CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hal yang Harus Dimiliki Penyiar Radio
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef979d4facb9557eb329522/hal-yang-harus-dimiliki-penyiar-radio

Hal yang Harus Dimiliki Penyiar Radio

Sudah bejibun penyiar radio yang terjun ke profesi lain, misalkan MC (master of ceremony), bintang iklan, hingga masuk ke ranah fim. Tak lain, juga dipengaruhi oleh kesuksesan mereka saat menjadi membawakan sebuah program di radio. Memilih profesi sebagai radio announcer sendiri memang bukan profesi yang gampang, karena ada banyak hal yang tentu harus dikuasai. Sebagai contoh, seorang penyiar radio harus memiliki Air Personality, dimana penyiar radio memiliki daya tarik yang muncul akan kemampuan menampilkan sesuatu yang khas yang nggak dimiliki oleh orang lain. Nah, bagi Agan Sista yang mau jadi penyiar radio, pikir-pikir dulu deh gan, berat!… karena agan kudu memiliki sederet hal berikut ini.
Hal yang Harus Dimiliki Penyiar Radio

Credit BBC



Agan Termasuk Orang yang Percaya Diri?
Ini jadi modal pertama kalau agan mau jadi penyiar radio, karena seorang penyiar radio kudu percaya diri. Seorang Radio DJ atau radio announcer harus mampu siaran dengan baik agar program yang dibawakan jadi menarik. Seorang penyiar radio tak boleh malu-malu atau terdengar ragu dalam siaran ketika on air. Tentu, kepercayaan diri sangat penting bagi agan yang mau jadi penyiar radio.

Up to date
Duh.. ini apalagi gan, sangat penting! Seorang radio announcer kudu memiliki pengetahuan up to date dengan informasi kekinian. Hal ini sangat berguna ketika siaran agar bisa jadi bekal pokok bahasan. Intinya, kalau mau jadi penyiar agan kudu ngerti dengan berbagai informasi yang terjadi sekarang ini.

Wajib Hukumnya Suka Musik
Siaran radio emang nggak bisa lepas dari musik, sehingga kalau agan mau jadi radio announcer haruslah memiliki rasa kecintaan akan musik. Selain itu, agan pun juga wajib memiliki pengetahuan yang baik soal musik. Mengingat musik jadi salah satu hal yang penting dalam dunia penyiaran radio, dan sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendengar.

Artikulasi dan Vokal Enak Didengar
Penting nih gan, penyiar radio itu 100% yang dijual adalah suara. Makanya, artikulasi dari berbagai ucapan seorang penyiar haruslah jelas dan dapat diterima oleh pendengar. Selain artikulasi yang jelas seorang penyiar juga harus memiliki vokal yang baik dan enak didengar. Seorang penyiar nggak asal ngomong, tetapi juga bisa mengatur nada dan tempo dalam berbicara sehingga enak didengar. 
Hal yang Harus Dimiliki Penyiar Radio

Bagi GanSis ang mau tau lebih soal artikulasi dan vokal, Agan bisa ngabsen #FestivalKelasKaskus Vol 2 di Kelas Broadcasting. Bareng Reza Alqadri kelas ini bakal mengupas tentang “Teknik Siaran dengan Berlatih Intonasi, Artikulasi & Power”.
Sayangna acara ini terbatas cuman untuk 75 orang pendaftar pertama, jadi bagi agan sista yang berminat mendingan langsung aja daftar sekarang melalui (DAFTAR DISINI). Kelas ini akan dilaksanakan Minggu, 5 Juli 2020 mulai dari pukul 14.00 – 16.00 WIB dan disiarkan secara live di aplikasi Zoom dan KASKUS TV

Punya Kepekaan Dengan Situasi
Agar mampu menyita perhatian pendengarnya, seorang penyiar kudu mampu menjaga suasana siaran. Untuk bisa menjaga suasana siarannya, penyiar harus memiliki kepekaan terhadap berbagai situasi. Misalkan saja cuaca panas  / hujan, kondisi macet karena ada kecelakaan dan situasi lainnya yang bisa jadi bahan obrolan dalam siaran tersebut.
Hal yang Harus Dimiliki Penyiar Radio

Selain lima hal di atas, seorang penyiar radio juga dituntut untuk bisa Menjaga Emosi, Memiliki Spontanitas yang Baik, Menjaga Konsentrasi, Memiliki Selera Humor, dan tentunya harus memiliki Wawasan Luas.  

Itulah beberapa hal mengenai skill teknis dan non teknis yang wajib dimiliki apabila agan ingin menjadi penyiar radio. Kelas Broadcasting yang ada di #FestivalKelasKaskus Vol 2 tentu bisa menjadi wadah agar Kaskuser bisa menimba ilmu bareng mentor yang tentunya sudah berpengalaman dalam bidang tersebut. 

Akhir kata, terima kasih dan silahkan berkomentar atau mau kasih tambahan? Boleh banget gan, tinggal ninggalin jejak di kolom reply. emoticon-2 Jempol



profile-picture
profile-picture
nomorelies dan nanda04 memberi reputasi
Modal utama.....tidak bisu tuli emoticon-Ngacir
sempet pengin jadi penyiar, tapi ane gak pede, cuma penginn bangett
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Ane selalu pengen punya suara bagus kek penyiar, karena itu salah satu kunci kesuksesan, suara enak, bisa ngomong di depan umum adalah sebuah privillege sih
jadi inget dulu pas SMA ada praktek kerja plih jd penyiar radio, trs katanya suara ane kecemprengan, tp kl latian bisa pasti wkwkwk
modal utama suara enak sih. kl suara enak udh gampang tnggal d latih lagiii. senoga yg bercita2 jd penyiar bisa tercapai
cita cita banget dulu jadi penyiar radio gara2 sering dengerin radio bisa ke konser2, wawancara musisi keren dahh
Beberapa kali orang yang baru kenal saya mengatakan bahwa suara saya cocok menjadi penyiar, tetapi saya belum percaya diri untuk ke arah sana, hehehe.
ane sering banget naksir sama suara penyiar radio padahal belum pernah liat mukanya
Setuju bangettt, as an announcer tuh bener bener harus ready semuanya, no matter how we look di saat itu tp suara san pikiran harus bener bener singkron.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di