CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jangan dibiasakan, ini tanda kamu workaholic Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef8872309b5ca7f864c7611/jangan-dibiasakan-ini-tanda-kamu-workaholic-gan

Jangan dibiasakan, ini tanda kamu workaholic Gan!

Jangan dibiasakan, ini tanda kamu workaholic Gan!

Semangat dan komitmen dalam bekerja memang jadi tanda bahwa kamu memiliki etos kerja yang baik. Tapi ada perbedaan jelas antara etos kerja dengan perilaku workaholic loh Gan.

 Berbeda dengan etos kerja yang memotivasi seseorang untuk bekerja secara optimal, perilaku  workaholic ini justru dapat membahayakan kesehatan.

Jadi, apakah kamu masuk kategori workaholic? 
Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu seorang workaholic.

1. Hampir tidak ada waktu untuk keluarga

 


Tanpa disadari, kamu mungkin telah mengabaikan anggota keluargamu karena bekerja secara terus-menerus. Tak hanya itu, kamu mungkin juga telah melewatkan banyak acara keluarga, dan tidak memiliki banyak waktu untuk berinteraksi dengan mereka.

Jika ini benar terjadi padamu, berhati-hatilah. Hubungan kamu dan keluarga bisa merenggang. 

2. Kamu bekerja tanpa henti
 


Walaupun kamu pulang bekerja tepat waktu, kamu tetap dapat dikatakan sebagai seorang workaholic bila kerap membawa pulang pekerjaan yang belum terselesaikan.

Lambat-laun, rumah yang seharusnya menjadi tempat beristirahat justru terasa seperti kantor cabang. Selain merugikan dirimu sendiri, ini juga merupakan contoh yang tidak baik bagi sesama karyawan.

3. Makan siang sambil bekerja

 


Orang yang workaholic cenderung tidak ingin menyia-nyiakan waktu mereka untuk melakukan hal lain, jadi umumnya mereka juga menggunakan waktu makan siangnya untuk bekerja.

Menghabiskan waktu makan siang sambil bekerja mungkin akan memberikan kamu lebih banyak waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Sayangnya, kebiasaan ini justru dapat menurunkan produktivitas.

4. Kualitas tidur  dan kesehatan terganggu

 

Jika kamu terus bekerja hingga larut malam, tubuhmu tidak akan memperoleh cukup waktu untuk beristirahat. Kamu akan terus mengulang siklus tidur yang tidak sehat, yang membuatmu hanya bisa tidur selama beberapa jam dalam sehari. Kebiasaan ini lama-kelamaan dapat memengaruhi aspek kesehatan yang lain.

Para workaholic umumnya memiliki risiko lebih besar terkena masalah kesehatan seperti penyakit jantung, masalah berat badan, insomnia, gangguan kesehatan, dan masalah kecanduan.

5. Tiba di kantor paling awal dan pulang paling akhir

 


Kebiasaan ini biasanya diawali dengan anggapan bahwa tiba di kantor lebih awal akan membuat kamu lebih fokus. Ada pula yang beranggapan bahwa pulang paling akhir dari kantor berguna untuk mengatur agenda pada keesokan harinya. Meski begitu, kebiasaan buruk ini sebaiknya dihindari karena justru dapat membuat kamu bekerja lebih banyak.

6. Tidak pernah benar-benar berlibur

 


Salah satu tanda dari workaholic adalah ketidakmampuan untuk menyudahi pekerjaan dan beristirahat. Sekalipun kamu sedang berlibur, ponselmu mungkin terus menyala dan kamu perlu menanggapi pesan yang berkaitan dengan pekerjaan. Jika tidak, kamu akan merasa tidak aman dan terus memikirkannya.


7. Kamu tidak bisa mengatakan tidak pada atasan

 

Tanda lain yang menunjukkan kamu seorang workaholic adalah ketika kamu selalu mengatakan "ya untuk setiap tugas tambahan yang diberikan atasan dan menerima proyek di luar tugas pekerjaan kamu dengan sukarela. Sebab meski mengerjakan proyek tambahan terkadang baik untuk karier, namun penting untuk mengenali apakah kamu terlalu memforsir pekerjaan.

