CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Ditentang PBNU Gara-Gara Turunkan TNI/Polri Tertibkan PSBB,
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef823b388b3cb5bed5fd6e8/jokowi-ditentang-pbnu-gara-gara-turunkan-tni-polri-tertibkan-psbb

Jokowi Ditentang PBNU Gara-Gara Turunkan TNI/Polri Tertibkan PSBB,

Jokowi Ditentang PBNU Gara-Gara Turunkan TNI/Polri Tertibkan PSBB,
POJOKSATU.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengerahkan aparat TNI/Polri dalam rangka penertiban masyarakat selama diberlakukannya Pembatasan Sosial bersakal besar (PSBB).

Saat usai meninjau MRT dan Mall di Bekasi Selasa (26/5) lalu, Jokowi mengharapkan kehadiran TNI/Polri di ruang publik, membuat masyarakat lebih tertib dan mata ratai penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

Merespon hal itu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai bahwa apa yang dilakukan Presiden Jokowi berpotensi membuka luka lama di masyarakat.

Ketua PBNU Bidang Ekonomi, Umarsyah mengatakan bahwa ditugaskannya TNI/Polri dalam menertibkan masyarakat saat pandemik Virus corona baru (Covid-19) tidaklah tepat. Ia khawatir yang terjadi justru aparat berbenturan dengan masyarakat.

“Penugasan TNI/Polri itu salah kaprah, tentara diturunkan untuk menertibkan masyarakat, itu membuka luka lama. Persepsi tindakan represif aparat (TNI) sudah hampir hilang, dengan ini (penugasan TNI tertibkan masyarakat) bisa terkuak kembali,” kata Umarsyah, Kamis (4/6).

Menurut Umar, apapun alasan yang digunakan pemerintah melibatkan TNI sangatlah berisiko.


Sebabnya, TNI memiliki protap yang berbeda. Terlebih dari sisi jumlah tidak sebanding dengan jumlah rakyat Indonesia yang bermukim di kawasan yang diberlakukan PSBB.

“Alasan menurunkan TNI/Polri itu berisiko. Karena tentara tidak terlatih persuasif. Secara jumlah tidak sebanding dengan jumlah rakyat Indonesia,” kata Umar.

Umarsyah mengaku sempat optimis dengan pertemuan Jokowi dengan tokoh lintas agama beberapa hari lalu. Ternyata dalam pertemuan hanya sebatas penyampaian informasi mengenai perkembangan Covid-19.

Sedangkan para tokoh menyampaikan keresahan mengenai carut-marutnya penanganan Covid-19.

Menghadapi pandemik Covid-19, tambah Umar, langkah strategis pemerintah yang ideal adalah dengan melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Padahal pemeranan tokoh agama dan masyarakat akan sangat efektif terutama membangun kesepahaman dalam pelaksanaan kebijakan pemerintah menghadapi wabah Covid-19,” pungkas Umarsyah.

(sta/rmol/pojoksatu)
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Trit basi
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh p.star7
Trus mengharapkan tokoh agama, yg ngebet ngajakin kumpul beribadah ??
emoticon-Leh Uga
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lagi pandemi, yang diturunin malah loreng, jadi ini pandemi apa perang emoticon-Leh Uga
Kerjaan sampingan TNI/Polri emoticon-Leh Uga
Bagi Yang Mulia Baginda Raja, Pol PP ngga ada apa-apa nya emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak
Trus ngajakin dzuriyyat pelanggar psbb?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Halaaaah bacoot.. Lakuin aja tugas kalian di bidang agama, banyak ngustad ecek2 jd penceramah kalian diam aja.
Blm lagi penceramah HTI msh bebas ceramah sana sini jualan khilafah, gak ada tuh kalian protes.
Si tungku jul juga di MUI gak ada berani protes.
Tokoh agama apaan kayak gitu.

Selama ini unsur TNI (babinsa) dan Polri (babinkantibmas) udah biasa kerja sama lintas intansi, koordinasi dgn pemdes & puskesmas buat menyelesaikan masalah kesehatan di desa2.
Gak tau gak usah bacot, apalagi bawa agama tp gak pernah ngelakuin dan gak punya andil apa2.
profile-picture
profile-picture
windmilz dan gabener.edan memberi reputasi
PBNU tau.. kalo TNI yg turun.. percuma ngajak ribut walau pake daster.. TNI ga akan minta maaf.. emoticon-Ngakak (S)

Makanya protes.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
qulit.qulup dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Trus solusinya apa...

jgn protes2 tapi kagak punya solusi lainnya.

Koronak ini bukan mainan ...emoticon-Blue Guy Bata (L)
Gw pikir semua sumber daya negara bisa dipakai asal sesuai dgn porsinya...

emoticon-Big Grin
Harusnya banser yg jadi gard terdepan penjaga nkri
salahnya dimana,polri/tni kan emang alat negara..
minta ormas yg diturunin?
oh emang harus TNI kok. kan yg bebal golongan kalian-kalian itu. kalo sama polisi mah golongab kalian sudah gak mempan lagi. emang sudah semestinya ditindak pake militer biar manut. itupun masi banyak yg bolot juga


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di