CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jangan dibiasakan, ini tanda kamu workaholic Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef8872309b5ca7f864c7611/jangan-dibiasakan-ini-tanda-kamu-workaholic-gan

Jangan dibiasakan, ini tanda kamu workaholic Gan!

Jangan dibiasakan, ini tanda kamu workaholic Gan!

Semangat dan komitmen dalam bekerja memang jadi tanda bahwa kamu memiliki etos kerja yang baik. Tapi ada perbedaan jelas antara etos kerja dengan perilaku workaholic loh Gan.

 Berbeda dengan etos kerja yang memotivasi seseorang untuk bekerja secara optimal, perilaku  workaholic ini justru dapat membahayakan kesehatan.

Jadi, apakah kamu masuk kategori workaholic? 
Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu seorang workaholic.

1. Hampir tidak ada waktu untuk keluarga

 


Tanpa disadari, kamu mungkin telah mengabaikan anggota keluargamu karena bekerja secara terus-menerus. Tak hanya itu, kamu mungkin juga telah melewatkan banyak acara keluarga, dan tidak memiliki banyak waktu untuk berinteraksi dengan mereka.

Jika ini benar terjadi padamu, berhati-hatilah. Hubungan kamu dan keluarga bisa merenggang. 

2. Kamu bekerja tanpa henti
 


Walaupun kamu pulang bekerja tepat waktu, kamu tetap dapat dikatakan sebagai seorang workaholic bila kerap membawa pulang pekerjaan yang belum terselesaikan.

Lambat-laun, rumah yang seharusnya menjadi tempat beristirahat justru terasa seperti kantor cabang. Selain merugikan dirimu sendiri, ini juga merupakan contoh yang tidak baik bagi sesama karyawan.

3. Makan siang sambil bekerja

 


Orang yang workaholic cenderung tidak ingin menyia-nyiakan waktu mereka untuk melakukan hal lain, jadi umumnya mereka juga menggunakan waktu makan siangnya untuk bekerja.

Menghabiskan waktu makan siang sambil bekerja mungkin akan memberikan kamu lebih banyak waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Sayangnya, kebiasaan ini justru dapat menurunkan produktivitas.

4. Kualitas tidur  dan kesehatan terganggu

 

Jika kamu terus bekerja hingga larut malam, tubuhmu tidak akan memperoleh cukup waktu untuk beristirahat. Kamu akan terus mengulang siklus tidur yang tidak sehat, yang membuatmu hanya bisa tidur selama beberapa jam dalam sehari. Kebiasaan ini lama-kelamaan dapat memengaruhi aspek kesehatan yang lain.

Para workaholic umumnya memiliki risiko lebih besar terkena masalah kesehatan seperti penyakit jantung, masalah berat badan, insomnia, gangguan kesehatan, dan masalah kecanduan.

5. Tiba di kantor paling awal dan pulang paling akhir

 


Kebiasaan ini biasanya diawali dengan anggapan bahwa tiba di kantor lebih awal akan membuat kamu lebih fokus. Ada pula yang beranggapan bahwa pulang paling akhir dari kantor berguna untuk mengatur agenda pada keesokan harinya. Meski begitu, kebiasaan buruk ini sebaiknya dihindari karena justru dapat membuat kamu bekerja lebih banyak.

6. Tidak pernah benar-benar berlibur

 


Salah satu tanda dari workaholic adalah ketidakmampuan untuk menyudahi pekerjaan dan beristirahat. Sekalipun kamu sedang berlibur, ponselmu mungkin terus menyala dan kamu perlu menanggapi pesan yang berkaitan dengan pekerjaan. Jika tidak, kamu akan merasa tidak aman dan terus memikirkannya.


7. Kamu tidak bisa mengatakan tidak pada atasan

 

Tanda lain yang menunjukkan kamu seorang workaholic adalah ketika kamu selalu mengatakan "ya untuk setiap tugas tambahan yang diberikan atasan dan menerima proyek di luar tugas pekerjaan kamu dengan sukarela. Sebab meski mengerjakan proyek tambahan terkadang baik untuk karier, namun penting untuk mengenali apakah kamu terlalu memforsir pekerjaan.

Alih-alih menunjang produktivitas, menjadi workaholic justru mungkin saja mengacaukan karir yang sedang kamu bangun Gan. Pasalnya, kamu akan selalu merasa lelah dan kewalahan.

emoticon-Toast

Jadi, jika kamu mengalami beberapa tanda di atas, cobalah untuk segera merubah pola kerjamu. Mulailah mencari cara manajemen waktu yang baik, dan cara menjaga keseimbangan dunia kerja dan kehidupan pribadimu.

Ingat, pekerjaan dan kariermu memang penting, tapi menyayangi dirimu dengan kerja pintar juga termasuk hal yang tidak kalah penting.

 


Sumber  thread diambil dari artikel ini 



 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan 30 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Quote:


betul. kesehatan tetap harus nomor 1 ya Gan.

Quote:


emoticon-Ngakak (S)

Quote:

Betul. kerjaan mah nggak bakal habis ya Gan.

Diubah oleh tiktik700
nomer 7 mungkin biasanya orang emang enggan buat bilang tidak gan, emang mungkin orangnya gak enakan sama orang
kerja secukupnya, yang penting hidup bahagia dan punya waktu berkumpul sama keluarga
harus seimbang waktu itu ya kan hehehhehehe
Ikutin jam kerja standar aja gan. Kerja yang produktif, bagi waktu dengan bijak
Kalo kata rekan kerja ane dulu "waktunya istirahat yaa istirahat, gausah bilang nanggung. Kalo nanggung nunggu kerjaan selesai dulu yaa gaakan selesai-selesai, kerjaan mah ada teruss".

Berlaku juga buat meluangkan waktu sama keluarga dan hal lainnya. Gausah "nanggung" karena memang harus sengaja disempetin. Tapi yaa jangan jadi abai sama tanggung jawab juga. Tuntaskan kewajiban, dapatkan hak hehe.

kerja keras boleh lah yaa, emang harus
tapi ya harus bisa bagi waktu buat istirahat dan keluarga
kesehatan juga penting banget
Jangan dibiasakan, ini tanda kamu workaholic Gan!


Ada yg terguncangemoticon-Ngakak
Diubah oleh M4611NA
workaholic ini tapi cukup dilematis juga, karena menurut ane ini hal yang bagus karena disiplin dan rajin jelas ada, mungkin yang ngga' bagus adalah prioritas yang lain jadi ngga' dilihat.
Mendingan workaholic drpd phoneholic yg maen hp mlulu😁
Lihat 1 balasan
Hahahahah aduhhh berasa tersindir ga si wkwkwk sebenernya workaholic juga engga tapi suka aja being busy hehehe
Lihat 1 balasan
alhmd gue masih di zona malesholic.
emoticon-Leh Uga
Kok bisa ya orang2 jadi workaholic. Apa mereka ga tau nikmatnya jdi kaum rebahan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
perlu self healing biar nggk stress
emoticon-Hansip
Lihat 1 balasan
Jangan over lah wkwkwk, nanti paling tipes wkwkwk
Lihat 2 balasan
tanpa disadari kayak ketampar dengan tanda tanda ini sih gan
Lihat 1 balasan
kasian deh kadang, tp mungkin itu passion mereka. semoga ane bisa mendapatkan balance life smpe nanti amin
banyak nih atasan2 ane dr senen sampe minggu kayaknya liatnya dkantor mulu. happy2 cuma kalo ada acara jalan2 kantor
Lihat 2 balasan
Kerja keras akhirnya resign kayak ane emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di