Alih-alih menunjang produktivitas, menjadi workaholic justru mungkin saja mengacaukan karir yang sedang kamu bangun Gan. Pasalnya, kamu akan selalu merasa lelah dan kewalahan.

emoticon-Toast

Jadi, jika kamu mengalami beberapa tanda di atas, cobalah untuk segera merubah pola kerjamu. Mulailah mencari cara manajemen waktu yang baik, dan cara menjaga keseimbangan dunia kerja dan kehidupan pribadimu.

Ingat, pekerjaan dan kariermu memang penting, tapi menyayangi dirimu dengan kerja pintar juga termasuk hal yang tidak kalah penting.

 


Sumber  thread diambil dari artikel ini 



 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan 30 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Buat apa kerja keras dapet pangkat/jabatan tinggi tapi penyakit berat pada kumpul, mending sehat dab berkecukupan emoticon-Coblos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Derodero89 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 81 balasan
Komen saiyah sudah diwakili ajudan saiyah diatas emoticon-Salaman
Jangan dibiasakan, ini tanda kamu workaholic Gan!
profile-picture
nastarman memberi reputasi
Lihat 4 balasan
ini mah ane banget, yg lain kerja cuma 8 jam, ane bisa 12 jam di kantor cuma buat kerja, serius

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ane jadinya ngaca sendiri 6 dari 7 poin yang TS cantumin itu ane termasuk . emoticon-Mewek
orang yang workaholic lebih cocok buka usaha,,
karena peluang berhasil lebih baik,,
profile-picture
putrateratai.7 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Quote:


Setuju dahemoticon-2 Jempol
profile-picture
kruingputih3 memberi reputasi
Mungkin bisa disebut kecanduan kerja yak para workaholic. Seperti mendapat kesenangan saat bekerja selayaknya bermain game. Kecuali terpaksa karena tuntutan pekerjaan bukan karena keinginan bekerja terus terusan. emoticon-Thinking





BATA ane gan. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doblehksp dan 2 lainnya memberi reputasi
makanya nih gan cita cita ane pengen kerja yang gabegitu berat biar nanti bisa waktu banyak ama keluarga hheheheh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anakpenakut dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
nice info nya
etos kerja vs warkaholic
👍👍
kerja yang sewajarnya aja dateng pas mepet jam - jam telat, pulang lebih awal.
profile-picture
profile-picture
otoy1987 dan TSMan memberi reputasi
Quote:

memang yang baik adalah yang cukup saja. berlebihan tidak selalu baik kan gan.

Quote:

okeh emoticon-thumbsup

Quote:

kesehatanmu Gan.
emoticon-Mewek

Quote:

jangan kerja kerja kerja terus gan. emoticon-Mewek

Quote:

mentalnya lebih pas buat buka usaha ya gan.
Quote:

segala yang candu harus diwaspadai ya gan

Quote:

me too emoticon-thumbsup
Quote:

ntap emoticon-thumbsup

Quote:


emoticon-Ngakak

profile-picture
putrateratai.7 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sementara ini, masih kerja ada udah syukur jadi...

semangat Bray.

emoticon-Ultah
profile-picture
batakolonjong memberi reputasi
Ane termasuk nih datang awal pulang akhir ya walau kerjaan ga banyak banyak amat sih , ane cuma ga enak aja kalo jam 5 teng udah pulang sedangkan temen yang lain belum ada yang pulang emoticon-Ngakak
Lihat 3 balasan
males ni ane kl ada client yg workaholic. ane yg krrja di vendor mesti ikut nimbrung jg kl tu client lom balik
ane dulu begitu gan waktu kerja di bank, makan siang cuma 15 menit lanjut kerja kejar setoran dan datang paling pagi pulang paling belakangan emoticon-Big Grin
Post ini telah dihapus oleh KS06
sebenernya bekerja sungguh2 itu sebagian dari iman
profile-picture
profile-picture
anakpenakut dan batakolonjong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
klo sesuai dengan seri angka nya bole lah..
klo cuman jadiin ajudan ya, find another place lah yah..
realistis juga..
doain ane ya agan" semua.. semoga apply nya jadi nyari bos baru.. Aamiinn..
masuk rumah sakit abis itu koid.....kelar deh emoticon-Smilie
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di