CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef92ba768cc9572a81d0d80/hasto-akui-ruu-hip-diusulkan-pdip

Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP

Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP

Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengaku Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) diusulkan oleh fraksi partainya di DPR.
Belakangan usulan RUU HIP ini mengundang pro dan kontra di masyarakat. Sehingga, Hasto menyebut pihaknya membuka dialog dengan siapapun.

"Maka dengan adanya rancangan undang-undang yang kami usulkan, PDI Perjuangan tentu saja membuka dialog," kata dia dalam sebuah webinar, Minggu malam (28/6).


"Kami selalu bermusyawarah, PDI Perjuangan bukan partai yang menang-menangan. Dibakar kantornya saja kita menempuh jalur hukum."

Pernyataan Hasto ini menjawab teka-teki soal fraksi pengusul RUU HIP. Selama ini fraksi-fraksi di DPR RI, terutama di Badan Legislasi (Baleg), enggan mengungkap fraksi yang mengusulkan aturan itu. Mereka hanya menyebut RUU HIP adalah inisiatif DPR.

Anggota Panitia Kerja RUU HIP dari Fraksi Partai Demokrat Herman Khaeron sebelumnya juga sempat menyebut Fraksi PDIP di DPR RI sebagai inisiator rancangan perundangan itu.

Lebih lanjut, menurut Hasto, selama ini, ada pihak-pihak yang menunggangi isu RUU HIP dengan menjadikan PDI Perjuangan sebagai partai yang ingin merubah pancasila menjadi ekasila dan trisila.

"Tidak etis untuk mengatakan bahwa trisila atau ekasila bukan usulan dari PDI Perjuangan. Tetapi kita melihat bahwa itu dulu adalah suatu gagasan otentik dari bung Karno," ucap dia.


Ia menjelaskan, gagasan ekasila dan trisila muncul saat ketua BPUPKI Radjiman Wedyoningrat meminta Bung Karno untuk menyampaikan gagasannya terkait dengan dasar negara Indonesia.

Lalu Bung Karno mengajukan tiga alternatif, yaitu, pancasila, trisila atau ekasila yang merupakan intisari kepribadian bangsa Indonesia yakni gotong-royong.

"Tetapi itu adalah suatu perjalanan sejarah kita sebagai bangsa. Untuk itu hendaknya jangan ditunggangi kepentingan politik, karena PDI Perjuangan, kita yang paling kokoh di dalam jalan Pancasila itu. Kita enggak mungkin merubah pancasila karena itu digali Bung Karno," ucap dia.

Di sisi lain, saat ini, ia menyebut PDI Perjuangan setuju agar nomenklatur RUU HIP diubah menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila. Hal ini, kata dia, untuk mengatur dan memperkuat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Terkait dengan RUU HIP. PDI Perjuangan setuju untuk dirubah menjadi RUU pembinaan ideologi pancasila. Mengapa? yang namanya pramuka saja ada UU-nya, arsip nasional ada UU, BNN ada UU. Masa kita tidak jaga ideologi yang otentik digali dari bumi Indonesia," ucap dia.

RUU HIP menjadi polemik sejak beberapa hari terakhir. Ada beberapa poin yang dipersoalkan sejumlah pihak.

Pertama, TAP MPRS No. XXV tahun 1966 tentang Pelarangan Partai Komunis Indonesia dan Ajaran Komunisme, Marxisme, Leninisme tidak dijadikan peraturan konsideran. Sejumlah fraksi partai politik menilai TAP MPRS tersebut perlu dimasukkan dalam bagian menimbang.

Kedua, ada pasal dalam RUU HIP yang mengatur tentang Trisila dan Ekasila. Sebagian pihak merasa Pancasila dikerdilkan, sehingga menolak keberadaan pasal tersebut.

Kelompok yang menolak RUU HIP sempat berunjuk rasa di depan Gedung DPR, Jakarta pada Rabu lalu (24/6). Sejauh ini, pemerintah juga meminta pembahasan RUU HIP usulan DPR agar ditunda.

