CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ketemu Pemimpin ASEAN, Jokowi Ingatkan 'Ngerinya' Ramalan IMF
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef80fb888b3cb64895e5862/ketemu-pemimpin-asean-jokowi-ingatkan-ngerinya-ramalan-imf

Ketemu Pemimpin ASEAN, Jokowi Ingatkan 'Ngerinya' Ramalan IMF

Ketemu Pemimpin ASEAN, Jokowi Ingatkan 'Ngerinya' Ramalan IMF


Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Jumat (26/6/2020) menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke 36 di Vietnam yang digelar secara virtual.


Di depan para pimpinan ASEAN, Jokowi mengingatkan bahwa situasi perekonomian dunia saat ini cukup terpuruk akibat pandemi, dengan mengutip laporan terbaru Dana Moneter Internasional/International Monetery Fund (IMF). 

"Presiden menyampaikan hasil laporan IMF 2 hari lalu yang merevisi pertumbuhan ekonomi dunia dari 3% menjadi minus -4,9%," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers yang disiarkan langsung Sekretariat Kepresidenan, Jumat (26/6/2020).


Jokowi menyampaikan pentingnya komitmen seluruh negara ASEAN bekerja lebih keras agar perekonomian di negara kawasan dapat tumbuh kembali lebih cepat. Kepala negara pun memberikan saran.

"Untuk dapat menumbuhkan kembali ekonomi ASEAN, presiden menekankan konektivitas adalah kuncinya. Baik konektivitas barang, konektivitas jasa, maupun konektivitas para pelaku ekonomi yang sesegera mungkin dapat dihidupkan," katanya.

Jokowi menyarankan agar negara di kawasan mulai mengatur Asean Travel Corridor berdasarkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini penting untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

"Sekaligus untuk menunjukkan arti mentalitas ASEAN baik di kawasan maupun di mata dunia internasional. Presiden mengatakan hendaknya para pemimpin ASEAN menugaskan para menteri membahas Asean Travel Corridor ini," katanya. 

Sebelumnya, dalam laporannya, IMF memangkas perkiraan ekonominya. Bahkan outlook bertajuk A Crisis Like No Other, An Uncertain Recovery ini membuat ramalan yang makin buruk soal ekonomi global.


Ekonomi diproyeksi akan -4,9%. Angka ini lebih rendah 1,9 poin persentase dibanding outlook IMF pada April 2020, yakni -3%. Kawasan ASEAN-5 diprediksi -2%. Khusus di RI, ekonomi di 2020 -0,3%. 


profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
Kirain ramalan Mbah dukun
lebih percaya ramalan ningsih emoticon-Wakaka
lockdown sudah telat dilakukan dan sekarang isn't an option anymore. Yg penting digalakan sekarang physical distancing, pemakaian masker, serta kalau tidak perlu kali mending jangan keluar rumah. Untuk pendidikan, tak ada pilihan selain secara online sampai minimal obatnya ada atau vaksin udah diketemukan.
Periode terakhir malah terpuruk
Indonesia masih nomor 1 kasus corona malah ngomongin travel. Emang ada yg mau?
kalau sudah tau akan adanya krisis ekonomi, tinggal gimana cara mengantisipasinya, cara menghadapinya agar bisa kuat menghadapi ketika krisis ekonomi tiba
kita lihat apa yang dilakuin
Lihat 1 balasan
Quote:


Yang penting jangan saya kaget
ngomong opo...saya kaget
sotoy, sok iye lu


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di