CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Menyayat Hati! Simak Kisah Kakek Bertangan Buntung Ini Jualan Cupang Demi Bisa Umroh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef802e7c0cad763e66131ba/menyayat-hati-simak-kisah-kakek-bertangan-buntung-ini-jualan-cupang-demi-bisa-umroh

Menyayat Hati! Simak Kisah Kakek Bertangan Buntung Ini Jualan Cupang Demi Bisa Umroh

Kakek Renta Jualan Cupang


Menyayat Hati! Simak Kisah Kakek Bertangan Buntung Ini Jualan Cupang Demi Bisa Umroh

TRIBUNTERNATE.COM, CIPAYUNG - Usai kebakaran, Rohadi Dedi (79) lanjutkan hidup menjadi penjual ikan keliling.(13/2/2020)

Dedi, sapaannya merupakan warga Kampung Raden, Jatisampurna, Bekasi.

Terhitung sudah lebih dari 30 tahun lamanya, ia mengadu nasib hingga ke pinggir Ibu Kota usai jari-jari tangannya terbakar.


Sungguh malang, nasib tua renta ini. Hidupnya kini sebatang kara karena anak dan istrinya telah meninggal sejak tahun 1996. Anak tirinya pergi entah kemana. Dalam acara Insert yang tayang pukul 06.30 di Transtv. Hari ini tanggal 28 Juni 2020 Tampak sang kakek sedang mangkal di tepi jalan di Bekasi Barat. Di dekatnya berjejer kantong air berisi berbagai macam ikan cupang dan ikan hias lainnya. Dalam rak sederhana dari kayu kantong ikan hias itu ditata sedemikian rupa.

Menurut penuturannya kepada tim Insert. Dia memiliki mimpi ingin berumroh dengan hasil jualan ikan cupang. Sungguh mulia keinginan kakek itu. Dalam keterbatasan fisik yang kini dideritanya. Kakek Dedi awalnya memiliki tubuh yang sempurna. Namun, sejak kejadian naas di tahun 1986 itu, dia tak lagi memiliki jari tangan.

Ya, kakek tua itu menjalani hidupnya dengan susah payah, bahkan untuk makan dia harus dibantu disuapi orang lain. Kejadian bermula saat istrinya--Nama--sedang ngidam. Waktu itu dia ingin makan lindung. Karena begitu bahagia akan kehamilan istrinya, Dedi rela malam-malam mencari lindung dengan meminjam petromax tetangga. Sayang bahan bakarnya habis. Jadilah dia meminjam obor. Untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak. Tangannya tersambar api obor yang disulut dalam kaleng tiner.


Menyayat Hati! Simak Kisah Kakek Bertangan Buntung Ini Jualan Cupang Demi Bisa Umroh
Kakek Dedi yang kini tak memiliki jari: tribunnews

Dedi langsung berlari ke sungai mencelupkan tangannya. Namun, tetap tak membantu keadaan. Setelah berobat tradisional ke Banten tangan Dedi sembuh. Hanya dia harus kehilangan semua jarinya.

Kakek Dedi yang kini tinggal di kontrakan tanpa sanak saudara tak mau berpangku tangan. Baginya lebih mulia berdagang seperti ini daripada meminta-minta. Bahkan untuk berdiri pun kakek ini tak mau dibantu oleh tim Insert. Padahal kondisinya sangat menyedihkan. Dedi beberapa kali terjatuh saat berusaha bangun dari duduknya.

Beruntung ada orang yang berbaik hati mempercayai kakek Dedi untuk berjualan cupang. Sang kakek hanya mengambil sedikit dari keuntungan jualan ikan ini. Rata-rata kisaran ikan dijual 30.000, sedangkan dia hanya setor 25.000. Dedi hanya memperoleh uang 5.000 per biji ikan. Dengan terisak kakek itu bercerita, dia merasa bahagia karena dari uang itu dia masih bisa bersedekah.