(yoa/eks)


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...diusulkan-pdip

Kalo mengaku geetu kan enak tho, masak ditinggal 6 fraksi dulu baru mo jujur

Btw akhirnya si hasto jujur juga kalo RUU HIP itu untuk memperkuat posisi simbok di bpip.

Masalahnya to, pancasila itu beda dengan sukarnoisme. Pancasila 1 juni 1945 yang di bela Partai Bapers

Pancasila 1 juni 1945 adalah hasil pemikiran Sukarno berbeda dengan Pancasila 18 Agustus 1945 yang merupakan kesepakatan para fouding fathers dan titik temu bersama untuk mengatur bangsa dan negara.

Pancasila yang sekarang versi 18 Agustus adalah titik temu antara pancasila usulan kaum agamais yang menghendaki syariat islam dan pancasila usulan sukarno yang menghendaki sekulerisasi di indonesia

Ketika partai bapers berkuasa kemudian dibentuklah bpip, sampe disini ga masalah.

Akan tetapi ketika pemikiran yang dipake adalah hanya pemikiran sukarno, pancasila yang di pake kemudian maksa versi 1 juni yang coba di perkuat dengan payung hukum berupa RUU HIP ya itu artinya menang sendiri menghianati kesepakatan politik para founding fathers atau bahkan bisa dibilang kudeta konstitusi

Merubah pancasila secara substantif, Ketuhanan yang maha esa dirubah pendekatanya menjadi Ketuhanan yang berkebudayaan. Kejadian Kudeta Konstitusi terjadi lagi, azas pemilu permusyawaratan perwakilan sesuai sila 4 pancasila diganti dengan populer vote atau one man one vote


Oya to hasto, gimana kabar Harun Masiku? Sehat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bobby.boy dan 53 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 121131
Halaman 1 dari 6
aku pancasila aku indonesia
tapi malah berkhianat ke Pancasila

ingat hasto ingat mencret
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh darmaboy
Ayo nangis nangis lagi to emoticon-Ngakak emoticon-Bola
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamikaze118 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yg lucu nya PDIP mau ngotak-ngatik pancasila lngsung dituduh komunis
tp kok yg teriak2 pancasila thogut gk di labelin komunis jg sih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
majorminor666 dan 34 lainnya memberi reputasi
Lihat 34 balasan
hasto the tampolable face emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lentogimbluk dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 11 balasan
ga ada masalah banteng sdh merasa sangat kuat, siapa macem² bakal dilibas alias ditanduk emoticon-Ngakak (S)

kpk aja kalah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daroi
Lihat 1 balasan
Quote:


Lah,emng teriak2 itu pasif?
Provokasi itu jg dihitung aksi
Tujuan nya sama,beda jarak nya aja,si PDIP tinggal bbrp langkah yg teriak2 pancasila thogut msh diseberang pulau
Itupun klo beneran HIP itu arah nya kesana,gw blm baca isi nya dan blm ada rencana buat peduli jg ama bgtuan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Haalah..., TS-nya mau bilang Pancasila 1 Juni sebagai versi pantat tapi sungkan rupanya ... emoticon-Ngakak

Dan 'nggak perlu bicara panjang lebar mengenai permusyawaratan perwakilan ...
Jangan berusaha mlintir, dan menggiring opini ...
Pilgub Jakarta 2017 menjadi saksi tidak bisu mengenai hal itu. Bahwa hal apapun akan dilakukan pada ranah politik guna meraih kekuasaan. Termasuk penggunaan preman-preman politik, menggulirkan isu-isu negatif guna penggiringan opini masyarakat.
Permusyawaratan-perwakilannya mana ?
Dan .. ketika ada keinginan untuk menegakkan permusyawaratan-perwakilan itu, terlihat pihak-pihak yang tidak suka menggunakannya cara itulah yang kemudian banyak berulah. Termasuk para preman politik yang selama ini mendapat keuntungan dari cara-cara yang bertentangan dengan permusyawaratan-perwakilan itu.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
handa 23 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
seharusnya langkah PDIP (bapak saya) sudah tepat, pidato bapak saya dijadikan visi misi >>>>didukung rezim sekarang lahirnya pancasila ditetapkan 1 juni 1945 >>>>muncul BPIP >>>>penerapan idiologi pancasila (pidato bapak saya) dengan mengusulka HIP

