CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Pengrajin Batik Dari Desa Untuk Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef8c1a668cc954b730f5bf1/pengrajin-batik-dari-desa-untuk-indonesia

Pengrajin Batik Dari Desa Untuk Indonesia

Pengrajin Batik dr daerah yang ingin melestarikan pembatik.
Banyak orang belum pernah mendengar nama Kuntjoro, karena dia lebih fokus produksi batik tulis.
Usianya jg dibilang masi muda kok, ama aku aja tuaan aku deh...
Sambil Jalan berkunjung di workshop Kuntjoro batik tulis.
Sewaktu kita berkunjung hanya ada 3 pembatiknya, sebetulnya ada 9, tp engga semua bisa hadir waktu itu... Yah kita datangnya jg dihari minggu gan.

Ini penampakan aktifitas dihari kerja gan

Pengrajin Batik Dari Desa Untuk Indonesia
Pengrajin Batik Dari Desa Untuk IndonesiaPengrajin Batik Dari Desa Untuk Indonesia

Walaupun hanya dari daerah, tapi pesanannya hingga ke mancanegara.
Workshopnya pun sederhana, secara kwalitas emang bagus si gan, harga jg bisa dibilang gak mahal2 kaya kita beli batik tulis dipameran.
Kadang kan dipameran ujuk bune mahalnyaaaa gileeeeeeee.

Kalau untuk pewarnaannya sendiri di Kuntjoro batik pakai sintetis, warna alam dia enggak memproduksi, katanya bingung mau jualnya, soalnya pasti lebih mahal.
Prinsipnya dia jualan jangan mahal2 asal tetep untung dan karyawan tetep kerja.

Tengok langsung aja ya gan videonya dibawah ini



Mas Kuntjoro enggak pernah mengikuti pelatihan batik, tp dia belajar dr pembatik dan orang2 yg memiliki usaha batik.
Tapi dia pernah kerja ikut orang dulunya, tukang gelar kain batik dilapangan, alias tukang jemurin batik2 dilapangan..
Biasanya batik cap deh gan yg kaya gt, nah makanya dia bermodal nekat.
Gak ada modal katanya, hanya ada uang cmn buat beli kain putihannya aja, yg cantingin batiknya alias pembatiknya dinego bayarnya kalau udah laku.
Untungnya pembatiknya itu baik hati gan, ga ada mslh dan dikerjakan.
Soalnya kata Kuntjoro, awal2 itu jg bukan pesanan si gan, itu hanya dia harus ada koleksj buat ditawar2kan.
Tapi emang gigih mas Kuntjoro ini akhirnya sampai banyak pelanggan dimana2.
Dia gak ada kepikiran sama sekali punya butik atau toko, dia lebih senang sibuk memikirkan gambar diatas kain sebelum dibatik alias dicanting.
Yg bikin salut dia itu sederhana, ga kaya kamu dan aku gan sok cetar xixixixixixi, becanda looo...
Kesederhanaannya dia yg bikin aku sendiri terinspirasi, ga harus kelihatan mewah yg penting bisa bekerja dan cukup, lebih pun alhamdulilah katanya.
Dan yg lebig penting lagi kalau lebih pun gak harus kudu kelihatan atau dilihat2 ken.
Mantap ya gan.. Wes cus yo tonton videonya ya...

Ini pembatiknya lg gendong cantingan buat mau dicelup kepewarna

Pengrajin Batik Dari Desa Untuk Indonesia

Kalau mau pesen2 langsung aja tuh ada alamatnya di bawah video ya gan.

Makasi sekali yah sudah mampir dan baca2 ketikan yg berantakan hhehehehe..
Salam kenal gan Team Sambil Jalan, saya Bella Quarta, Dodi Wijayanto dan Galih Aji Nugroho.
emoticon-Cipokemoticon-Cipokemoticon-Cipok

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
toket.roket dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sambiljalan
Halaman 1 dari 2
Oalah modelnya kerenemoticon-Batik
Lihat 1 balasan
Selalu terharu kalo abis realize indonesia kaya banget budaya nya, liat gini aja amaze ga henti henti itu indah bangettt karya nya yatuhannn semoga kita smeua bisa sama sama apresiasi pengrajin macem ini ...
Lihat 1 balasan
Referensi baru lagi mengenai batik, sejak dahulu mahakarya kebanggaan Indonesia yang mendunia yaitu batik, mari lestarikan.
Lihat 3 balasan
di solo masih banyak pembatik kayak gitu
kereen banget kalo lihat langsung
Lihat 1 balasan
Mantapp gan 👌, entah kenapa ane juga paling demen dengan motif² batik buatan Indonesia gan 😁
Lihat 1 balasan
pengen banget nyobain ngebatik, tapi gatau dimana dan berapa yaa harganya trial ngebatik gituu
Lihat 7 balasan
sebenarnya banyak nih yang kayak gini, perajin batik hanya dari daerah, tapi pesanannya hingga ke mancanegara.
Workshopnya juga sederhana, secaraartinya kwalitas emang bagus.
Lihat 1 balasan
emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul
emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul
perlu dilestariin nih beginian
pengrajin kebudayaan nasional, batik!
Lihat 1 balasan
tapi mulai banyak juga sih yg udah industri dengan cara dicetak langsung
Lihat 2 balasan
ane lebih milih yg handmade, ya walaupun harganya agak mahal sih hahahaha
Lihat 1 balasan
usaha kek gini juga bikin lapangan pekerjaan meluas juga
mulai dari yg mbatik, trus nyari kain, bikin lilinnya, mendistribusikan
cakep deh
Lihat 1 balasan
sukses buat produsen2 batik dalam negeri!
nice info banget gan
semoga bermanfaat
semoga makin muncul produsen2 batik dalam negeri
rencana pengen bikin video pengrajin yg kwalitas mendunia,tp banyak yg belum tau
wah bagus banget nih aktivitas dari pengrajin batik inii keren abis nihh bisa dicontoh oleh banyak orang untuk memajukan budaya batik indonesia ke seluruh dunia
Lihat 1 balasan
semoga aja bisa makin maju nih dunia perbatikan di Indonesia, kita harus bangga nih gan siss kita punya budaya batik speerti ini keren banget deh
Lihat 1 balasan
makasih gan sis infonya menarik banget gan dan menambah info bangett mantap gan semoga semakin maju deh thread nya aminn
Lihat 1 balasan
emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di