CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
"Basuki Curhat, Infrastruktur RI Masih Kalah dari Vietnam, Thailand dan Malaysia"
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef80271365c4f22e70085d7/quotbasuki-curhat-infrastruktur-ri-masih-kalah-dari-vietnam-thailand-dan-malaysiaquot

"Basuki Curhat, Infrastruktur RI Masih Kalah dari Vietnam, Thailand dan Malaysia"

Meski pembangunan infrastruktur masif dilakukan, daya saing Indonesia dinilai masih kalah dibanding Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Jalan Tol Semarang-Bawen. - Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, kondisi infrastruktur Indonesia masih jauh tertinggal dibanding negara lainnya di Asia Tenggara.

Meski pembangunan infrastruktur masif dilakukan, daya saing Indonesia dinilai masih kalah dibanding Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Karena hal tersebut, Pemerintah sedang menggenjot pembangunan jalan tol yang tersambung ke kawasan ekonomi seperti kawasan pariwisata maupun industri.

Dengan adanya jalan tol, maka konektivitas antar wilayah tercapai untuk menunjang sistem produksi nasional. Kondisi ifrastruktur yang masih belum memadai serta rendahnya daya saing ini merupakan satu dari lima tantangan yang harus dihadapi Kementerian PUPR.

"Untuk Kementerian PUPR, ada beberapa tantangan dalam pembangunan infrastruktur. Ini masih terjadi," ucap Basuki dalam konferensi virtual, Sabtu (27/6/2020).

Basuki menjelaskan, permasalahan lainnya adalah disparitas atau kesenjangan antar wilayah. Oleh sebab itu, Kementerian PUPR sedang menggenjot pembangunan jalan lingkar di Kawasan Barat Indonesia (KBI), Kawasan Timur Indonesia (KTI), kawasan perbatasan.

Kemudian permasalahan urbanisasi di Indonesia masih kerap terjadi yang ditandai sebanyak 56 persen masyarakat datang ke kawasan perkotaan.

Kementerian PUPR pun sedang memaksimalkan pembangunan infrastruktur berupa penyediaan air minum dan sanitasi untuk masyarakat.

Permasalahan keempat yang terjadi saat ini adalah Pemerintah sedang melakukan pemulihan ekonomi nasional. Hal ini bertujuan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha pasca Pandemi Covid-19.

Menurut Basuki, peningkatan ekonomi suatu negara ditandai dengan tiga hal yakni, ekspor, daya beli, dan investasi.

Saat Pandemi Covid-19, ketiga pemicu peningkatan ekonomi nasional menurun. Untuk meningkatkan daya beli masyarakat, Kementerian PUPR memiliki Program Padat Karya Tunai (PKT).

"Dalam waktu 2 hingga 3 bulan ke depan, saya meminta agar tidak memakai alat berat jika masih bisa dikerjakan oleh manusia. Paling terpenting orang kerja dulu," kata Basuki.

Terakhir, ketahanan pangan Indonesia juga dinilai masih kurang dan karena itu Pemerintah sedang menyiapkan rencana pengembangan food estate atau wilayah yang ditetapkan sebagai lumbung pangan baru di Indonesia.

Pemerintah pun telah menetapkan lokasi lahan pengembangan food estate tersebut eks-Pengembangan Lahan Gambut (PLG), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Basuki Curhat, Infrastruktur Indonesia Masih Kalah dari Vietnam, Thailand dan Malaysia"

https://belitung.tribunnews.com/2020...a-menteri-pupr

https://amp.kompas.com/properti/read...m-thailand-dan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
siapa dulu pleciden nya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Denger2 jalan tol yg udah jadi,lebih banyak dilewatin babi hutan daripada mobil ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Lah itu malah ditutup tol layangnya emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Jgn nyamain negara kepulauan dgn negara yg luasanya segede pulau kalimantan doang hadeh..beda lah ngurusnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
kami gk makan infrastruktur pak
ttd tukang nyinyir
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Proloque memberi reputasi

Quote:


Maklum asal bangun gan

Quote:


Infrastructur untuk babi hutan maksud loe bong

Quote:


Gimana lagi pak yang pake Mobil esemka mode stealth.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
lah katanya ada geng yg ga butuh infrastruktur, tapi sampe saat ini masi enjoy aja nikmatin fasilitasnya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Proloque memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ya syudah lanjutkan program infrastrukturnya mumpung bu Sri sedang gila gilaan utang emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
presidennya siapa dlu hehe
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
teriak tp menikmati emoticon-Wow
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
lah yg sekarang saja di nyinyir abis-abisan, gak makan infrastruktur lah, sampe TKA buat transfer teknologi saja dibawa-bawa bos katanya jutaan TKA wkwkwkw susah pak, maaf pak Basuki anda silakan lanjutkan kesedihannya hahahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
infrastruktur penting, akan tetapi penguatan di sektor UMKM juga sangat penting
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Astagfirullah infrastruktur tak bisa dibawa mati pak
Hidup paling cuma 60 tahun mending rajin ibadah biar bisa masuk surga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh mamadthepunk
Ayo pak gas terus belanja infrastrukturnya (tol, jalan jembatan, pelabuhan, bendungan, saluran irigasi, jalan kereta api) emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di