Kakek Dedi juga masih punya mimpi yang belum terlaksana. Pertama ingin mengadakan akikah untuk istrinya dan kedua dia ingin qurban. Namun, kisah miris justru harus diterimanya. Suatu hari dia dihipnotis orang tak beradab. Dia harus kehilangan uang sebanyak Rp. 600.000, padahal uang itu untuk membayar sewa kontrakan dan biaya hidupnya sehari-hari. Sungguh makhluk terlaknat yang telah melakukan pekerjaan hina semacam itu.


Alih-alih membantu orang yang kekurangan, dia bahkan mengelabui dan mengambil hak tua renta itu. Kita dapat memetik pelajaran dari kisah Kakek Dedi ini. Bahwasanya semiskin apapun kita. Kita tetap harus berusaha, jangan sampai hanya mengandalkan dikasihani orang apalagi menipu orang lain.

Kisah kakek tua ini sudah terlebih dahulu muncul di tayangan Rumah Mama Amy MNCTV tahun 2018.



Semoga kisah ini bisa menginspirasi kita dalam menjalani roda kehidupan, ya, gansis. Sepahit apapun keadaan. Kita jangan menyerah, dan mensyukuri keadaan.

Menyayat Hati! Simak Kisah Kakek Bertangan Buntung Ini Jualan Cupang Demi Bisa Umroh

Jangan lupa cendol dan komennya🥰

emoticon-Big Kissemoticon-I Love Kaskus

Salam hangat,


Penjuru selatan Cianjur
28-06-2020

Opini pribadi:
Referensi:
gambar

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ismilaila dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zatilmutie
Halaman 1 dari 3
pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 8 lainnya memberi reputasi
hayu mampir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 8 lainnya memberi reputasi
bikin meringis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ane salut ma kisah kakek dedi ini gan,
Tegar banget ni kakek

dan yg dah tega menipu tu bejad banget deh aklakny..bikin emosi.. emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Hemmm bener nyesek nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
semangat juangnya keren sist, usianya ga muda tapi semangatnya anak muda banget, sehat sehat terus kek, semoga mimpinya jadi nyata! emoticon-Peluk emoticon-Peluk emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kek, kalo kakek sudah niat, insyaallah pahalanya sudah kakek dapat. tapi gak ush terlalu dipaksakan kek. qurban dan umroh itu kan kewajiban yang WAJIB jika mampu, kalo gak mampu ya gak wajib
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
saya sering lihat beliau didekat pasantren Al hamid pondok Ranggon jakarta timur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Lebih baik kakek ini dibandingkan mereka yang sehat tapi ngemis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Hmmmm jujur selalu gabisa liat yang gini gini sedih banget dan sekaligus semangat untuk bsa lebih banyak bantu org org seperti beliau, semoga beliau didengar niatnya sama tuhan sehingga diberi jalan ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
si kakek ini jualan ikannya di munjul ya. dekat ponpes.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ane kok kalo baca beginian bisa ikutan kebawa suasana yah gan 🥺, kasian banget kakeknya usia yg udh nga muda lagi masih berjuang untuk mencukupi kebutuhannya 🥺
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
semoga dapet banyak rezeki yg halal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yaAllah semoga rejeki kakek ini akan dilimpahkan sebaik mungkin,karena dia masih bersyukur dan berusaha meskipun dalam keaadan seperti itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jgn di expos juga lah klo ngemis kesedihan, dan ga ada bantu emoticon-Hammer (S)
mending acara bedah rumah, ato uang kaget
ada yg mendanai emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jangan salah bray.. jualan cupang itu per hari bisa rata2 300rb.. jadi sebulan sekitar 9jt bray..
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
semoga jualannya laku Kek kalau mampir ada di tmpku tak beli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yaampun semoga s kakek sehat terus yaemoticon-Frown kalo ane tinggalnya deket udh ane beliin dah cupangnya, kebetulan ane suka pelihara cupang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah perlu dicontoh nih gansis semangat hidup dari tokoh tersebut jangan sampai kita menyianyiakan hidup kita gan sis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
makasih gan info dan thread nya menginspirasi banget buat ane dan semoga beliau bisa mendapatkan kehidupan yang lebih layak lagi aminnn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di