CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Berkah di Hari Senin, Yuk Puasa Sunah dan Semangat Bekerja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef96e7d7e3a7226ae27a0a0/berkah-di-hari-senin-yuk-puasa-sunah-dan-semangat-bekerja

Berkah di Hari Senin, Yuk Puasa Sunah dan Semangat Bekerja

Berkah di Hari Senin, Yuk Puasa Sunah dan Semangat Bekerja


MATA INDONESIA, JAKARTA – Lagu I Dont Like Monday Bob Geldof biasanya diputar di radio-radio saat memasuki hari Senin.

Hari Senin seringkali menjadi hari yang tak diinginkan semua orang. Persepsi itu sudah terpatri di benak hingga terkadang seseorang menjadi lebih gelisah atau cemas saat akan memasuki hari Senin.

Ahli neuroscience dan penulis buku ‘Life With Breath’ Ed Harrold menuturkan sebenarnya yang dibenci bukanlah hari Senin. Tetapi yang dibenci adalah persepsi tentang apa yang akan dijalani selama hari Senin. Hari Senin adalah hari dimulainya suatu siklus pekerjaan atau siklus kehidupan baru setelah menikmati akhir pekan.


Mulai dari tugas kantor bagi para pekerja atau karyawan, tugas sekolah bagi para pelajar atau mahasiswa, dan tugas lain dari berbagai macam profesi yang ada. Hal ini dikarenakan banyak para pekerja, karyawan dan pelajar yang harus kembali merasakan tekanan setelah berlibur dan beristirahat di akhir pekan.


Walaupun banyak yang merasa malas untuk memulai aktivitas di hari Senin, ternyata banyak sekali keutamaan khususnya bagi umat Muslim yang bisa didapatkan dengan cara selalu berpikir positif dan bekerja secara produktif. Pada hari Senin terdapat lima keutamaan dan peristiwa yang harus diketahui dan sebagai motivasi untuk memulai berbagai macam aktivitas.


Di antara keutamaan tersebut adalah:


Pertama, bagi umat Islam, Senin merupakan hari dimana Nabi Muhammad SAW lahir dan wafat. Nabi Muhammad saw merupakan rasul paling mulia di antara seluruh rasul.


Kedua, hari Senin adalah hari yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk berpuasa. Tentang amalan puasa hari Senin Rasulullah bersabda:


Amal amal diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. Tirmidzi)


Ketiga, pada hari Senin dan Kamis pintu-pintu surga terbuka. Orang-orang Muslim diampuni dosanya, kecuali dua orang Muslim yang sedang bermusuhan. Dalil yang menguatkan hal ini adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Dari Abu Hurairah Rasulullah bersabda;


Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.”


Keempat, hari Senin adalah hari diturunkannya Al-Qur’an. Maka janganlah kita membenci hari Senin karena hari tersebut petunjuk bagi seluruh umat manusia diturunkan oleh Allah swt. Dan barang siapa yang mengikuti petenjuk (Al Quran dan As-Sunnah) maka dia tidak akan pernah tersesat untuk selama-lamanya.


Kelima, pada hari Senin seluruh dosa orang yang beriman diampuni. Keutamaan meninggal hari Senin juga memiliki makna tersendiri. Di hari Senin, amalan manusia akan diangkat dan pintu surga terbuka. Sehingga Rasulullah menganjurkan untuk umat Muslim puasa Senin dan Kamis.


Jadi gaess, nggak usah khawatir dan cemas menghadapi hari Senin. Nikmati keberkahan di hari Senin.


Sumber :



Semangat semangat


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di