CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Dikenal Berbahaya Ternyata Inilah Beberapa Manfaat dari Jamur Enoki
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef911fa349d0f214873e061/dikenal-berbahaya-ternyata-inilah-beberapa-manfaat-dari-jamur-enoki

Dikenal Berbahaya Ternyata Inilah Beberapa Manfaat dari Jamur Enoki

Dikenal Berbahaya Ternyata Inilah Beberapa Manfaat dari Jamur Enoki


Agan - agan pasti tidak asing kan dengan jamur enoki yang viral dan menjadi perbincangan pada belakangan ini. Jamur ini menjadi perbincangan karena ditemukan bahwa jamur asal korea selatan itu tercemar bakteri Listeria monocytogenes. Bakteri ini dapat menyebabkan wabah listeria seperti yang terjadi di AS, Kanada dan Australia. Bagi agan - agan pecinta shabu - shabu pasti akrab dengan jamur ini. Jamur panjang yang sering dijadikan kaldu ini tidak hanya serta merta berbahaya namun juga memiliki berbagai manfaat didalamnya yang telah TS rangkum dari beberapa artikel yaitu seperti:


Menjaga Ketahanan Tubuh
Spoiler for hot.liputan6.com:

Kandungan jamur enoki sangat kaya akan senyawa protein. Protein dapat menjaga ketahanan tubuh agar tetap kuat dan juga memperkuat sistem imun kita. Di masa pandemi ini mungkin sangat diperlukan bukan? Senyawa lain yang terkandung di dalamnya yaitu adanya tiamin, niasin, kalium, kalsium, tembaga, besi dan berapa asma amino didalamnya. Semua senyawa itu menjadikan jamur ini sebagai obat berbagai penyakit seperti infeksi hati, kolesterol tinggi, sakit perut dan darah tinggi pada pengobatan tradisional China dan Jepang. Ekstrak jamur ini juga dapat mencegah trigliserida yang dapat menyebabkan resiko penyakit jantung meningkat.


Pencegah Diabetes
Spoiler for merdeka.com:

Penyakit diabetes tipe 2 dapat diobati dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Serat tinggi pada makanan dapat memicu tubuh untuk menghasilkan hormon insulin. Penyerapan gula berlebih dapat dicegah dengan adanya hormon insulin ini. Pada jamur enoki banyak ditemukan kandungan serat yang tentu berguna dalam memicu tubuh memproduksi insulin.


Menjaga Kesehatan Pencernaan
Spoiler for hellosehat.com:

Jamur enoki dikenal kaya serat dan juga mengandung vitamin B sangat tinggi. Kedua kandungan yang ada di jamur enoki tersebut dapat meningkatkan tubuh untuk menghasilkan hormon - hormon pencernaan. Di dalam jamur ini juga terdapat asam linoleat yang fungsinya untuk memgurangi lemak dalam usus. Asam linoleat berfungsi juga untuk mengaktifkan protein agar konsumsi lemak dalam pencernaan menurun. Dengan mengkonsumsi jamur ini tentu dapat digunakan sebagai alternatif diet yang efektif.


Mencegah Anemia dan Hipertensi
Spoiler for hellosehat.com:

Jamur enoki dapat mecegah terjadinya hipertensi karena kandungan kalium didalamnya. Kandungan kalium ini dapat mengurangi ketegangan darah pada pembuluh sehingga membuat aliran darah lebih lancar. Di dalam jamur enoki juga terdapat kandungan zat besi. Zat besi ini dapat mengatasi penyakit kekurangan zat besi atau anemia.


Menguatkan Ingatan
Spoiler for tirto.id:

Jamur ini dapat memajukan mental dan meningkatkan ingatan akibat kandungan asam amino di dalamnya. Asam amino di dalam jamur enoki cukup banyak. Jamur ini cocok untuk membentuk dan menambah tingkat kecerdasan dari anak - anak dan meningkatkan memori orang dewasa.


Melawan Kanker
Spoiler for hellosehat.com:

Hasil riset telah menunjukkan bahwa jamur enoki dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara. Pada jamur enoki terdapat kandungan senyawa sesquiterpene dan bersifat sitotoksik terhadap sel kanker. Senyawa ini dapat merusak sel sel kanker yang ada pada tubuh. Selain itu juga terdapat senyawa polisakarida yang dapat mengurangi resiko kanker.


Kaya akan Antioksidan
Spoiler for pixabay.com:

Antioksidan yang terdapat dalam jamur enoki dapat membantu tubuh dalam memeranhi berbagai penyakit. Selain itu antioksidan juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit kronis. Fungsi lain antioksidan yaitu meningkatkan fungsi otak, membentuk dna dan juga menambah energi. Di dalam jamur enoki terdapat kandungan antioksidan seperti asam galat, caffeic acid, quercetin dan katekin.


Itulah tadi berbagai manfaat dari jamur enoki yang telah TS rangkum dari beberapa sumber. Jamur enoki tentu baik untuk tubuh kita bila pengolahannya benar. Cuci jamur dengan bersih dan masaklah hingga benar - benar matang agar semua bakteri yang menempel menjadi mati. Jamur enoki dapat bermanfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan.

Sekian dari TS apabila ada kekurangan mihon maaf dan jangan lupa cendolnya ya gan
emoticon-2 Jempolemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-2 Jempol


Sumber:
https://www.sehatq.com/artikel/7-man...ntuk-kesehatan
https://m.liputan6.com/hot/read/4141...-risiko-kanker
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan Jliebjoe memberi reputasi
ada satu yang tidak baik
langsung semua dianggap buruk
tanpa mempertimbangkan kebaikannya
jadinya ditarik dari peredaran
profile-picture
mathakmka memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ganti jamur tlek sapi aja gan
Lihat 3 balasan
enak banget jamur enokii huhu, tapi hindari dulu deh sampe bener2 aman dikonsumsi
Lihat 1 balasan
+menyukseskan program KB
Kemarin habis makan alhamdulillah gak kenapa2 haha
Hmmmm memang semua pasti punya nilai manfaatnya masing masing, tapi better ikuti protokol kesehatan dulu aja karena ada larangan jd tunda dulu aja utk konsumsi ini heheheh
Gw baru tau klo beracun, untung blm pernah makan emoticon-Hammer2
berbahaya apabila salah dalam memprosesnya sih
padahal banyak manfaatnya lho jamur enoki ni
lucu juga bentuknya, kepalanya buler begitu, badannya panjang banget hahahahahaha
kalo dijadiin crispy mushroom enak sih ini
sama mayo sauce beuhhhhhhh
salah satu makanan yang enak, tapi sekarang jadi perlu ekstra hati-hati kalau mau makan ini emoticon-Thinking


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di