CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Japan Mainichi Shimbun, Koran yang Bisa Berubah Jadi Pohon dan Bunga! Kok Bisa Ya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef8038068cc9518b45145cf/japan-mainichi-shimbun-koran-yang-bisa-berubah-jadi-pohon-dan-bunga-kok-bisa-ya

Japan Mainichi Shimbun, Koran yang Bisa Berubah Jadi Pohon dan Bunga! Kok Bisa Ya?

Japan Mainichi Shimbun, Koran yang Bisa Berubah Jadi Pohon dan Bunga! Kok Bisa Ya?

Unik, mengenal koran Jepang yang bisa berubah menjadi pohon!
Green lifestyle ya


Surat kabar atau koran, adalah sebuah surat berisi sekumpulan berita, cerita, politik, prakiraan cuaca, TTS, hiburan dan berbagai informasi dalam satu masa baik harian, mingguan, atau bulanan yang dicetak di atas sebuah kertas dan diedarkan ke berbagai penjuru daerah sebagai media informasi Nasional.

Biasanya di setiap Negara mempunyai satu atau beberapa surat kabar Nasional, yang dipercaya sebagai media penyalur informasi ke seluruh masyarakat.

Nampaknya keberadaan dari koran atau surat kabar ini, menjadi cikal bakal artikel dan laman berita elektronik.
Hanya saja perbedaannya, koran ditulis cetak sedangkan artikel dan berita elektronik melalui media internet.



Japan Mainichi Shimbun, Koran yang Bisa Berubah Jadi Pohon dan Bunga! Kok Bisa Ya?


Membahas tentang surat kabar atau koran, sedang hangat diperbincangkan tentang sebuah koran terbitan Negara Jepang yang mempunyai perbedaan dengan koran-koran dari Negara lain.
Perbedaan tersebut bukan dari isi atau bahasan dari koran, melainkan media pembuatan kertas koran yang dapat dikatakan sangat inovatif dan kreatif.

Pembuatan koran atau surat kabar harian tentu sedikit banyak juga menciptakan masalah baru. Bagaimana tidak, penerbitan setiap hari memproduksi kertas dalam junlah banyak guna untuk mencetak berita dan informasi. Belum lagi sisa sampah koran tersebut, pastinya akan berujung menjadi sampah atau kembali di daur ulang terus menerus.

Coba bayangkan, kertas dibuat dari bubur kertas yang didapatkan dari pohon. Berapa banyak pohon yang ditebang setiap harinya untuk membuat kertas?

Permasalahan inilah yang membuat koran Jepang Mainichi Shimbun dan Dentsu Inc berinisiatif untuk membuat kertas yang ramah lingkungan dan berbeda dengan jenis kertas-kertas yang telah ada sebelumnya.


Japan Mainichi Shimbun, Koran yang Bisa Berubah Jadi Pohon dan Bunga! Kok Bisa Ya?


Quote:


Wah, benar-benar ide yang sangat menarik ya GanSis.
Bisa menjadi solusi atas masalah penumpukan sampah kertas yang menumpuk dari aktifitas masyarakat, tidak hanya penerbitan surat kabar atau koran saja, karena memang kertas sendiri di era modern saat ini dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer.

Mungkin jika semua pabrik kertas dapat menerapkan konsep Green Newspaper seperti di Jepang ini, akan sangat baik untuk lingkungan hidup dan menjadi salah satu solusi atas penumpukan sampah yang selama ini belum menemukan solusi.

Bagaimana menurut Agan dan Sista, apakah konsep semacam ini akan berhasil jika diterapkan di Indonesia?
Coba berikan pendapat GanSis dengan berkomentar di bawah.

Oke, terima kasih untuk Agan dan Sista yang sudah singgah. Dan sampai jumpa di thread ane yang lain!


Japan Mainichi Shimbun, Koran yang Bisa Berubah Jadi Pohon dan Bunga! Kok Bisa Ya?


Penulis: @masnukho
Narasi: pribadi
Referensi: di sini
Sumber gambar: 1, 2, 3


emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masnukho
emoticon-Matabelo aneh ya
emoticon-Jempol tapi keren
wow! amazing! emoticon-Jempol
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
korannya ga bisa dibaca
Kalo dimari bisa jadi hutan klo kebanjiran emoticon-Big Grin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

Ya bisa dong😆

Quote:

emoticon-Ngakak lah bisa gitu
bagus sih gan tapi kalo pohon bunga doang kayaknya biasa ya coba kalo pohon jati atau Pinus tuh jadinya gimana ya emoticon-Leh Uga
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Keren tuh, coba disini juga bisa gitu, atau di cina deh yg penduduknya banyak. Biar ijo2 dikit.

Tp ya ndak efektif jg kalau yg minat baca korn kertas dikit emoticon-Hammer2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
keren ini.. bisa ditiru dan dikembangkan lebih lanjut oleh perusahaan soptex, tisu dan sejenisnya.. emoticon-Recommended Seller
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:

emoticon-Matabelo maksutnya pohon besar juga gan, gak cuma bunga

Quote:

emoticon-Ngakak nah itu susahnya
Kalau bisa jangan cuma kertas koran gan, tapi semua jenis kertas mengandung benih pohon
nunggu plastik yg bisa jd pohon
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
poon kangkung ane aja ga bisa numbuh emoticon-Mewek
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


Kelamaan, enak sengon aja.
emoticon-Cool
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo salah nanemnya, tanahnya kurang gembur kali gan

Quote:

emoticon-Ngakak keren dah ya, bisa jadi ladang bisnis
profile-picture
Dewa2424 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di