia sedang aktif mengeluarkan magma.

Magma yang ada di gunung berapi pun tidak bisa dibilang jumlahnya tidak terbatas karena magma tersebut perlahan-lahan membeku kemudian memicu magma dibawahnya untuk menimbulkan tekanan sehingga menyebabkan erupsi secara berkala.

Ditambah tidak semua magma memiliki suhu yang sama atau yang benar-benar mampu melahap sampah hingga tak tersisa. Ada yang sedang panas-panasnya ada yang panasnya normal dan sudah ada yang dingin.

Bila kita sedang beruntung menemukan kondisi gunung dengan magma yang masih panas-panasnya dan gunung belum mengalami erupsi maka tantangan yang kita hadapi ketika membuang sampah dalam jumlah besar justru menimbulkan ledakan.

Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Negara Yang Membuang Sampah Ke Gunung Berapi

Jadi siap-siap saja segala instalasi pengangkut sampah yang kita bangun di sekitarnya akan hancur lebur terkena cipratan lahar gunung berapi. Belum lagi sampah-sampah tersebut akan turun kebawah lagi sehingga mencemari daratan. Kemudian hal kedua yang menjadi permasalahan yaitu sampah yang meleleh akan menghasilkan gas beracun (CO, NO, H2S, SO, dll.)

Gas beracun tersebut akan terbawa ke atmosfer membuat kondisi udara di sekitarnya menjadi sangat tidak layak. Bayangkan saja bila 2,12 milyar ton sampah dimasukkan ke sana, sudah bisa diperkirakan pencemaran udara yang seburuk-buruknya terjadi bahkan sampai radius ribuan kilometer jauhnya.

Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Negara Yang Membuang Sampah Ke Gunung Berapi

Pencemaran udara tersebut nantinya akan menganggu siklus hidrologi atau siklus air hujan. Sehingga timbul hujan asam dengan dampak yang paling terburuk. Pertanian, Perikanan, dan Kehidupan manusia benar-benar akan terganggu.

Agan mungkin tidak akan bisa keluar rumah atau menerobos hujan karena sifat korosif dari hujan asam mengikis permukaan tubuh agan. Bahkan atap rumah agan yang terbuat dari seng misalnya. Perlahan-lahan akan ditembus air hujan asam.

Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Negara Yang Membuang Sampah Ke Gunung Berapi

Hal mengerikan belum berakhir disitu saja. Sebagai contoh, kita berhasil menaruh timbunan sampah hingga gunung api tertutup seluruhnya bahkan erupsi tidak muncul lagi. Hal yang paling mengerikan justru terjadi.

Jadi dengan adanya subduksi antar lempeng tektonik, magma di dalam gunung lama kelamaan dipaksa untuk keluar. Namun karena rupanya sampah menghalangi magma untuk keluar, akhirnya energi vulkanik bertekanan tinggi terus tertahan hingga memiliki kekuatan yang begitu dahsyat.

Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Negara Yang Membuang Sampah Ke Gunung Berapi

Maka ketika sampah yang menyumbat gunung sudah tidak mampu menahan energi vulkanik bertekanan sangat dahsyat tersebut, fenomena gunung meletus yang menggelapkan dunia terjadi. seperti fenomena Krakatau 1883. Dimana seluruh dunia menjadi gelap karena letusan dahsyat yang dihasilkannya menghamparkan asap dan debu vulkanik ke seluruh penjuru dunia.

Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Negara Yang Membuang Sampah Ke Gunung Berapi

Kejadian tersebut telah tercatat dalam sejarah dunia menjadi fenomena gunung meletus terburuk yang pernah ada bahkan menyebabkan pertanian menjadi tidak bisa dilakukan berbulan-bulan lamanya. Menimbulkan kelaparan di seluruh dunia dan ekonomi yang begitu merosot.

Hal lainnya yang membuat ide membuang sampah di gunung tidak pernah direalisasikan adalah dari segi biaya. Mengantarkan sampah dan membuat instalasi pembuangannya di dekat Gunung berapi akan ditemui banyak kendala.

Misalnya pembuatan jalan dan instalasi pembuangan sampah di daerah yang memiliki kemiringan ekstrim akan memakan banyak biaya belum lagi biaya perawatannya bila terjadi erupsi secara berkala.

