CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Mendes PDTT Apresiasi Konsep Kampus Desa UNY
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef8fdbdb41d3076217b24a7/mendes-pdtt-apresiasi-konsep-kampus-desa-uny

Mendes PDTT Apresiasi Konsep Kampus Desa UNY

Mendes PDTT Apresiasi Konsep Kampus Desa UNY

GUNUNGKIDUL - Rencana memberikan apresiasi perangkat desa untuk bisa melanjutkan sekolah di perguruan tinggi dengan konsep Kampus Desa yang digagas Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa mendapat sambutan positif.

Menteri Desa Pembanguna Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mendorong konsep Kampus Desa menjadi program nasional.

"Ini memang yang saya harapkan. Selama ini perangkat desa termasuk kepala desa sudah bekerja nyata. Melakukan pembangunan, menekan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan, mereka memang layak mendapatkan apresiasi menempuh pendidikan tinggi Strata 1," terangnya usai dialog dengan para Kepala desa di Gunungkidul, Sabtu (27/6 /2020) petang.

Baca Juga:

Langkah yang dilakukan Rektor UNY, lanjutnya merupakan motor yang bisa dijadikan untuk rujukan nasional. Pihaknya juga sudah menjadikan konsep kampus desa sebagai program nasional.

"Ini sudah kita bicarakan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tinggal bagaimana nanti kampus menjalankan. Program sesuai kebijakan masing-masing kampus di Indonesia," katanya.

Menurutnya kerjasama perguruan tinggi dengan desa sangat penting dilakukan. Terutama pendampingan desa terkait Dengan aspek perencanaan desa.

"Dengan demikian ketika dana desa turun desa langsung tanggap dalam menyusun Rencana anggaran pendapatan dan belanja desa," tandas pejabat yang akan menerima anugerah doktor honoris causa dari UNY ini.(Baca juga : Maju Pilkada, Prof Sutrisno Wibowo Siap Mundur Dari Rektor UNY)

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya emnjamain dana desa tetap akan turun untuk menjamin akselerasi pembangunan di Desa.

Sementara rektor UNY Sutrisna Wibawa mengungkapkan, pihaknya serius memberikan apresiasi bagi desa. Pola pendidikan yang ditawarkan akan menggunakan pola recognisi pembelajaran lampau (RPL). "Dengan demikian pendidikan yang sudah dilakukan akan dihargai dan tinggal melanjutkan saja, nanti kurikulum kita seperti itu," ulasnya.

Pihaknya juga terus berusaha melakukan berbagai teknologi tepat guna yang akan dibawa ke desa. Dengan demikian sinergis antara perguruan tinggi dan desa bisa terwujud. "Karena kunci pembangunan adalah sumber daya manusia. Kita terus dorong SDM di desa untuk terus meningkat sehingga desa menjadi lebih maju. Karena emamang kita membutuhkan harapan baru untuk Gunungkidul maju," pungkas tokoh yang siap maju menjadi Cabup Gunungkidul ini.


Sumber : https://daerah.sindonews.com/read/84...uny-1593367595

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Mendes PDTT Apresiasi Konsep Kampus Desa UNY Mendes PDTT Apresiasi Konsep Kampus Desa UNY

- Mendes PDTT Apresiasi Konsep Kampus Desa UNY Gegara Bertengkar dengan Pacar, Pemuda Ini Tewas di Kamar Kos

- Mendes PDTT Apresiasi Konsep Kampus Desa UNY Terima Kasih Sekali Pak, Saya Belum Pernah Punya Kambing



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di