CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Mahasiswa UI Juara Lima Kompetisi Nasional
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef854ddf4d6951ff049e66c/mahasiswa-ui-juara-lima-kompetisi-nasional

Mahasiswa UI Juara Lima Kompetisi Nasional

Mahasiswa UI Juara Lima Kompetisi Nasional

DEPOK - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini para mahasiswa UI berhasil menyabet juara di lima kompetisi nasional.

Di antaranya tiga mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Indonesia. Mereka berhasil meraih juara kedua dalam Kompetisi Debat Nasional yang diselenggarakan oleh Komunitas Kejar Mimpi Aceh.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Mahesa Oktareza (Matematika 2017), Ginanjar Ariyasuta (Matematika 2017), dan Aisha Nurtabina (Fisika 2017).

Baca Juga:

"Kompetisi Debat Nasional Komunitas Kejar Mimpi Aceh adalah kompetisi debat yang digelar untuk mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia seperti USU, UMSU, Unpad, Unsri, Unri, UIN Walisongo, UNP, UNHAS, IAIN Padangsidimpuan, Univ Maritim Raja Ali Haji," tutur Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Rosari Saleh, Sabtu 27 Juni 2020.

Prestasi lain diraih oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia bernama Alif Naufal Falih (Adm Niaga 2017).

Alif meraih juara pertama dengan nilai total 83 dan menyingkirkan empat finalis lainnya dari Universitas Kapuas Sintang, Politeknik STIA LAN Bandung, Universitas Padjajaran, dan Universitas Islam Makassar, dalam kompetisi esai yang diselenggrakan oleh Ikatan Mahasiswa Administrasi Bisnis Indonesia.(Baca juga: Empat Mahasiswa UI Juara Lomba Poster Hari Tanpa Tembakau Sedunia)

Prestasi berikutnya diraih oleh mahasiswa Fakultas MIPA UI Albertus Aldo (Matematika 2019) dengan menjadi juara harapan dua dalam Kompetisi Penulisan Opini yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kompetisi itu diikuti sebanyak 6.388 mahasiswa dari perguruan tinggi seluruh Indonesia. Judul opini yang diangkat oleh Aldo adalah Mencegah Kebangkitan Human Coronavirus di Masa Depan dengan Vaksin Antimutagenik.

Sedangkan empat mahasiswa Teknik Bioproses UI berhasil meraih Juara Pertama Kompetisi Process Engineering and Energy Days 2020 pada cabang lomba Chemical Product Design Competition (CPDC)/Kompetisi Desain Produk Kimia.

Keempat mahasiswa itu, yakni Ananda Bagus Richky Digdaya Putra (FTUI 2016), Agustina Evania Dewi (FTUI 2016), Ajeng Inas Setyorini (FTUI 2016), dan Nurul Hikmah Ramadhani (FTUI 2016). Kompetisi ini diikuti oleh 202 tim yang terseleksi menjadi 8 tim pada babak final.

Berikutnya ialah empat mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia meraih Juara Ketiga dalam ajang Pre-Conference Competition Asian Medical Students' Conference 2020 cabang lomba scientific paper.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Ayers Gilberth Ivano Kalaij (FKUI2018), Michael Sugiyanto (FKUI 2018), Valencia Hadinata (FKUI2018), dan Ugiadam Farhan Firmansyah (FKUI 2017).

"Perlombaan ini diikuti oleh 25 tim dari enam distrik AMSA dari berbagai universitas," ujar Rosari.

Sementara itu, mahasiswa Matematika 2017 Mahesa Oktareza mengatakan, esai yang dibuat bersama timnya berjudul Transparansi Data Covid-19: Upaya Awal Menyelamatkan Indonesia melalui Pemodelan Matematis dan Spasial.

"Pemodelan matematis digunakan untuk memprediksi kurva naik turunnya jumlah penderita Covid-19 dan menentukan puncak pandemik Covid-19. Sedangkan pemodelan spasial digunakan untuk menentukan sebuah zona suatu daerah dilihat dari banyaknya pasien positif Covid-19," kata Mahesa.

Alif Naufal mahasiswa lainnya mengatakan, dia dan tim membuat esai tentang digital economic in connected society era dengan judul Menatap Peluang Bonus Demografi Melalui Pemanfaatan Aplikasi Untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kompetensi Sumber Daya Manusia".

Esai tersebut membahas aplikasi yang berfungsi untuk mengembangkan diri dapat membantu Indonesia dalam mempersiapkan peluang bonus demografi yang akan dihadapi Indonesia.

"Permasalahan yang diangkat adalah masih rendahnya indeks modal manusia Indonesia mengacu pada data Bank Dunia, padahal Indonesia diprediksi akan menghadapi bonus demografi," katanya


Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/...nal-1593328017

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Mahasiswa UI Juara Lima Kompetisi Nasional Anies Baswedan: Selamat Ulang Tahun ke-51 Bro Sandi Uno

- Mahasiswa UI Juara Lima Kompetisi Nasional Tiga Armada Kemanusiaan Dikerahkan Bantu Pengungsi Rohingya di Aceh

- Mahasiswa UI Juara Lima Kompetisi Nasional Pekerja Migran Indonesia Kembali ke Tanah Air Lewat Tiga Titik Ini



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di