CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef80385c8393a3cbb1967be/smoothie-biar-lebih-tasty

Smoothie Biar Lebih Tasty

Hari ini ada resep smoothie. Semua resep berikut telah saya praktikkan sendiri dan biasa menjadi andalan di rumah. Semoga bermanfaat
Smoothie Biar Lebih Tasty


Smoothie merupakan salah satu varian minuman yang populer, khususnya dalam program perbaikan pola makan. Smoothie bisa disajikan sebagai sarapan atau selingan. Minuman ini tergolong sehat dengan catatan tertentu. Maksudnya apa? Sahabat sebaiknya meminimalkan penambahan pemanis buatan. Hal ini memang pilihan sahabat, tetapi saya menyarankan rasa manis smoothie sebaiknya berasal dari buah-buahan yang digunakan. Saya tegaskan kembali, penggunaannya adalah pilihan sahabat. Smoothie relatif mudah dicerna di usus karena tekstur yang lebih halus. Konsumsi smoothie juga memungkinkan kita memakan varian sayur/buah yang lebih banyak, yang mungkin cukup sulit ketika mengkonsumsinya dengan cara makan seperti biasa dan parsial. Smoothie juga bisa menjadi alternatif sahabat di pagi hari ketika sedang terburu-buru ke kantor/memulai aktivitas di luar, tetapi tidak ingin melewatkan sarapan yang bernutrisi.
[/justify]
Membuat smoothie tidak rumit. Sahabat cukup memanfaatkan buah-buahan atau sayuran lokal yang terjangkau di kawasan sekitar. Jadi, sahabat bebas untuk bereksperimen. Namun, saya ingin berbagi tips dasar untuk membuat smoothie. Ada beberapa poin yang sebaiknya sahabat perhatikan ketika membuat smoothieagar lebih lezat dan tentunya sehat.

1. Cuci bersih semua bahan 
Sahabat sebaiknya memastikan semua bahan telah dicuci bersih. Jika perlu, sahabat sebaiknya menggunakan produk organik, serta mencuci dengan air masak/hangat beberapa saat. Tindakan ini untuk meminimalkan potensi pestisida atau telur cacing  yang tertempel pada buah/sayur, karena pembuatan smoothie menggunakan "raw food". Ini patut menjadi perhatian, terutama ketika diberikan kepada ibu hamil atau anak kecil

2. Penggunaan bahan beku (frozen)
Pada resep yang akan saya bagikan umumnya menggunakan buah/sayur yang dibekukan sebelum digunakan. Tips ini berguna untuk meminimalkan penggunaan es batu dan membuat tekstur smoothie lebih kental (creamy). Namun, jika sabahat ingin menggunakan buah segar tidak ada masalah. Tekstur kental pada penggunaan buah segar dapat diperoleh dengan penambahan es yang dihancurkan kecil-kecil/zat cair yang sangat dingin. Jika sahabat tidak ingin smoothie yang dingin, bisa menambahkan zat cair pada suhu ruang.

3. Tiga unsur utama
Pembuatan smoothie sebaiknya memiliki 3 bahan utama berikut
(i) Buah dan/atau sayur
(ii) Bahan cair (contoh: air, susu, yogurt, dan sebagainya)
(iii) Nutrisi tambahan/booster (contoh: kurma, kayu manis, chiaseed, madu, gula palem, dan sebagainya)

Berikut resep smoothie yang biasa saya buat di rumah dan review-nya. Semua bahan biasanya saya blender  secara bersamaan. 

Resep 1 (refreshing)
7 batang baby pakchoy
7 iris medium dadu nanas (beku)
1 buah kurma/ 1 sdm madu
3 sdm yogurt-homemade

100 ml air dingin/es sesuai selera

Resep ini biasanya saya sajikan untuk selingan atau makan malam. Rasanya menurut saya bisa diterima oleh semua kalangan. Kunci resep ini ada pada nanas. Pilih nanas yang cenderung manis untuk menutupi rasa dari sayuran. 

Resep 2 (detox)
3 batang seledri besar
6 potong dadu medium nanas (beku)
3 sdm yogurt homemade
4-6 sdm air dingin/es sesuai selera

Saya biasanya membuat resep 2 untuk membersihkan saluran pencernaan. Konsumsi ini baik dilakukan ketika perut kosong (saya biasanya pagi sebelum sarapan). Namun, hati-hati untuk sahabat yang memiliki tekanan darah rendah, karena resep ini menggunakan seledri yang dikenal bisa menurunkan tekanan darah. Maka, sebaiknya teman yang cenderung tekanan darah rendah mengurangi jumlah seledri atau menambahkan pemanis seperti madu atau kurma.

Resep 3 (energizing)
2 buah pisang matang sekali ukuran besar (beku)

1 sdm oatmeal utuh (opsional)
1/2 sdt bubuk kayu manis
1 sdt bubuk coklat 

1 buah kurma sedang
air dingin/susu kedelai sesuai selera

1 sdt chia-seed/selasih yang telah direndam (opsional)

Resep ini cocok untuk dikonsumsi sebagai sarapan atau sebelum/sesudah aktivitas olahraga. Menurut saya, campuran susu kedelai lebih pas digunakan sebagai bahan cair.  Pisang dan bubuk kayu manis adalah kunci dari resep ini untuk menghasilkan cita rasa yang lezat. Pillih pisang yang telah matang sempurna untuk rasa yang lezat, tekstur yang creamy, dan tanpa penggunaan pemanis tambahan. 
Saya biasanya menggunakan pisang ambon, lilin, atau raja. Kayu manis sangat baik untuk optimalisasi penggunaan bahan makanan untuk diubah sebagai energi. Rekomendasi minimal 1sdt per hari, tapi jangan keseringan terutama yang memiliki gangguan ginjal. 

Resep 4 (refreshing)
7 buah baby-pakchoy
8 iris dadu sedang mangga manis (beku)
1 buah jeruk ukuran kecil (beku & tanpa biji)
1/2 sdm gula palem/madu


Resep ini menurut saya menyegarkan di kala cuaca panas dan kaya vit.C. Cocok untuk menjaga daya tahan tubuh dengan bahan-bahan dari alam. Kunci dari resep ini ada pada mangga. Pilih mangga yang cenderung manis.


Resep 5 (detox)
1 buah wortel sedang iris memanjang
1 buah jeruk (tanpa biji)
1 buah pisang
1 sdm madu
2 iris tipis kunyit
1 iris tipis jahe
susu kedelai sesuai selera

Sesuai fungsinya, resep ini untuk pembersihan. Rasanya cukup tidak umum, tetapi jika rutin dikonsumsi akan terbiasa. Saya mengkonsumsinya setelah bangun tidur sebelum sarapan. Minuman ini biasanya saya konsumsi setelah mengkonsumsi makanan berlemak lagi kolestrol tingkat parah. Ha ha ha. Terkadang, saya juga menambahkan 1-2 batang seledri.  Saya menyarankan penggunaan kunyit dan jahe segar, bukan bubuk. Saya pernah mencoba bubuk, tapi rasanya cenderung pahit. 
Diubah oleh AgisAgis
sekarang lagi jaman banget orang orang ngesmoothies di rumah nih
profile-picture
AgisAgis memberi reputasi
Lihat 3 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di