CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PLN Rugi Sampai Rp.38,8 Triliun Namun Tidak Bangkrut? Ini Alasannya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef8600fc820840918451ce9/pln-rugi-sampai-rp388-triliun-namun-tidak-bangkrut-ini-alasannya

PLN Rugi Sampai Rp.38,8 Triliun Namun Tidak Bangkrut? Ini Alasannya!

emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
PLN Rugi Sampai Rp.38,8 Triliun Namun Tidak Bangkrut? Ini Alasannya!
Di masa pandemi corona ini sudah banyak masalah muncul di negara Indonesia yang sebagian besar adalah masalah perekonomian negara yang tidak stabil. Hal itu terjadi memang karena efek dari munculnya virus corona yang menyebabkan segala jenis perekonomian negara harus dibatasi demi mencegah penyebaran virus ini.

Disaat perekonomian negara sedang merosot, muncullah permasalahan yang mengikuti kemerosotan perekonomian negara ini berupa kerugian yang dialami salah satu BUMN, yaitu PT. PLN (Perusahaan Listrik Negara). 

Meskipun pendapatan usaha PLN naik, terhitung PLN mengalami kerugian sebesar Rp. 38,87 Triliun di kuartal I 2020. Salah satu alasan lain kenapa PT. PLN merugi sebesar itu dikarenakan naiknya pembelian tenaga listrik oleh PLN dari perusahaan produsen listrik swasta atau Independent Power Production (IPP). Pembeliannya tercatat mencapai angka Rp. 25,83 Triliun.

Baca : sumber


Meskipun memiliki utang sebesar itu, Direktur Utama PT. PLN, Zulkifli Zaini optimis operasional PLN bisa tetap berjalan tanpa kebangkrutan jika pemerintah membayarkan kompensasi utang sebesar Rp.45,42 Triliun. Disamping itu operasional PLN akan tetap berjalan dengan mengoptimalkan penjualan listrik dari pelanggan. Sehingga PLN bisa berjalan dan memberikan pelayanan ketenagalistrikan yang tentunya berkualitas. 

PLN Rugi Sampai Rp.38,8 Triliun Namun Tidak Bangkrut? Ini Alasannya!

Alasan kuat mengapa PT. PLN tidak akan bangkrut dengan jumlah utang yang sebesar itu berada di tangan pemerintah Indonesia, jika mereka membayarkan biaya kompensasi yang sudah disebutkan jumlahnya. 

PLN Rugi Sampai Rp.38,8 Triliun Namun Tidak Bangkrut? Ini Alasannya!

Direktur utama PT. PLN juga mengatakan nilai utang pemerintah ke PLN sendiri mencapai jumlah Rp.48,46 Triliun yang terdiri dari kompensasi listrik tahun 2018 dan 2019 sebesar Rp.45 Triliun dan juga dari kebijakan diskon listrik tarif rumah tangga pada masa pandemi covid-19 yang mencapai angka Rp.3 Triliun. 

Jadi jika BUMN PT. PLN tidak ingin bangkrut dan dibeli oleh pihak asing, diharapkan pemerintah akan segera membayarkan kompensasi tersebut. Pastinya disini pemerintah akan melakukan tindakan yang tepat dan sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat.




Sumber referensi : Tulisan pribadi dan berita ini


emoticon-Cendol Gan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.h3 dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Perusahaan "spt gitu" mana ada yg beneran rugi, paling yg ada cuma keuntungannya berkurang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krx48 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh donal.duck.
Lihat 2 balasan
apakah ada hububgannya dengan biaya listrik yang belakangan ini naik?
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan Thesyaa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ruginya segitu, utangnya 500T... tar siapa yg bayar emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
batzforum dan Thesyaa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kedengarannya emang ga masuk akal ya, katanya duit kas menipis tapi komitmen kasih pelayanan terbaik, harga kaki lima rasa bintang lima, tapi realitanya kan ga seindah itu...

toh buktinya 3 bulan kemaren ada yang dirampok terang2an sama si p el er ini , ngelesnya akumulasi pemakaian...emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Inilah efek politik selama belasan tahun terakhir
Subsidi selain memperlemah BUMN jg bikin gaduh..
Rakyat kita ini selain bodoh jg emosian
Apalagi kl udah beda kubu, pokoknya kubu lawan selalu salah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Direktur dan mantan direktur PLN rata-rata kaya-kaya. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joss.gandhos dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
klo merugi tuh salah satu indikatornya, pemotongan gaji / upah karyawan serta PHK massal karyawannya emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
Thesyaa dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
perusahaan monopoli bs teriak rugi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krx48 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Dari awal di dirikan emang dah setting buat rugi...gimana ngak? blom operasional aja dah kena biaya buat subsidi ini itu,walau subsidinya banyak dan si bayar oleh pemerintah,tetap duit sekedar pindah tangan doank... dan lagi masih ada yg ngomong udah monopoli kok rugi...jangan bodoh....itu sesuai amanat undang2 yg kira2 nyebutin karna menyangkut harkat hidup org banyak maka di monopolo oleh negara...makanya gak ada perusahaan saingan,ada pun gak boleh juga...mau untung hapus subsidi,terus letakan harga sebenenarnya,dan yg terjadi bakalan di demo besar2an,dibilang gak pro rakyat kecillah,kapitalis lah,antek ini itu,

jadi bisa di bilang wajar sebenernya rugi kalau untung pun itu lebih kepada bonus di tambah lagi masih banyak pencurian listrik dan budaya korupsi kita ...yg bisa di usahakan skarang lebih kepada biar ruginya gak dalem banget...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zaaxion.7k
Lihat 2 balasan
santailah.. ngapain buru-buru, gak bakalan bangkrut ini.. emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
Thesyaa dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalau lagi tender boss2 pln pada rebutan fee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
windmilz dan 2 lainnya memberi reputasi
Monopoli bisa bangkrut ? Melawak namanya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Thesyaa dan batzforum memberi reputasi
Diubah oleh ruuuruuu
Lihat 1 balasan
Pemerintah bayar utang ke PLN dari utang juga gitu ya perputarannya? 🙈
profile-picture
batzforum memberi reputasi
Lihat 2 balasan
gimana mau untung kalo proyek galian kabel PLN jalan terus tiap tahun dan ga kelar2. merusak jalan. merugikan banyak pihak
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan batzforum memberi reputasi
yaa sebenernya bumn tuh ga rugi, cuma piutangnya blm dibayar sama pemerintah, itu aja.

biasanya pemerintah ngasih kebijakan eks subsidi or diskon, dan bayarnya "ntar ntar".

kwkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Rakyat yang nanti nutup dengan pajak-pajaknya

emoticon-Betty
profile-picture
batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mksdnya merugi itu keuntungan berkurang, bukan merugi dalan arti tidak untung sama sekali atau nombok.
profile-picture
profile-picture
krx48 dan batzforum memberi reputasi
Lihat 3 balasan
penyedia tunggal listrik dinegara ini aja masih bisa ngalamin kerugian.

menuju SDM siap unggul dan siap bersaing cuma jadi khayalan klo sistem gini terus dipelihara.
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
Lihat 1 balasan

BUMN

rugi untuk negeri
profile-picture
krx48 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mungkin kalo pak ahok sekalian jadi kepala PLN semua bisa dibenahi....
heheheheheheee
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di