CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Civitas Academica /
Pendampingan Belajar Privat Siswa Selama Pandemi Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef8735910d295444232a033/pendampingan-belajar-privat-siswa-selama-pandemi-covid-19

Pendampingan Belajar Privat Siswa Selama Pandemi Covid-19

Pendampingan Belajar Privat Siswa Selama Pandemi Covid-19

Pendampingan Belajar Privat Siswa Guna Mengefektifkan Kegiatan Belajar Mengajar Selama Pandemi Covid-19 Melalui Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19

Lokasi: Semanggi RT 04 RW 02, Semanggi, Pasarkliwon, Surakarta

(Surakarta, 20 Juni 2020)

Virus Corona merupakan salah satu virus yang berbahaya hal tersebut dikarenakan virus ini, memiliki tingkat penularanya sangat tinggi.

Dalam rangka membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, Universitas Sebelas Maret Surakarta melaksanakan kegiatan KKN Covid-19 yang dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2017 di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing, dengan maksud memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar mengenai pemahaman Covid-19 dan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan KKN Covid-19 ini, mahasiswa UNS atas nama Hanafi Mualim , memilih tema pendidikan di masa pandemi Covid-19. Tema tersebut dipilih karena adanya permasalahan penerapan kebijakan pembelajaran selama pandemi Covid-19, tuntutan dari implikasi kebijakan membuat ketidaksiapan, baik dari segi siswa maupun dari segi sekolah. Siswa bernama Haziq Al-Fachri, siswa kelas 1 MTs Ahmad Maryam yang menjadi fokus dalam kegiatan pendampingan belajar kali ini.

Langkah yang diambil oleh sekolah sebenarnya sudah cukup baik, yakni dengan memberi tugas dan arahan kegiatan pembelajaran bagi siswa melalui sistem daring dan orang tua dituntut untuk dapat mendampingi siswa. Akan tetapi permasalahan lain muncul, yaitu berkenaan dengan pendampingan siswa, para orang tua malah cenderung kurang mendampingi siswa dan lebih berfokus untuk memenuhi kebutuhan yang sedang sulit terpenuhi karena implikasi dari pandemi covid-19. Ditambah juga masih terkendalanya masalah teknis seperti jaringan internet yang kurang memadai hingga peralatan atau device yang kurang memadai. Sehingga berdampak kepada pendidikan kurang maksimal, tingkat pemahaman materi siswa rendah, dll. Maka dari itu, perlu ada bantuan pendampingan bagi siswa sebagai wujud solusi terkait permasalahan yang ditimbulkan akibat pandemi tersebut pada dunia pendidikan.

Kampus sebagai salah satu agen intelektual yang memiliki tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi terpanggil untuk turut berkontribusi bersama dengan masyarakat untuk tanggap menghadapi pandemi covid-19. Selain itu kegiatan lain yang dilakukan yakni membagikan buku cerita menarik anak kepada siswa kelas 1-2 SD di sekitar lingkungan, menyemprotkan disinfektan dan penyediaan handwash di tempat umum, serta sosialisasi dan edukasi kepada warga kampung melalui media sosial yang berkenaan dengan Covid-19 beserta protokol kesehatan di dalamnya.

Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa terjun langsung ke dalam masyarakat untuk ikut membantu mengatasi permasalahan pendidikan pada tingkat wilayah tertentu. Diharapkan dengan program kerja yang telah dirancang mampu membantu siswa untuk mengatasi persoalan pendidikan yang dihadapi dan dapat membantu masyarakat melalui kegiatan sosialisasi pemahaman tentang covid-19 agar bencana pandemi ini cepat berakhir.

Diubah oleh hanafim
keren, sangat bermanfaat banget.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di