CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KSPI: Banyak Buruh di-PHK, Kenapa TKA Justru Diizinkan Bekerja di Indonesia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef81d7082d4952cec6bcee5/kspi-banyak-buruh-di-phk-kenapa-tka-justru-diizinkan-bekerja-di-indonesia

KSPI: Banyak Buruh di-PHK, Kenapa TKA Justru Diizinkan Bekerja di Indonesia?

KSPI: Banyak Buruh di-PHK, Kenapa TKA Justru Diizinkan Bekerja di Indonesia?



Eramuslim.com – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, menyesalkan masuknya 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) China di Sulawesi Tenggara (Sultra) di tengah jutaan orang Indonesia kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19 atau Virus Corona.

Menurut Iqbal, kedatangan TKA tersebut menciderai rasa keadilan Pekerja Lokal dan rakyat Indonesia. Seharusnya, lapangan pekerjaan yang tersedia diberikan sepenuhnya kepada warga negara Indonesia.

Jika alasan TKA tersebut dibutuhkan karena keahliannya, Iqbal menegaskan bahwa alasan itu juga kurang tepat. Karena, menurutnya, PT Virtue Dragon Nickel Industry sudah cukup lama ada di Konawe, Sultra.



“Itu artinya selama ini perusahaan dan pemerintah gagal memenuhi persyaratan bahwa TKA yang bekerja di Indonesia harus tenaga ahli dan melakukan transfer of khowledge dan transfer of job,” ungkapnya di Jakarta, Sabtu (27/6/2020).

Iqbal mengatakan, di dalam Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 sudah diamanatkan, setiap satu orang TKA wajib ada pendamping 10 orang Pekerja Lokal. Apabila memang selama ini ada pendamping tenaga kerja Lokal dan terjadi transfer pengetahuan, maka pekerjaan yang ada sudah bisa dikerjakan tenaga kerja Lokal. Sehingga tidak perlu lagi mendatangkan TKA.

“Pelanggaran yang lain harus bisa berbahasa Indonesia. Sehingga hal ini menyulitkan komunikasi, dalam rangka melakukan transfer of knowledge tadi. Saya tidak yakin lulusan dari UI, ITB dan kampus-kampus ternama di Indonesia tidak mampu memenuhi skill yang dibutuhkan di sana,” katanya.

Oleh karena itu, KSPI meminta kepada pemerintah agar menarik kembali TKA yang sudah datang dalam gelombang pertama, serta membatalkan masuknya 500 TKA China. Apalagi mahasiswa dan masyarakat sudah melakukan protes keras.

“Di tengah pandemi dan banyak Buruh yang kehilangan pekerjaan, mengapa TKA justru diizinkan bekerja di Indonesia? Bukankah akan lebih baik jika pekerjaan tersebut diberikan untuk rakyat kita sendiri,” ujarnya.[]

Kunjungi website

https://www.eramuslim.com/berita/nas...-indonesia.htm
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh abqorizuhdi
TKI itu diluar negeri juga dianggap sebagai TKA
dampak corona terjad di berbagai negara banyak terjadi PHK
bagaimana kalau TKI itu di suruh balik ke Indonesia oleh warga negara lain

Itu anggotanya kspi bisa gantiin skill nya tka cina itu kah ?
Bacod doanh !
Diubah oleh mafia.manager
Hush pada ga ngerti apa..
maksudnya itu tolong kirim beberapa anggota KSPI bekerja di Mainland.

Banyak yg nganggur
kelompok buruh yang ketuanya bukan buruh dan malah pengusaha

GOBLOG!
Lihat 1 balasan
Ane Lulusan S1 dan kerja di PT ... Apa ane termasuk Buruh juga?
Diubah oleh ladahitam46
jumlah TKA yang diizinkan kerja di Indonesia ngak terlalu banyak, sedangkan jumlah PHK jutaan, kalaupun posisi TKA digantikan dengan mereka² yang di PHK, juga masih banyak yang belum dapat kerja, kecuali antara jumlah TKA dan jumlah yang di PHK hampir sebanding
skill 500 tka ahli buat lap kerja 3000 orang


nunggu ahli dari mca ? nunggu aja sampe lebaran kuda
profile-picture
pertotperbaik memberi reputasi
serikat buruh itu macam kanker

hanya membuat segala sesuatunya makin buruk saja
Ngga denger apa kata Opung tempo hari? Indonesia emang ngga bisa lepas dari Tiongkok emoticon-Malu
Btw, Buruh yang di PHK ikut Program Kartu Prakerja aja hahahahha emoticon-Wakaka Biar Laris dan ngga dicap gagal emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak
Quote:

cebong pd kmana neh..
pada tiarap kaga nongol.
gk mesti china, bnyk dari negara lain juga yg pegang . knp ? karena memang dibutuhkan kemampuannya, kalau orang indo bisa yah bagus dong, cuman masalahnya mampu gak ? jgn bacot teriak2 tapi gk ada skill !
profile-picture
windmilz memberi reputasi
bacod..... besok kerja lo di ganti robot masih bisa bacot ga?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di