Mengangkut 2,12 milyar ton sampah pertahunnya ke gunung menggunakan truk juga akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar sehingga sama saja seperti menghasilkan emisi karbon dalam jumlah banyak atau akan berdampak pada pemanasan global.


Quote:



Sumber : Disini, Disini, dan Disini
Sumber gambar : Google.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
afreedaorella dan 65 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dompetjadipeci
Halaman 1 dari 6
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rens09 dan 4 lainnya memberi reputasi
Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Negara Yang Membuang Sampah Ke Gunung Berapi

Ora umum.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkifadhilah09 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Negara Yang Membuang Sampah Ke Gunung Berapi

Thanks for the Bata om.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitriasarina dan 8 lainnya memberi reputasi
yap betul gan.. dampaknya pemanasan global nih..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitriasarina dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
waduh ngeri juga gan
apalagi beberapa lagi batuk2 ni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitriasarina dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
cukup alam saja yg meracik, jangan ditambah bumbu lain. ntr malah keracunan sendiri
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MyWildSide9 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
cukup sampai TPA saja sampah itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitriasarina dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wah pengetahuan baru nih, mungkin istilahnya gunungnya jadi disumpel kali ya kalo ditimbun pake sampah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rens09 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
waduh ngeri jg ya, gw pikir bs lgsg abis tak bersisa itu sampahnya emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitriasarina dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
masih nunggu trit buang sampah di blackhole emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitriasarina dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
ketimbang ngebuang, sebaiknya butuh tindakan produktif aktif spt:
- sampah organik difermentasi dan dijadikan pupuk
- sampah non organik dileburkan dijadikan bahan mentah baru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
utk pupuk organik (sampah dapur), berhubung ane punya kebun luas dan banyak jenis tanaman buah/sayur, jadi ya tinggal nimbun aja tiap hari dlm tanah deket tanaman.
soal fermentasi biarlah cacing yg ngurus emoticon-Big Grin
menurut ane tahap ini masih bisa dilakukan tingkat rumah tangga.
efektif utk yg hobi nanam. walau sedikit dan bertipe tabulampot.

sampah organik ini kalo kita jelasin manfaatnya pada tanaman (dan bantu praktekin sampe panen), gw yakin emak emak pada follow emoticon-Big Grin
krn kebutuhan dapur sudah bisa dihasilkan sendiri. dan itu menghemat uang belanja.

- - - -

kalo non organik sih ane cuma jual ke tukang barangbekas aja. biar dia yg urus emoticon-Ngakak

menurut ane, sampah non organik ini yg paling susah dicerna/daur ulang. karena itu banyak org yg enggan melakukan, selain juga butuh biaya besar utk mendaur-ulangnya.

- - - -

jadi kesimpulan utk sementara, saat ini kita cuma bisa bantu memperkecil jumlah limbah organik dgn sistem pertanian tradisional.
profile-picture
profile-picture
dompetjadipeci dan kakekane.cell memberi reputasi
tapi pr juga sih kalau harus mikir cara ngebuangnya ke magma yang fresh from the oven gitu, daripada mencari alternatif untuk cara buang ke gunung berapi lebih baik kita bijak dalam mengelola sampah 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dompetjadipeci dan 2 lainnya memberi reputasi
Oh jadi itu alasan mengapa tidak ada negara yang membuang sampah ke gunung berapi

Nice thread gan, sungguh bermanfaat dan menambah wawasan
profile-picture
profile-picture
dompetjadipeci dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh rfebrian
dejavu nih thread
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitriasarina dan 3 lainnya memberi reputasi
Bener juga yah Gan😰
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitriasarina dan 2 lainnya memberi reputasi
Wah informasi baru lagi nih buat ane Makasih Gan Sist menambah ilmu banget nih thread nya
profile-picture
profile-picture
fitriasarina dan dompetjadipeci memberi reputasi
lahiyaa wkwkwk masuk akal kan bisa lngsng angus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitriasarina dan 2 lainnya memberi reputasi
bahaya juga nih kalau kita buang sampah sembarangan nggak boleh ditiru dan bisa merusak alam dan ekosistem
profile-picture
profile-picture
dompetjadipeci dan kakekane.cell memberi reputasi
Sangat berbahaya, memang sudah merupakan yang terbaik yaitu membuang sampah pada tempatnya dan diolah dengan bijak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitriasarina dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di