CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Kuasai Market dengan Menerapkan 4 Strategi Marketing Pemasaran Produk Berikut!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef8c66688b3cb7fb7648f81/kuasai-market-dengan-menerapkan-4-strategi-marketing-pemasaran-produk-berikut

Kuasai Market dengan Menerapkan 4 Strategi Marketing Pemasaran Produk Berikut!

Dalam pasar yang dinamis perkembangannya, sangatlah penting bagi sebuah bisnis untuk menguasai 4 strategi marketing berdasarkan target pasar, agar dapat menguasai market secara mantap dan dominan.

Namun, sebelum menerapkan 4 strategi marketing berdasarkan target pasar, penting untuk mengetahui faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan target pasar tersebut. Apa sajakah faktor yang wajib diketahui?

Yang pertama adalah ukuran segmen itu sendiri. Kecenderungannya adalah perusahaan besar bakal memilih segmen pasar yang besar dan vice versa. Ini untuk menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing perusahaan.

Yang berikutnya adalah memperhatikan pertumbuhan segmen, dimana segmen yang mungkin sekarang relatif kecil, dapat berkembang di masa depan. Hal ini dapat dianalisa secara teliti dan cermat karena hal ini berhubungan dengan konsumen, para pemasok, dan para distributor.

Faktor selanjutnya yang harus diperhatikan dalam mengeksekusi 4 Strategi Marketing Pemasaran Produk, adalah memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini untuk mencegah sebuah bisnis mengeluarkan biaya yang terlalu besar, namun tidak mendapatkan hasil yang setimpal.

Setelah Anda mempelajari faktor di atas, saatnya untuk mengetahui apa saja 4 strategi marketing berdasarkan target pasar yang dapat diterapkan oleh bisnis Anda.

1. Direct Selling

Ini merupakan strategi pertama dari 4 Strategi Marketing Pemasaran Produk yang akan kami jabarkan. Strategi penjualan langsung ini, tentunya harus menyesuaikan dengan target pasar yang telah Anda tentukan.

Contohnya, bila Anda berbisnis baju anak-anak, tentunya Anda akan melakukan direct selling pada tempat atau lokasi yang banyak anak-anaknya, misal membuka stand dekat dengan area permainan anak di mall.

Anda juga dapat bekerjasama dengan toko mainan setempat, atau pada event yang khusus ditujukkan pada anak-anak, misal lomba menyanyi anak, acara fashion show anak dan lain sebagainya.
Jangan lupa untuk menambah kemampuan persusasif dari tim penjualan Anda. Bila menyangkut anak-anak, berarti harus dapat membujuk pihak orang tua perempuan yang biasanya menemani. Jika perlu, pakai tenaga penjualan yang mempunyai paras rupawan.


2. Earned Media

Strategi pemasaran produk yang kedua dari 4 strategi marketing berdasarkan target pasar adalah earned media. Kata lainnya ini adalah strategi untuk membangun brand dan membentuk image yang baik melalui media sosial.

Kembali pada contoh bisnis pakaian anak-anak. Untuk membangun image yang baik, tak ada salahnya bila mendokumentasikan kesaksian konsumen atas produk yang mereka beli, baik berupa tangkapan layar, foto maupun video.

Materi inilah yang dapat Anda posting di media sosial agar bisa dilihat baik baik oleh konsumen setia demi meningkatkan rasa loyal, ataupun untuk calon pembeli agar semakin yakin dengan bisnis Anda.

Bisa juga Anda sesekali menyisihkan sebagian keuntungan untuk melakukan charity atau kegiatan amal. Anda juga dapat mengajak konsumen ikut beramal, dengan cara menyisihkan keuntungan dari pembelian mereka untuk kegiatan tersebut.

3. Point of Purchase

Baik ketika mendisplay produk Anda di gerai retail modern maupun stand, perhatikan pon ketiga dari 4 Strategi Marketing Pemasaran Produk yang berikut ini. Strategi ini adalah dengan cara menempatkan material marketing atau iklan di dekat produk yang sedang dipromosikan.

Strategi ini sangat cocok diterapkan pada jaringan retail yang menjual berbagai macam produk. Menurut penelitian, sekitar 64% orang yang datang ke toko retail masih belum menentukan produk yang akan dibelinya. Kondisi tersebut dapat Anda manfaatkan dengan mengarahkan mereka untuk membeli produk Anda.

Oleh karena itu, product knowledge dan kemampuan komunikasi untuk menarik konsumen sangatlah penting. Demikian pula dengan ilmu untuk membuat display dengan desain khusus yang menarik dan menempatkannya pada tempat yang strategis seperti di dekat pintu masuk dan keluar.

Tim kami siap membantu Anda dalam merancang desain dan layout yang efektif untuk memaksimalkan strategi Poin of Purchase ini. Hubungi kami untuk mengetahui detail yang lebih jelas.

4. Internet Marketing

Di jaman yang serba digital ini, strategi terakhir dari 4 strategi marketing berdasarkan target pasar tentunya juga mencakup pemasaran secara digital. Caranya yang mudah dan cepat membuat strategi ini banyak dipilih. Selain itu, sudah banyak media sosial yang dapat menjadi pilihan seperti Instagram, Facebook, website, email marketing dan banyak lagi yang lain.

Hal yang harus diperhatikan utamanya menyangkut konten yang menarik pembeli. Bila bisnis Anda adalah baju anak-anak, desain dengan menggunakan sosok yang familiar, seperti Spongebob, Bis Tayo, Doraemon dan lainnya tentu akan lebih menarik perhatian pembeli.

Jangan segan untuk berinvestasi pada pihak yang dapat membantu Anda merancang sebuah program internet marketing yang efektif.

Informasi mengenai jenis-jenis strategi pemasaran produk serta manfaat yang telah dijabarkan di atas sangat berguna untuk Anda dalam menentukan strategi yang terbaik untuk produk yang Anda jual. Dengan memadukan strategi bisnis, target pasar, dan berbagai keunggulan produk yang Anda tawarkan, maka meminang hati para konsumer bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Sponsor artikel: https://www.KonsultanMarketingSurabaya.com/

Kuasai Market dengan Menerapkan 4 Strategi Marketing Pemasaran Produk Berikut!
Diubah oleh AdiProfitMaker


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di