sebenarnya masalah hari lahir pancasila 1 juni 1945 sudah banyak yang memberi masukan bawa bukan 1 juni 1945 Munculnya pembahasan rencana dasar negara Pancasila memang mulai sidang BPUPKI pertama jadi proses itu pancasila sedang dibuat belum lahir nah pancasila baru lahir tanggal 18 Agustus 1945 termaktub di pembukaan UUD 1945 alinea ke 4
bukti pancasila sedang di buat dan lahir tanggal 18 agustus 1945

langkah ke 2 PDIP sukses

cmiiw
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Anjing2nya PDIP di kaskus masih denial? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Ternyata partai yg katanya komunis berani jujur.. emoticon-Malu (S)

coba bandingin ma kelompok yg katanya bela agama, bela Al Qur'an dan bela ulama.. soal bendera aja masih bohong.. apalagi soal umroh.. emoticon-Ngakak (S)

Quote:



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
handa 23 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
gw jadi kangen fadli zon + fahri hamzah

walo keliatan sampah.tpi perkataan mreka banyak yg benar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
paganisme dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

PDIP kena tikung


emoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Hehehe akhirnya ngaku juga
profile-picture
profile-picture
angga_nero dan kakekane.cell memberi reputasi
Mantaplah. Akhirnya mengakui. Lebih bijak sudahi saja alias dihentikan. Biar ga ada beban buat Presiden Jokowi dalam menghadapi pandemi, akibat ulah Partai Bapers yang ingin ngerubah pancasila. Haha
profile-picture
profile-picture
angga_nero dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh tomolavin
Lihat 1 balasan
sekarang ada sebutan baru nih buat orang2 cebonger....komunis....klo kaum sebelah di sebut kadrun.......jgn marah ya ..klo gw sebut ente komunis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NicolasRedFox dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sebelumnya. Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Arsul Sani menyatakan inisiator RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) adalah Fraksi PDI Perjuangan. Pernyataan itu disampaikan Arsul menjawab pertanyaan dari Refly Harun, yang mempertanyakan siapa inisiator RUU ini.

"RUU itu kan usulan dari beberapa anggota DPR, ya memang dari teman-teman Fraksi PDI Perjuangan," ujar Arsul Hal ini disampaikan Arsul dalam diskusi Dua Sisi di tvOne.

Setelahnya itu... Anggota Panitia Kerja rancangan undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dari Fraksi Partai Demokrat Herman Khaeron menyebut Fraksi PDIP di DPR RI sebagai inisiator rancangan perundangan itu.

Herman menyampaikan hal tersebut saat menjelaskan perjalanan RUU HIP dalam webinar yang digelar Partai Demokrat. Herman menjawab pertanyaan moderator Munawar Fuad.

"RUU ini masuk dalan Prolegnas dan prioritas 2020 yang tentu diusulkan, ada inisiatornya kita tidak perlu menyebutkan," kata Herman dalam webinar yang digelar Partai Demokrat, Jumat (26/6).

Kenapa tidak disebutkan, Mas?" ucap Munawar menyela.

"Sudah jadi rahasia umum toh? Fraksi PDI-Perjuangan," tutur Herman.


Akhirnya... Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengaku Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) diusulkan oleh fraksi partainya di DPR.

Jujur itu bagus.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Quote:

BPIP itu Instansi paling SAKTI
Alasan nya?

Quote:

Jadi selama ini BPIP berdiri dan menjalankan tugasnya TANPA ADANYA LANDASAN??? emoticon-Ngakak Ajaib! emoticon-Wakaka
Btw tugas BPIP selain nyelenggarain Konser apa? Apa sepak terjangnya? emoticon-Wkwkwk
Sepertinya ada tangan-tangan yang ingin agar BPIP mempunyai Power... hmmm... emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Pancasila punya bapak saya
emoticon-Cool

Kalian semua kudu manut karo aku, tak sruduk koe emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamikaze118 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Betjanda
ini mah pengalihan isu mau resesi kitak kitak
kadrun mau aja digocek emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di